Pajak Jual Beli Rumah Yang Harus Di Bayar

10207

PAJAK JUAL BELI RUMAHApa Saja Pajak Jual Beli Rumah

Pajak Jual Beli rumah – Dalam Proses Transaksi Jual beli rumah berbeda jauh dengan proses jual beli lain seperti sembako dan lain sebagainya, Di butuhkan pengetahuan khusus yang perludi kuasai bagiorang yang ingin melakukan proses menjual atau membeli tanah maupun rumah. Di sini Artikel ini saya tulis akan sedikit membahas beberapa hal mengenai pajak yang perlu di bayar pada saat proses jual beli properti tanah dan rumah.

Ada beberapa pajak jual beli rumah yang perlu di perhatikan atau di bayar dalam proses transaksi properti diantaranya ialah :

Pertama : PBB ( Pajak Bumi dan Bangunan )

Merupakan Pajak yang di ambil dari Tanah dan bangunan karena terdapat keuntungan atau dari segi social ekonmomi pemilik tanah atau bangunan tersebut lebih baik mereka juga mendapatkan manfaat atas kepemilikan hak tanah dan bangunan yang bersangkutan.

Apa dasar dari Pemungutan pajak PBB?

Dasar dari Penarikan pajak PBB adalah dari ( Nilai Jual ObjekPajak ) hal ini Di tentukan oleh Nilai jual pasar pada wilayah tertentu, penarikan pajak ini ditentukan pertahun oleh bagian Menteri Keuangan Negara.

Kapan Tagihan Pajak Di Keluarkan?

Untuk Penagihan PBB oleh pemerintah di keluarkan setiap tahun, bertepatan pada bulan Maret dan Di sampaikan melalui Aparat Desa Setempat yang di sampaikan berupa SPPT ( Surat Pemberitahuan Pajak Terutang ) . Dalam SPPT disana akan tercantumkan nama wajib pajak dan besar pajak yang harus dibayarkan beserta rincian perhitungannya.

Apakah Ada Batas Waktu Pembayaran PBB?

Ada, biasanya berlaku batas waktu Pembayaran PBB paling lambat dilakukan enam bulan setelah SPPT diterbitkan, Konsekuensinya apabila sampai batas waktu yang ditetapkan belum dibayar, maka akan dikenakan denda 2% per bulan hingga maksimal 24 bulan. Rakyat Bijak Bayar Pajak tepat waktuJ

Penting Untuk anda Tahu ! pada saat anda Ingin membeli Properti baik Tanah atu Rumah Perhatikan PBB nya apakah Sudah di bayar atau belum, Untuk proses jual beli properti yang dibebankan untuk membayar PBB adalah Si Penjual Properti tersebut. Itu artinya Sebelum Melakukan Proses transaksi Jual beli tanah dan bangunan penjual harus terlebih dahulu melunasi pembayaran pajak bumi dan bangunan (PBB).

Kedua : BPHTB ( Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan )

Bea ini adalah yang dipungut atas perolehan hak atas tanah dan bangunan. Yang merupakan proses hukum yang menyebabkan perolehan hak atas tanah dan bangunan baik perorangan maupun dari badan atau lembaga.

Dasar Atas Pungutan biaya ini apa ya?

Dasarnya adalah Pengenaan atas bea perolehan Hak Tanah yang di kenakan sebesar 5 % dari nilai objek pajak tersebut.

Siapa yang Di Kenakan pembayaran BPHTB ?

Untuk Pengenaan biaya pembayaran BPHTB ini di kenakan kepada pihak pembeli untuk membayarnya.

Ketiga : PPH (Pajak Penghasilan)

Pajak ini adalah pembayaran yang di bebankan berdasarkan penghasilan perorangan, atau badan maupun lembaga terkait lainnya.

Siapa yang dibebankan untuk Membayar PPH?

PPH di bebankan kepada pihak penjual dengan nilai pembayaran sebesar 5% dengan nilai transaksi jual beli yang terjadi.

