Pengertian Globalisasi
Pengertian Globalisasi

Pengertian Globalisasi menurut Para Ahli Di Bidangnya

Pengertian globalisasi akan menjadi pembahasan yang lumayan panjang kali ini, karena kita akan mengutip beberapa pendapat dan hal – hal yang berkaitan dengan pengertian globalisasi tersebut.

Pengertian globalisasi untuk kita ketahui supaya kita bisa memahami apa sebenarnya yang terjadi di keseharian kita termasuk dalam istilah globalisasi ataukah tidak, untuk memahami pengertian globalisasi memang kalau kita merujuk ke banyak pendapat hampir semuanya mengemukakan pengertian yang hampir sama Cuma berbeda pada bahasa yang mereka sampaikan saja mengenai pengertian globalisasi itu sendiri.

Sebelum menuju kepengertian globalisasi secara medetail kita sebaiknya mengetahui kata demi kata dari pengertian globalisasi berikut ini :

kata “Globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal.

Pengertian Globalisasi menurut bahasa adalah Global dan sasi, Global adalah mendunia, dan Sasi adalah Proses, jadi apabila pengertian Globalisasi menurut ahasa ini di gabungkan menjadi “Proses sesuatu yang mendunia”. Munculnya Kata globalisasi sebenarnya merupakan kata serapan dari bahasa asing yaitu bahasa Inggris  “ globalization” .

Theodore Levitte : merupakan orang yang pertama kali menggunakan istilah Globalisasi pada tahun 1985.

Selanjutnya kita menuju ke pengertian globalisasi berdasarkan dari banyak pendapat para ahli yang memaparkan tentang pengertian globalisasi menurut pendapat mereka masing – masing berikut ini :

Achmad Suparman menyatakan :

Globalisasi adalah suatu proses menjadikan sesuatu (benda atau perilaku) sebagai ciri dari setiap individu di dunia ini tanpa dibatasi oleh wilayah Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), sehingga bergantung dari sisi mana orang melihatnya.

Menurut “ Jan Aart Scholte “ dia melihat bahwa ada beberapa definisi yang dimaksudkan orang dengan globalisasi:

Internasionalisasi: Globalisasi diartikan sebagai meningkatnya hubungan internasional. Dalam hal ini masing-masing negara tetap mempertahankan identitasnya masing-masing, namun menjadi semakin tergantung satu sama lain.

Liberalisasi: Globalisasi juga diartikan dengan semakin diturunkankan batas antar negara, misalnya hambatan tarif ekspor impor, lalu lintas devisa, maupun migrasi.

Universalisasi: Globalisasi juga digambarkan sebagai semakin tersebarnya hal material maupun imaterial ke seluruh dunia. Pengalaman di satu lokalitas dapat menjadi pengalaman seluruh dunia.

Westernisasi: Westernisasi adalah salah satu bentuk dari universalisasi dengan semakin menyebarnya pikiran dan budaya dari barat sehingga mengglobal.

Hubungan transplanetari dan suprateritorialitas: Arti kelima ini berbeda dengan keempat definisi di atas. Pada empat definisi pertama, masing-masing negara masih mempertahankan status ontologinya. Pada pengertian yang kelima, dunia global memiliki status ontologi sendiri, bukan sekadar gabungan negara-negara.

Wikipedia Encyclopedia Indonesia : Pengertian Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan. Dalarn arti ekonomi, globalisasi mengacu terutama pada liberalisasi perdagangan bebas.

Pengertian Globalisasi adalah proses integrasi internasional yang terjadi karena pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Hal tersebut berkaitan dengan adanya tingkat  Kemajuan infrastruktur transportasi dan telekomunikasi, termasuk kemunculan telegraf dan Internet, merupakan faktor utama dalam globalisasi yang semakin mendorong saling ketergantungan (interdependensi) aktivitas ekonomi dan budaya.

Pendapat lain mengatakan pengertian globalisasi adalah sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia (sehingga menjadi budaya dunia atau world culture) telah terlihat semenjak lama.  Cikal bakal dari persebaran budaya dunia ini dapat ditelusuri dari perjalanan para penjelajah Eropa Barat ke berbagai tempat di dunia ini _  Lucian W.  Pye, 1966

Mari kita perhatikan apa pendapat para ahli mengenai pengertian globalisasi tersebut, berikut ini :

Anthony Giddens (1989) : Pengertian Globalisasi adalah proses peningkatan kesalingtergantungan masyarakat dunia dinamakan dengan globalisasi. Ditandai oleh kesenjangan tingkat kehidupan antara masyarakat industri dan masyarakat dunia ketiga (yang pernah dijajah Barat dan mayoritas hidup dari pertanian.

Bank Dunia : Definisi Globalisasi adalah kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang- orang dari negara-negara lain.

Emanuel Ritcher : Globalisasi adalah jaringan kerja global secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar – pencar dan terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia .

Thomas L. Friedman : Globalisasi memiliki dimensi idiology dan tekhnologi. Dimensi tekhnologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi tekhnologi adalah tekhnologi informasi yang telah menyatukan dunia .

Dr. Nayef R.F. Al-Rodhan : Globalisasi adalah proses yang meliputi penyebab,kasus, dan konsekuensi dari integrasi transnasional dan transkultural kegiatan manusia dan non-manusia.

LAURENCE E. ROTHENBERG : Globalisasi adalah percepatan dan intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan,dan pemerintah dari negara yang berbeda.

