PENGERTIAN DIRECT MARKETING

22501

Pengertian Direct Marketing

Pengertian Direct Marketing Menurut Para Ahli

Pengertian direct marketing adalah proses atau sistem marketing dimana organisasi berkomunikasi secara langsung dengan target customer untuk menghasilkan respons atau transaksi. dalam hal ini ketika kita melakukan pemasaran dalam keseharian kita istlah COD itulah bia dikatakan bahasa lain dari pengertian Direct Marketing

Pengertian Direct Marketing bagi anda yang banyak berkecimpung di dunia marketing atau ilmu manajemen bisnis tentunya sudah sangat sering sekali mendengar dan membaca mengenai pengertian direct marketing.

Pengertian Direct marketing juga sering di sebut dengan istilah penjualan langsung. Dalam proses Direct Marketing Dapat menghasilkan Respons berupa :

Inquiry : suatu proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan Observasi dan atau eksperimen untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berpikir kritis dan logis.

Pembelian : respon konsumen terhadap minat mereka untuk membeli product yang di tawarkan.

Dukungan : Respon berupa dukungan keadaan produk dan pelayan kepada konsumen yang menjadikan mereka mengpresiasi proses direct marketing yang kita terapkan.

Definisi Direct Marketing

Para Ahli Marketing Juga Menjabarkan Mengenai Pengerian Direct Marketing ini diantaranya dalam Dictionary of Marketing Terms, Peter Bennett mendefinisikan direct marketing sebagai “aktifitas total dimana penjual, untuk mengefektifkan pertukaran barang dan jasa dengan pembeli, mengarahkan usaha pada target audience menggunakan satu atau lebih media (direct selling, direct mail, telemarketing, direct-action advertising, catalogue selling, cable TV selling, dll) dengan tujuan menghasilkan respons lewat telepon, surat, atau kunjungan pribadi dari pembeli potensial atau pelanggan”.

Sebenarnya kita bisa memahami arti dari kata Direct itu sendiri adalah perpindahan atau pindah, berarti dalam direct maketing merupakan perpndahan strategi, itulah sebabnya dari jaman – kejaman selalu ada perubahan dalam system pemasaran dikarenakan perkembangan dunia yang semakin maju.

Kalau kita menganalisa proses marketing dari tahun ketahun sepertinya perubahan dalam direct marketing lebih banyak menjurus pada proses direct marketing Media seperti jaman sekarang yang semakin berkembang majunya system informatika dan tekhnologi, karena dengan direct media itu sedniri akan lebih mempermudah dalam melakukan proses pemasaran seperti via internet : email, facebook,twitter, website dll.

Direct Marketing

Mengapa Direct Marketing begitu berperan di media?..di karenakan seperti telah saya sebutkan perkembangan tekhnologi yang semakin canggih dan juga karena perubahan target pasar atau konteks pasar yang sekarang lebih mudah melalui media.

Berjalannya proses direct marketing yang baik dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor berikut :

  • Target pemasaran telah megnenal produk dan layanan sebelumnya melalui saluran media massa atau media promosi lainnya.
  • Target pasar yang dituju merupakan hasil penyaringan dari proses segmentasi yang selektif, sehingga pasar sasaran yang dipilih adalah mereka yang memiliki kedekatan dengan produk dan layanan yang ditawarkan.
  • pemasar atau komunikator telah menyiapkan informasi yang lengkap sesuai dengan apa yang dibutuhkan dan kemungkinan jawaban atas serangkaian informasi mengenai produk dan layanan yang ditawarkan (solusi)

Istilah direct marketing juga merupakan sebuah proses yang memberikan kesempatan pada pasar sasaran untuk menilai dan menimbang suatu informasi atau produk dalam suatu proses pengambilan keputusan, memungkinkan proses komunikasi dilakukan berulang-ulang. Proses ini biasa disebut proses follow-up

Dalam menjalankan proses Direct Marketing juga kita di haruskan untuk menerapkan beberapa kompunen penting yang tercakup dalam direct Marketing itu sendiri, seperti :

  • Objective: tujuan dari kampanye direct marketing; sesuatu apa yang diharapkan untuk dicapai
  • Media: sebagai kendaraan untuk mencapai target audiens.
  • Creative: cara yang digunakan untuk menyampaikan pesan pemasaran kepada audiens.
  • Database: sistem yang menggabungkan informasi tentang target audiens yang dapat digunakan untuk membuat keputusan pemasaran.
  • Fulfilment: implementasi dari kampanye, dari pencetakan hingga pengiriman.

Sekian dulu Sobat Lebah Master yang baik hatinya pembahasan Mengenai Pengertian Direct Marketing ini, tentunya kami pribadi mengakui banyak penjelsan yang kurang, oleh sebab itu jika anda memiliki rujukan yang lebih competence kami sangat senang apabila anda bersedia menambahkan atau memberikan kritikan dimana letak kesalahan dan kekurangan tulisan mengenai pengertian direct marketing ini. Karena inilah yang bisa kami pribadi pahami dari apa yang kami pelajari tentang Direct Marketing. Salam Sukses.

by. Muhammad Tohir

Other Post : Pengertian Manajemen Pemasaran