Ke Empat : PPN ( Pajak PertambahanNilai )

Pajak ini merupakan pajak yang dikenakan karena adanya pertambahan nilai dari barang atau jasa.

Di bebankan kepada siapa?

PPN dibebankan kepada pihak Pembeli properti yang bersangkutan dan hanya dikenakan 1kali saja pada saat melakukan pembelian properti baru.

Transaksi Properti yang bernilai berapa yang akan dikenakan PPN?

Properti yang di kenakan PPN adalah properti dengan nilai transaksi di atas 36 juta rupiah.

Kapan Pembayaran ini dilakukan?

Untuk pembayaran ini dibayarkan paling lambat pada tanggal 15 dibulan berikutnya dan dilaporkan pada bagian kantor pajak setempat paling lambat pada tanggal 20 bulan berikutnya.

Berapa nilai yang harus dibayarkan?

Nilai yang harus dibayarkan adalah sebesar 10% dari nilai transaksi terjadinya jual beli.

Kelima : BBN ( Bea Balik Nama )

Untuk BBN ini di kenakan beban kepada si pembeli properti tersebut, berkenaan dengan kepengurusan BBN ini jika pembelian melaui Developer biasanya BBN akan di uruskan oleh pihak Developer dengan biaya dari si pembeli. Tapi jika pembeliannya dari perorangan maka untuk mengurus BBN juga diurus langsung oleh pemebeli pada Notaris setempat.

Biayanya berapa Untuk BBN?

Biaya kepengurusan BBN Tidaklah sama dari satu tempat dengan tempat lain, akan tetapi berbeda – beda. Namun rata – rata yang ada adalah untukbiaya BBN ini di kenakan 2% dari proses transaksi jualbeli properti.

Ke Enam : PPnBM ( Pajak Penjualan Barang Mewah )

Pajak ini di kenakan kepada pihak Pembeli properti yang memenuhikreteria barang mewah.

Barang atau Bangunan yang tergolong Mewah seperti apa dalam properti?

Dalam Properti yang tergolong mewah adalah properti yang luas bangunannya lebih dari 150m2 atau dengan harga jualnya 4 juta / m2.

Berapa Nilai BPnBM yang harus dibayarkan?

Nilai yang harus dibayarkan sebesar 20% dari harga jualproperti dan langsung dibayar pada proses transaksi jual beli terjadi. Dalam Hal pembayaran ini tidak berlaku ketika terjadi transaksi jual beli properti perorangan. Jadi pada saat melakukan transaksi harus jeli untuk menyelsaikan masalah pembayaran BPnBM ketahui perbedaan proses pembayarannya.

Demikian Pembahasan sedikit mengenai Pajak jual beli rumah atau properti yang harus dibayarkan agar proses transaksi bisa berjalan dengan lancar dan aman. Untuk Pembayaran Pajak dalam transaksi properti akan selalu berbeda – beda nilainya karena tergantung dari daerah setempat masing – masing, pembayaran bisa dilakukan baik secara perorangan ataupun kepada notaris setempat, akan lebih baik jika anda menghadirkan notaris pada saat melakukan proses transaksi jual beli properti agar lebih terjamin proses perjanjian maupun yang berkitan dengan Sah tidaknya proses transaksi jual beli yang terjadi.

Terakhir kami sampaikan semoga bermanfaat tulisan seputar pajak jual beli rumah ini, apabila anda menemukan kesalahan atau kekurangan dalam pembahasan pajak dalam artikel ini kami akan sangat senang sekali jika anda berkenan memberikan masukan secara bijak untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi jika ada. Ini semua kami tulis berdasarkan pengetahuan dari beberapa sumber yang telah kami pelajari baik di buku mau pun beberapa sumber di internet mengenai pajak jual beli rumah. Terimakasih.

More Artikel : Informasi Tentang Kost Putra Di jogja Yang Nyaman