Pengertian Bank

Pengertian Bank Serta Fungsinya

LebahMaster.Com – Kata Bank sudah sangat sering kita dengar, dalam pengucapannya kata BANK sering terdengar dengan nada yang berbunyi “BANG”. Tapi tetap yang benar penulisannya ialah BANK. Pengertian Bank sudah banyak di ulas dan dipelajari, namun untuk mengingatkan kembali agar semakin kuat hapalan dan pengetahuan tentang pengertian Bank maka kami hadirkan juga di Lebah Master ini.

Pengertian Bank juga seperti pengertian kata lain pada umumnya banyak pendapat beragam yang dikemukakan oleh para Ahli dibidangnya, walaupun banyak pendapat tentang pengertian Bank tetap saja pada intinya apa yang mereka kemukakan tersebut menuju pada pengertian bank yang sama.

Awal Mula Kata Bank berasal dari Bahasa Italia Yaitu Banca ( Penukaran Uang ) tercantum dalam kamus “ A LAW DICTIONARY “ Oleh John Bouvier.Revised Sixth Edition 1856.

Kata Bank Juga Dalam Bahasa Italia Lainnya Ialah banque ( Bangku ) – Dikatakan Banque oleh orang italia dikarenakan Para bankir Florence pada masa Renaissans melakukan transaksi mereka dengan duduk di belakang meja penukaran uang.

Berikut beberapa landasan yang popular tentang pengertian Bank :
Pengertian Bank pertama kita merujuk pada UU RI No 10 Tahun 1998 tanggal 10 November 1998 (UU No.7/1992 pasal 1 ayat 3 1992:6 ) tentang perbankan, Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak.

Pengertian Bank adalah sebuah lembaga intermediasi keuangan umumnya didirikan dengan kewenangan untuk menerima simpanan uang, meminjamkan uang, dan menerbitkan promes atau yang dikenal sebagai banknote. tercantum dalam ( Hoggson, N. F. (1926) Banking Through the Ages, New York, Dodd, Mead & Company ).

Pengertian Menurut Pendapat Para Ahli :

Pengertian Bank menurut Prof. G. M. Verryn Stuart dalam bukunya yang berjudul “Bank Politic” bank adalah suatu badan usaha yang bertujuan untuk memberi kredit, baik dengan uang sendiri maupun uang yang dipinjam dari orang lain, dan mengedarkan alat penukar berupa uang kertas dan uang giral.

Pengertian Bank menurut Bapak DRS. T. GILARSO, SJ, Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah menghimpun dana, memberikan kredit dan jasa-jasa lain dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Pengertian Bank menurut Bapak M. ZAMRONI S.Pd, Bank adalah badan usaha milik negara atau swasta yang berfungsi menghimpun dana masyarakat dalam bentuk tabungan dan menyalurkannya kepada masyarakat (individu, kelompok, perusahaan) dalam bentuk kredit.

Bapak Kuncoro dalam bukunya “Manajemen Perbankan”, Teori dan Aplikasi (2002: 68), definisi Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya adalah menghimpun dana dan menyalurkan kembali dana tersebut ke masyarakat dalam bentuk kredit serta memberikan jasa-jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Fungsi Bank Diantaranya :
Secara umum fungsi Bank adalah lembaga yang menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian menyalurkan kembali kepada masyarakat untuk berbagai tujuan atau sebagai financial intermediary.

Lebih Mudahnya untuk memahami ruang lingkup Fungsi Bank terbagi menjadi Tiga :

  • Menghimpun dan
  • Menyalurkan dana
  • Memberikan jasa bank lainnya.

Kita juga bisa mengenal fungsi Bank lebih spesifik lagi diantara sebagai berikut :
Agent of servies : bank berperan sebagai lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi. Disamping melakukan kegiatan penghimpunan dana dan penyaluran dana, bank juga memberikan penawaran jasa perbankan yang lain kepada masyarakat. Jasa yang ditawarkan bank ini erat kaitannya dengan kegiatan perekonomian masyarakat secara umum. Jasa ini antara lain dapat berupa jasa pengiriman uang, penitipan barang berharga, dan penyelesaian tagihan.

Agent of trust : bank berfungsi sebagai lembaga yang landasannya kepercayaan. baik dalam penghimpunan dana maupun dalam penyaluran dana. Usaha bagaimana agar Masyarakat bersedia menitipkan dananya di bank yang bersangkutan.

Agent of development : pada fungsi Ini Bank berperan sebagai lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi. Seperti membantu dalam Kegiatan perekonomian masyarakat di sector moneter dan sector riil tidak dapat dipisahkan.

Kedua sector tersebut selalu berinteraksi dan saling mempengaruhi. Sector riil tidak akan dapat berkinerja dengan baik apabila sector moneter tidak berkinerja dengan baik. Kegiatan bank tersebut memungkinkan masyarakat melakukan kegiatan investasi, kegiatan distribusi, serta kegiatan konsumsi barang dan jasa, mengingat bahwa kegiatan investasi-distribusi-konsumsi ini tidak dapat dilepaskan dari adanya penggunaan uang. Kelancaran kegiatan investasi-distribusi-konsumsi ini tidak lain adalah kegiatan pembangunan perekonomian. (zonaneisadotcom)

Dengan Adanya Bank disetiap Negara, maka banyak manfaat yang akan diperoleh dari keberadaan Bank tersebut, diantara manfaat Adanya BANK ialah :

  • Manfaat Bank menjadikan Fungsi manajemen produksi berjalan dengan baik dan efisien, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan gambaran kepada manajemen produksi sebuah produsen dalam menilai suatu permintaan dan kebutuhan pasar pada masa mendatang.
  • Keberadaan bank menjadikan adanya Fungsi spekulatif, yang berarti, transaksi derivatif dapat memberikan kesempatan spekulasi (untung-untungan) terhadap perubahan nilai pasar dari transaksi derivatif itu sendiri.
  • Adanya Bank memberikan Informasi harga, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai sarana mencari atau memberikan informasi tentang harga barang komoditi tertentu dikemudian hari (price discovery).
  • Terbentuknya Bank Sebagai cara untuk melindungi nilai, yang berarti, transaksi derivatif dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk menghilangkan risiko dengan jalan lindung nilai (hedging), atau disebut juga sebagai risk management.
  • Adanya Bank bermanfaat Sebagai model investasi, yang berarti, transaksi derivatif dapat dijadikan sebagai salah satu model berinvestasi. Walaupun pada umumnya merupakan jenis investasi jangka pendek (yield enhancement). ( Wikipedia)

Demikianlah ulasan Panjang mengenai Pengertian Bank dan Fungsinya, semoga dengan rangkuman materi ini bisa menjadi penambah ilmu pengetahuan kita semua ataupun menjadi pengingat Ilmu yang sebelumnya telah kit abaca dan pelajari yang berkaitan dengan pengertian Bank.

Baca Juga: