Pelajari 18 Tips Sukses Sebelum Memulai Bisnis

2112

Mempelajari Tips sukses Sebelum Memulai Bisnis

Pelajari Tips Bisnis

Tips Sukses Sebelum memulai bisnis – Sobat yang baik saat ingin memulai sebuah bisnis jangan sampai kita asal memulai saja, ada banyak hal yang perlu kita pelajari sebelum benar – benar terjun ke dunia bisnis. Kenapa kita perlu banyak belajar ?.. kita perlu mempelajari apa yang terjadi pada saat kita sudah berada di ruang lingkup bisnis supaya ketika kita mendapati hal –  hal yang sudah kita ketahui sebelumnya kita bisa dengan mudah mengatasinya. Berikut diantara beberapa hal yang perlu di pelajari sebelum memulai bisnis :

1- jangan melakukan apa yang anda tidak menikmatinya.

saat menjalankan bisnis anda mau tidak mau harus rela berkorban, bercucuran keringat, air mata, bahkan darah. namun, pada akhirnya nanti anda akan mendapatkan sesuatu yang membanggakan. memulai bisnis adalah semua tentang melakukan sesuatu untuk menjadi bangga serta bisa menikmatinya, membawa orang-orang berbakat bersama-sama dan menciptakan sesuatu yang akan membuat perbedaan yang nyata bagi kehidupan orang lain.

2- Be Visible / Terlihat Perannya

pastikan anda berada digaris depan menjadi komandan atas bisnis anda. dalam hal ini anda akan keluar kesanakemari, membodohi diri sendiri, tentang apapun yang di perlukan dalam bisnis anda jika tidak demikian pastikan bahwa anda tidak akan bertahan.

titik terpenting dalam hal peran di sini ialah bagaimana anda akan selalu ada dengan beberapa saran terbaik dari diri anda dan ide – ide cemerlang untukbisnis anda.

3- Pilihlah Nama yang Bijaksana untuk Bisnis Anda

memilih nama yang sesuai dan menarik untuk sebuah bisnis anda sangat berperan sekali, nama yang unik dan keren serta merek yang berbobot akan mempermudah pelanggan mengingat bisnis dan membuat banyak perhatian dari orang lain.

4- Berani Mengambil Resiko

anda tidakakan dapat menjalankanbisnisjika anda tidak berani mengambil sebuah resiko dalam diri anda. menjadi pemberani adalah bagaimana anda berfikir bahwa tidak selamanya akan hidup, namun, tetaplahberhati -hati saat anda menjalani resiko karena bisa jadi jika anda ceroboh anda tidak akan hidup sama sekali. bersipalah saat anda menjalankan bisnis akan menemui knocked Down, untuk sukses sedikit sekali didapatkan dengan bermain secara aman dari yang namanya resiko.

5- Kesan pertama adalah segalanya, namun, tetap perhatikan yang kedua.

kesan pertama apa yang anda lakukan terhadap pelanggan anda sangatlah penting bagaimana anda bisa menjadi daya tarik bagi mereka untuk tetap berlanjut pada tahap yang berikutnya,  sedangkan yang kedua adalah berkaitan dengan bagaimana cara anda menjaga hubungan baik dengan pelanggan anda ini bisa, hal ini bisa berupa produk, merek dan sistem pelayanan anda terhadap para pelanggan.

6- Pahami bahwa Tidak ada kesempurnaan

banyak orang yang terkecoh dalam kesempurnaan hasil kerjanya sehingga pada saat di telah merasa dirinya berhasil menyempurnakan pekerjaannya ia lalu berbaring santai, duduk dan beristirahat terlalu lama, padahal di luar sana banyak orang yang tetapbekerja mati – matian demi kemajuan yang lebih dari biasanya. jadi langkah terbaik adalah apabila anda telah berhasil melakukan susuatu janganlah berfikir itu telah sempurna 100% karena setiap sesuatu itu pasti ada perbaikan yang bisa membuatnya lebih baik lagi dengan begitubisnis anda akan terus berkembang pesat.

7-  Ingat, Pelanggan Tidaklah selalu Benar, Hanya sebagian Besar.

Dalam hal ini anda sebagai seorang pembisnis tidak harus berfikir bahwa apayang di katakan pelanggan tidaklah selalu benar, banyak para pembisnis yang berfikir The Customer is Priority yang pada kahirnya menyebabkan mereka meninggalkan kualitaskerjabisnis mereka, namun demikian anda harustetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan anda dengan sistem kebijakan layanan pelanggan anda.

8- Menentukan merek Terbaik untuk Bisnis anda.

seperti yang telah di sebutkan di atas bahwa merek dalam sebuah bisnis harus di perhatikan, waspadai mengandung merek yang sudah di patenkan oleh pembisnis lain. anda juga harus mengetahui definisi dari merek produk bisnis anda.

9- Jelajahi wilayah bisnis yang belum di temukan pembisnis lain.

sebelum memulai bisnis anda jelajahlah terlebih dahulu wilayah baru dalam dunia bisnis. dengan demikian anda akan menemukan hal – hal baru yang belum pernah tersentuh oleh pembisnis lain. masih banyak di luar sana yang belum pernah sama sekali di temukan, di ciptakan, tercapai oleh para pembisnis. menjelajahi dareah – daerah kecil akan dapat memicu ide – ide baru dan memberikan motivasi pada anda untuk berinovasi.

