Bank Tetap bertahan walau Nilai Tukar Rupiah mencapai Rp14.000 / Dollar

Nilai Tukar Rupiah Ke Dollar
Nasib Bank Nilai Tukar Rupiah mencapai Rp14.000 / Dollar

LebahMaster.Com – Nilai tukar rupiah terhadap dollar memang akhir – akhir ini menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat luas, kami tidak akan mengajak anda membahas mengenai politik dan lain sebagainya yang menyebabkan nilai tukar rupiah begitu merosot terhadap dollar  ( USD / IDR Jual : 13229.00 – Beli 13254.00).

Tapi sebagai rakyat kita tentunya paham betapa rupiah yang berperan sebagai mata uang utama di Negara kita begitu rendah sekali nilainya dibandingkan dollar yang tentu saja ini akan berdampak pada system keuangan di Negara kita.

Berkaitan dengan nilai tukar rupiah, otoritas jasa keuangan (OJK) jakarta menyatakan bahwa, walaupun nilai tukar rupiah mencapai Rp 14.000 per USD, pihak perbankan masih tetap bertahan dan tahan banting.

Selaku Deputi Komisioner Bidang Pengawasan Perbankan OJK Bapak Irwan Lubis mengaku bahwa Ojk telah melakukan stress test terkait dengan depresiasi nilai tukar rupiah yang terjadi.

Beliau mengatakan pada, kamis (12/3/20150, “Kita sudah test, sampai Rp14.000 pun bank kita masih oke,” ungkapnya di Kantor OJK.

Pada saat di lakukannya pengetesan tersebut OJK tidak hanya semata – mata terpaku pada variable depresiasi rupiah, namun juga mengaitkannya dengan variable Makro Ekonomi lain.

Tapi, kalau Rp15.000 ada 1 sampai 5 bank yang kena, kita sudah panggil manajemen bank, kita enggak tunggu Rupiah tertekan jauh, jadi Rp14.000 masih oke,” tukasnya.

Semoga seiring berjalannya waktu, pihak yang bersangkutan dalam mengendalikan nilai tukar rupiah kita secepat mungkin bisa menyelesaikan permasalahan yang ada yang menjadi sebeb nilai rupiah begitu merosot di bandingkan nilai Dollar.

Baca Juga :

10 Tips Untuk Mengelola keuangan Pribadi Dengan Baik