Mesin Ball Mill Alat Industri Paling Populer

1418

Sekilas Mengenal Mesin Ball Mill Dan Fungsinya

Mesin Ball Mill Industri Material
Mesin Ball Mill Industri Material

Mesin Ball Mill adalah seperangkat mesin industri yang digunakan untuk mengolah bahan mentah Material dari yang asalnya berbentuk Bongkahan besar menjadi serpihan kecil bahakn Halus seperti Pasir. Kebanyakan dari mesin ball mill digunakan pada industry besar seperti industri pengolahan material batu tambang dan semen dan logam.

Keberadaan Mesin Ball Mill tentu saja sangat memberikan manfaat tidak hanya bagi pelaku bisnis di bidang material, mealinkan juga untuk mempermudah bagi siapapun kita manusia dalam bekerja, salah satu contohnya ketika hendak membangun sebuah rumah dengan material semen maupun logam dan bebatuan tentunya akan lebih lama bila dilakukan pemecahan dan pengolahan secara annual dengan tenaga kita manusia, disitulah peran mesin ball mill itu sendiri yang akan meringankan beban dan mempercepat system kerja kita dalam bidang pembangunan sebuah gedung atau bangunan lainnya.

Kalau sebelumnya kita juga pernah mengenal yang namanya mesin Stone Crusher yang fungsinya juga untuk menghancurkan bahan material besar menjadi halus, walau dengan fungsi yang hamper mirip kedua mesin ini berbeda perangkat dan alat yang terdapat didalamnya. Pada mesin Ball Mill sendiri terdapat dua buah tabung penggiling material. Pada tabung pertama akan berputar sesuai pada porosnya yang kemudian secara sentrifulgar akan dibantu oleh tabung kedua dalam menghancurkan batu maupun material besar nan keras yang ingin di olah menjadi halus.

Pada skala industry besar maupun kecil , Mesin ball mill dapat bekerja secara sinambung, masukan pada salah satu sisi dankeluaran pada sisi yang lainnya. Mesin Ball mill berkualitas tinggi dapat menggiling partikel campuranmenjadi sekecil 5 nm, meningkatkan luas permukaan dan laju reaksi secara besar. Ball mill dapatmenggiling berbagai macam biji dan material baik basah ataupun kering. Pada dasarnya yang umum digunakan disana terdapat dua macam ball mill berdasarkan cara pelepasan material, yaitu tipe parutan dan tipe overfall.Selain jenis ball mill yang biasa, terdapat jenis kedua dari ball mill yang disebutdengan Planetary Ball Mill.memang untuk mesin ball mill sampai saat ini sudah banyak macamnya tersedia dipasar mesin industri hal ini agar lebih mudah bagi para penggerak industri untuk memilih mesin ball mill sesuai kebutuhan mereka.

Pada Ball Mill sebenarnya yang sangat berperan penting dalam menghancurkan material keras adalah bola – bola yang terdapat didalam Tabung kedua, walau demikian tabung dan bola haruslah memiliki kekuatan yang seimbang juga agar bisa memberikan hasil yang maksimal sesuai dengan yang inginkan. Bola besar yang terdapat di dalam tabung ball mill harus berupa bola yang berbahan keras seperti Baja dan Steel. Akan tetapi bola yang digunakan juga harus menyesuaikan jenis material yang akan dihancurkan.

Jadi, Pada Dasarnya Fungsi dari Mesin Ball Mill adalah untuk menhancurkan material keras yang masih berbentuk mentahan besar dank eras menjadi bahan material yang halus. Hasil dari olahan Mesin Ball Mill yang sangat umum kita kenal adalah Serbukan Semen dan pasir kerikil batu.

Harga dari Mesin Ball Mill bervariasi sesuai dengan kapasitas kekuatan dan besar dari ball Mill yang diperlukan, sementara ini untuk mesin ball mill yang berukuran mini saja di berandol dari harga 20 Juta – 170 juta rupiah. Bila menginginkan yang lebih besar tentunya harga mesin Ball mill akan lebih Mahal.