Panasonic Dan Toshiba Indonesia Tutup Sekitar 2.500 Buruh terancam Kena PHK

1027

perusahaan panasonic dan Toshiba Tutup 2.500 Buruh terancam Kena PHK

Pabrik Toshiba Indonesia

Jakarta – Kabar Tutupnya Perusahaan besar Panasonic dan Toshiba sudah tersebar luas di Indonesia, memeang telah diketahui dalam sepuluh tahun terakhir ini Toshiba sendiri telah menutup sebanyak enam perusahaannnya yang ada di Indonesia. Terkait isu tutupnya kedua perusahaan ini, menurut penjelasan dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) mereka memperkirakan setidaknya aka nada 2.500 buruh yang sedang terancam di PHK menyusul Tutupnya kedua perusahaan elektronik ini.

Presiden KSPI, Said Iqbal memberikan penjelasan terkait penutupan perusahaan Toshiba. Cabang Perusahaan Toshiba yang berada di Cikarang, jawa barat telah menutup pabriknya, Pabrik tersebut merupakan pabrik terakhir milik Toshiba yang ada di Indonesia. Pasalnya dalam 10 tahun terakhir Toshiba telah menutup enam perusahaannya di Indonesia.

Hari ini PT Toshiba resmi tutup. Mulai April awal proses negosiasi pesangon dan pelimpahan wewenang sedang negosiasi,” Ujar Said di Hotel Mega Proklamasi, Jakarta, Selasa (2/2/2016).

Lebih lanjut Siad Iqbal memberikan Penjelasan, perwakilan Toshiba di Indonesia saat ini telah habis. Namun masih tersisa Toshiba Printer yang berlokasi Batam, Pekanbaru. Sementara untuk jumlah karyawan Toshiba yang terancam menganggur berjumlah 900 orang.

Selain Toshiba, Said juga mengungkapkan pabrik Panasonic juga dua pabriknya yang berlokasi di Cikarang dan Pasuruan Jawa Timur. Diperkirakan akan ada 1.600 karyawannya yang akan dirumahkan.

Pabrik Panasonic di Pasuruan, Jawa Timur tutup di awal Januari ini dan satu pabrik lainnya di Kawasan Industri Bekasi pada Februari 2016,” kata Said menutup penjelasan.

Apa sebenarnya yang menjadi penyebab kedua pabrik Produk elektronik yang sudah sejak lama kita kenal dengan nama besar mereka yang telah mengeluarkan beragam variasi produk elektronik, sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi valid alasan kedua perusahaan ini akan menutup cabang perusahaan mereka yang ada di Indonesia. Tapi yang jelas PR pemerintah saat ini adalah bagaimana menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk para buruh yang tengah terancam kena PHK dari kedua pabrik besar ini Panasonic dan Tashiba. Semoga mereka lekas mendapatkan solusi atau tempat kerja yang layak bila memang mereka harus menghadapi kenyataan di PHKkarena di Tutupnya perusahaan eletronik Toshiba dan Panasonic.