Manfaat Omega-3 Untuk Mengatasi Nyeri Haid

Manfaat Omega-3
Manfaat Omega-3

Manfaat Omega 3 – Sering merasa nyeri ketika Haid? Ini tentu sangat mengganggu aktivitasmu. Bahkan, banyak sekali orang yang gak masuk kuliah atau kerja atau bahkan tak dapat melakukan aktivitas apapun karena nyeri haid yang tak tertahankan.

Sekarang ini, memang sudah gencar isu-isu akan kehebatan dari omega-3. Banyak penelitian yang membuktikan kehebatan dari omega-3. Ternyata memang benar, asam lemak omega-3 memiliki banyak sekali khasiatnya. Kenapa?

Omega-3 adalah sejenis asam lemak esensial yaitu lemak yang diperlukan untuk kesehatan tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Omega 3 merupakan salah satu jenis lemak tidak jenuh yang sangat dibutuhkan tubuh. Sayangnya, tubuh tidak dapat menghasilkan sendiri jenis lemak ini sehingga kebutuhan akan lemak jenis ini harus didapatkan melalui asupan makanan. Para ahli gizi menyatakan bahwa tubuh membutuhkan sekitar 300 mg Omega 3 per harinya.

Omega-3 dan manfaatnya Bagi Tubuh
Manfaat Omega-3 Bagi Kesehatan Tubuh

Beberapa orang menganggap bahwa omega-3 hanya didapatkan dari makanan-makanan dengan harga mahal. Padahal, beberapa sumber omega 3 bisa didapatkan dari makanan yang murah dan terdapat di sekitar kita. Omega 3 sebagian besar dapat ditemukan pada ikan-ikanan seperti ikan Salmon, ikan Tuna, ikan air tawar, Makerel, Hering, ikan Tenggiri, dan ikan sarden (ikan Lemuru). Selain itu, Omega 3 dapat ditemukan pula pada makanan yang berasal dari tumbuhan seperti minyak dari Raps, kacang kenari, walnuts, alpukat, bayam, minyak canola, dan kacang kedelai.

Adapun asam lemak yang mengandung omega-3, yang sangat dibutuhkan oleh tubuh adalah seperti DHA (Docosahexaenoic acid), EPA (Eicosapentaenoic acid), dan LNA (Linolenic acid). DHA dan EPA banyak ditemukan pada ikan-ikanan sedangkan LNA pada tumbuh-tumbuhan termasuk sayuran yang berwarna hijau. Masing-masing komponen memiliki fungsi yang berbeda dalam tubuh.

Nyeri saat haid salah satunya disebabkan karena peningkatan kadar hormon prostaglandin. Tingkat prostaglandin yang tinggi pada wanita selama menstruasi membuat kontraksi rahim meningkat dan kejang otot. Berdasarkan beberapa penelitian, kandungan asam lemak omega-3 dapat membantu menekan produksi prostaglandin, sehingga ikut menekan nyeri yang timbul saat menstruasi. Telah terbukti bahwa para wanita yang mengkonsumsi suplemen Omega-3 mengalami berkurangnya rasa nyeri pada saat haid. Kedua jenis asam lemak yang mengandung Omega-3 yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA) diyakini mengurangi tingkat produksi prostaglandin saat haid.

Oleh karena itu, bagi para wanita yang sering merasakan nyeri saat haid, disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3, supaya rasa nyeri yang ditimbulkan dapat berkurang.

Penulis dan Pengirim Artikel : Peby Cintya
 

You May Also Like :

Asuransi Kesehatan Serta Peran Pentingnya