Martin Albrown : Globalisasi menyangkut seluruh proses dimana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global.

Merriam Webster Dictionary : Globalisasi adalah perkembangan ekonomi global yang semakin terintegrasi ditandai terutama oleh perdagangan bebas, arus modal yang bebas,dan menekan lebih murah pasar tenaga kerja asing.

Selo Soemardjan : Pengertian globalisasi adalah suatu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia. Tujuan globalisasi adalah untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama misalnya terbentuknya PBB,OKI

Malcom Waters : Globalisasi adalah sebuah proses sosial yang berakibat bahwa pembatasan geografis pada keadaan sosial budaya menjadi kurang penting, yang terjelma didalam kesadaran orang .

Thomas L. Friedman : Pengertian Globlisasi memiliki dimensi ideology dan teknlogi.Dimensi teknologi yaitu kapitalisme dan pasar bebas, sedangkan dimensi teknologi adalah teknologi informasi yang telah menyatukan dunia.

Tentunya masih banyak lagi pendapat dari para ahli akan pengertian globalisasi lainnya, tapi kita hanya mengambil beberapa saja, hal ini karena setelah membaca dari beberapa pendapat lain mereka juga mengemukakan hal yang sama tentang pengertian globalisasi tersebut.

Keberadaan globalisasi tentu saja muncul di karenakan adanya beberapa hal yang menjadi sarana tersalurnya globalisasi ke berbagai Negara, diantaranya :

  • Melalui saluran  lembaga pendidikan yang menyebar melalui ilmu pengetahuan.
  • Tersebar melalui lembaga keagamaan.
  • Melalui jalur lembaga indutri internasional ataupun lembaga perdagangan.
  • Adanya lembaga  wisata mancanegara.
  • Muncul melalui  saluran komunikasi dan telekomunikasi internasional.
  • Globalisasi muncul juga melalui lembaga internasional yang mengatur peraturan internasional.
  • Muncul juga melalui saluran berupa  lembaga kenegaraan seperti hubungan diplomatik dan konsuler.

Sedangkan, dampak negatif globalisasi antara lain sebagai berikut:

  • Berkurangnya tenaga kerja yang bergerak di sektor pertanian
  • Perubahan dari kehidupan berasaskan kebersamaan menjadi kehidupan individualis
  • Masuknya pola hidup budaya barat

Adanya proses globalisasi disamping berdampak negative juga memiliki dampak positifnya sebagai berikut :

  • Pola hidup yang serba cepat
  • Pesatnya perkembangan informasi dan teknologi
  • Pemanfaatan sumber daya alam yang melimpah

Diantara faktor-faktor penyebab timbulnya proses globalisasi diantaranya sebagai berikut :

  • Berkembangnya cara berpikir dan semakin majunya pendidikan .
  • Adanya kemajuan ilmu pengetahuan di bidang teknologi transportasi sehingga memudahkan transfer barang dan jasa antarnegara.
  • Adanya kemajuan di bidang teknologi informasi dan komunikasi sehingga menjamin kemudahan terlaksananya transaksi ekonomi antarnegara.
  • kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi .
  • Penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih .
  • Perkembangan HAM .
  • Adanya informasi – informasi baru .
  • Adanya kemajuan kerja sama ekonomi internasional yang semakin erat sehingga memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara.

Tenjadinya globalisasi secera umum juga melalui Tahapan – tahapan tersendiri baik di lingkungan masyarakat ataupun para perorangan, diantaranya bisa kita rincikan sebagai berikut ini :

  • Globalisasi pada tahapan Diri sendiri
  • Globalisasi pada sebuah Keluarga
  • Masyarakat, diantaranya RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, Kota, Kabupaten, Provinsi, Pulau, Negara tersebut, dan Antar negara .
  • Semakin maju dan berkembangnya jaman baik di Negara Indonesia maupun di Negara luar akan menjadi hal yang tidak bisa kita hindari, kenapa?… berikut ini alasannya globalisasi tidak bisa di hindari :
  • Adanya globalisasi di karenakan hidup itu terus berkembang tidak mungkin diam saja, dan pasti menghasilkan suatu pengaruh  ataupun perubahan . Mau tidak mau Globalisasi pun akan terus berkembang mengikuti  Zaman tersebut oleh sebab itu kita mau tidak mau juga harus siap menghadapi adanya perkembangan globalisasi tersebut.

Sebelum kita mengakhiri pembahasan mengenai pengertian globalisasi, maka mari kita pahami kata demi kata yang berkaitan dengan istilah globalisasi berikut ini :

globalisasi :  era pra global (abad ke 20)

global : zaman global

globalisme :  ilmu pengetahuan global

globalis : para pelaku global

globalizing :  tindakan pengglobalan

Demikian sahabat pembahasan panjang kita kali ini seputar pengertian Globalisasi, hal ini akan bisa lebih panjang lagi jika kita mendefinisikan globalisasi dari berbagai aspek namun jika pahami dengan baik apa yang telah disampaikan oleh banyak ahli mengenai definisi globalisasi semuanya menjurus kepada pengertian globalisasi yang sama. Semoga bermanfaat.

Sumber rujukan :

http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi#Pengertian

http://id.wikipedia.org/wiki/Globalisasi

Other source

Artikel Pengertian Lain :

Pengertian Direct Marketing

Pengertian Promosi Mix