Pendidikan Anak Usia Dini Seberapa Pentingkah?

2056

Pendidikan Anak Usia Dini Terbaik

Pendidikan Anak Usia Dinia
Pendidikan Anak Usia Dini

Pendidikan anak usia dini seberapa pentingkah menurut anda?… sebagai orang tua untuk hal ini sudah seharusnya menjadi sebuah rencana dalam keluarga yang bahagia dalam mempersiapkan generasi terbaik untuk meneruskan estapet perjuangan mereka kelak, jika hal itu sudah terpikirkan maka sebagai orang tua akan tahu seberapa pentinya pendidikan anak usia dini di terapkan.

Pendidikan anak usia dini masih banyak sekali yang tidak memperhatikan hal ini di jaman sekarang entah apa alasannya yang jelas jika anda termasuk dari orang tua yang tidak memperdulikan pendidikan anak usia dini bagi calon penerus keluarga anda bagaimana nanti nasib masa depan mereka setelah dewasa.

Berkenaan dengan pendidikan anak usia dini sekilas kami telah menulis artikel sederhana dimana tempat pendidikan terbaik untuk anak anda, namun meskipun demikian anda juga harus memahami bahwa selain pendidikan anak usia dini yang lebih banyak berperan dirumah anak jga perlu di berikan pendidikan di luar yaitu dengan memasukan mereka ke PAUD berlanjut ke TK dan sampai mereka mampu untuk mengikuti pedidikan di Sekolah dasar.

Baca : Tempat Pendidikan Terbaik Untuk Anak

Ada banyak hal penting yang mungkin anda tidak bisa berikan sepenuhnya terhadap pendidikan anak usia dini di rumah yang bisa mereka dapatkan di PAUD atau pendidikan berkualitas lainnya untuk anak di usia dini mereka. Berkenaan dengan pendidikan anak usia dini pihak pemerintah telah membuat ketentuan sebaga berikut tentang apa yang perlu di kembangkan terhadap anak di usia dini :

  • perkembangan moral dan agama
  • perkembangan fisik (koordinasi motorik halus dan kasar)
  • kecerdasan/kognitif (daya piker, daya cipta)
  • sosio emosional (sikap dan emosi) bahasa dan komunikasi

hal di atas sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan dan juga sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendiknas no 58 tahun 2009.

Sementara itu tujuan lain pentingnya pendidikan anak di usia dini mencakup dua hal berikut :

Pertama : untuk mempersiapkan mereka menjadi generasi penerus bangsa, keluarga, agama dll. Dengan lebih berkualitas serta memiliki kemampuan yang cukup optimal dalam menuju usia dewasa mereka begitu juga untuk mempersiapkan mereka agar mampu belajar di jenjang selanjutnya.

Kedua : untuk mempersiapkan mental mereka mampu mengikuti perkembangan pendidikan yang lebih tinggi juga untuk mengurangi adanya kondisi anak putus sekolah karena disebabkan ketidak siapan mereka mengarungi pendidikan yang lebih jauh lagi.

Jadi mengapa pendidikan anak usia dini begitu penting?..

Berdasarkan hasil penelitian yang di lakukan oleh para ahli di nyatakan bahwa 50% tingkat kecerdasan yang dimiliki oleh anak dewasa semuanya terbangun dan di bentuk disaat mereka masih berusia dini atau usia 4 tahun. Sementara yang lainnya samapi berusia 8 tahun akan menjadi jenjang waktu bagi sang anak mengembangkan apa yang telah mereka pelajari di usia dini proses perkembangan ini akan terus berlanjut samapi usia mencapai 14 – 18 tahun sang anak. Setelah itu yang mereka perlukan adalah bantuan penambahan nutrisi bagi kesehatan dan kecerdasan otak mereka agar lebih berkualitas terbentuk.

Namun, yang lebih penting lagi untuk anda perhatikan dalam pendidikan andak usia dini adalah ketika usia mereka masih sangat belia diantara 0,6 bulan – 5 tahun karena di usia ini sang anak akan menerima semua yang bisa mereka tangkap entah itu bersifat negative ataukah posistif akan tetap terekam dalam memori mereka yang kemudian di bawa ke usia dewasanya. Itu sebabnya kita sering melihat anak – anak usia dini begitu cepatnya meniru gaya artis, gaya suara, berjoget dll hal itu di karenakan mereka sering mendengar dan menonton acara tersebut. Jika demikian kondisi yang terjadi maka anda harusnya sudah paham, bahwa untuk memberikan pendidikan anak usia dini perlu di perhatikan secara baik dan extra agar apa yang terekam di memori mereka semua hal yang bersifat baik dan positf dengan begitu anak anda akan berkembang menjadi dewasa dengan berbekal pendidikan terbaik dari anda sebagai orang tuanya.

Ada banyak hal yang bisa anda lakukan dalam melakukan pendidikan anak usia dini, dianataranya berikan mereka tontonan yang bersifat mendidik bukan malah disuruh nonoton sinetron atau konser, berikan pendengaran mereka suara – suara yang bermanfaat bagi pembentukan karakter yang baik dan akan menjadikan mereka juga bisa berbicara secara sopan dan bijak dengan orang lain ketika kelak dewasa, bukan malah selalu di perdengarkan suara nyayian yang harus meeka hapal sehingga mereka tidak bisa membedakan mana ucapan yang baik dan tidak.

Jadi mulailah memikirkan hal terbaik untuk pendidikan anak usia dini di keluarga anda, terutama yang sedang mempersiapkan diri dalam memiliki buah hati tercinta, agar kelak ketika mereka telah tumbuh dewasa akan menjadi anak yang berkarakter baik dan berkualitas serta bisa menjadi anak kebanggan keluarga, bangsa dan agama, bermanfaat untuk orang banyak bukan malah sebaliknya menjadi ancaman bagi orang lain dan anda. Berikan pendidikan anak usia dini di keluarga dan di luar dengan pendidikan yang berkualitas.

You May Also Like :
Pengertian Pendidikan