10- Berhati – Hatilah Anda versus Mereka” lingkungan kerja”

Perusahaan atau Tempat Bisnis anda harus menjadi salah satu di mana bos dan karyawan nya berkomunikasi dengan baik dan bekerja sama menuju tujuan yang sama . Jika karyawan tidak mengasosiasikan diri dengan perusahaan mereka dengan menggunakan ‘kita’ , itu adalah tanda bahwa orang-orang atas dan ke bawah rantai komando tidak berkomunikasi, apabila Anda berpikir mungkin ada perbedaan atau ketegangan antara karyawan dan manajemen anda di sarankan untuk memeriksa dengan manajemen menengah pertama yang mencoba untuk mengungkap sumber dari masalah dan melakukan aksi untuk mengatasinya dengan kepala dingin.

11- Bangunlah Zona Nyaman di lingkungan perusahaan anda.

jika dalam bisnis anda ada karyawan maka karyawan anda harus merasa nyaman, bebas dan di dorong untuk secara terbuka mengekspresikan diri mereka tanpa batas – batas atau merasa kaku sehingga mereka bisa melakukan pekerjaan yang lebih baik dan membuat keputusan yang berdampak baik bagi perusahaan atau bisnis anda. hal ini tenaga kerja termotivasi dan berkomitmen untuk memberikan produk kelas pertama atau layanan dan membangun sebuah perusahaan yang sukses yang berkelanjutan.

12- Pahami bahwa Tidak semua orang cocok menjadi pemimpin.

Berperan menjadi menejer dalam sebuahbisnis harus bisa memberikan solusi yang terbaik, dengan menguasai sistem berkomunikasi yang baik dengan karyawan dan orang lain, serta bisa membantu para karyawan untuk bisa belajar dari kesalahan bukan mengkritik mereka habis – habisan.

13- Alat Komunikasi

Dalam ruang lingkup bisnis andaharusbisa menentukan alat komunikasi yang baik untuk menjalin komunikasi dengan karyawan dan pelanggan anda.misalkan anda menggunakan telpon atau email dari kedua itu andabisa memilih mana yang bisa tepat dan cepat saat anda berkomunikasi dengan karyawan anda. bila ada rapat mendadak anda misalkan memberitahu dengan email maka akan di dapatkan klien anda terlambat datang, langkah terbaik gunakan telepon lebih cepat kabar bisa di terima.

14- Menerima Pendapat orang lain.

menjadi seorang pemimpin dalam perusahaan anda harus mau menjadi pendengar yang baik atas pendapat orang lain. Jangan pernah memberitahu orang-orang tentang saran orang lain sampai Anda mendengar apa yang mereka katakan secara langsung. Pada akhirnya Anda mungkin akan memutuskan bahwa saran terbaik adalah untuk pergi – dan kemudian mencari tahu apa solusi terbaik untuk sebuah permasalahan.

15- Saat Memutuskan Hubungan Pekerjaan

Dalam Membangun kerjasama Usaha bisnis dengan orang lain , baik itu teman atau pasangan, tidak selalu berhasil. Jika hal ini terjadi , pengusaha sukses harus tahu dengan bijak kapan harus berpisah. saat terjadi ketidak cocokan anda harus mengerti, hanya karena Anda memutuskan untuk pergi ke arah lain tidak berarti hal-hal yang harus berakhir buruk , terutama dengan teman, Menangani masalah dengan cepat dan kepala dingin akan memberikan akhir sebuah jalinan pekerjaan dengan cara yang baik dan damai.

16- Perubahan Jangan Di takuti Tapi di kelola

Tidak ada di dunia ini yang akan berlangsung selamanya, menjadi seorang Pengusaha harus siap untuk beradaptasi, dan menghindari terjadinya nostalgia yang buruk tentang perusahaan itu sendiri. saat terjadi perubahan segeralah cari solusi untuk mengelolanya menjadi lebih baik.

17- Saat Terjadi kesalahan jangan Give Up, But Move On

setiapkeputusan tidak selamanya selalu benar dan pasti akan ada titik menemui kesalahan, ingat bahwa kejujuran bukanlah kebijakan terbaik tapi kejujuran merupakan satu – satunya kebijakan. bila terjadi kesalahan jangan sampai anda tenggelam terlarut – larut semakin dalam, beranjaklah untuk mengungkap sumber masalah itu dan mulai memperbaikinya.

18- Bukan Bos Tapi Pemimpin

jika kita pahami katabos dan Pemimpin bisa kita ambil kesimpulan perbedaan antara bos dan pemimpin, kata bos lebih identik dengan orang yang suka memerintah sedangkan kata pemimpin adalah orang yang mengatur.

seorang pemimpin yang baik dalam sebuah perusahaan tidak hanya menjalankan ide – idenya dengan sendirianakan tetapi dia juga bisa memberikan inspirasi atau mengilhami orang lain agarbisatampil seperti dirinya menjalankan ide tersebut.

Demikianlah 18 Tips sukses berbisnis yang harus anda pelajari sebelum terjun langsung memulai bisnis anda, tentunya tidak hanya sebatas yang sudah di sebutkan di atas untuk menemukan tips yang lain di perlukan banyak belajar lagi dengan membaca dan bertanya pada yang sudah berpengalaman. salam sukses.

Silahkan berkomentar di bwah jika anda memiliki ide atau pun tips sukses berbisnis lainnya.

Baca Artikel Menarik Lainnya :

Menentukan Pilihan Terbaik Antara Menyewa Atau Membeli

Jangan Beralasan dengan Tindakan Orang Lain yang Salah