Pengertian Konsep Pemasaran

56796
Pengertian Konsep Pemasaran
Pengertian Konsep Pemasaran – Ilustrasi

Pengertian konsep pemasaran sejauh ini memang penulis belum menemukan pengertian secara khusus mengenai pengertian konsep pemasaran. Namun demikian dari sekian pembahasan mengenai konsep pemasaran bisa di ambil kesimpulannya tentang pengertian konsep pemasaran itu sendiri,ialah sebagai berikut :

Pengertian konsep pemasaran adalah suatu konsep dan cara dasar yang di terapkan dalam melakukan strategi manajemen pemasaran produk atau jasa pada sebuah organisasi ataupun perusahaan.

Ada juga yang mendefinisikan pengertian konsep pemasaran adalah : Sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup perusahaan.

Sebagaimana telah di sebutkan pada tulisan saya sebelumnya bahwa konsep marketing mencakup 6 hal : konsep produksi, konsep produk, konsep penjualan, konsep pemasaran, konsep pemasaran sosial, dan konsep pemasaran global.

Kita akan Bahas satu persatu maksud dari ke enam konsep Marketing tersebut yang termasuk juga dalam strategi Pemasaran.

Konsep Pemasaran

Sebelumnya kita perlu tahu apa itu pengertian strategi Pemasaran : “pendekatan pokok yang digunakan oleh unit bisnis di dalam mencapai sasaran yang di dalamnya tercantum keputusan-keputusan mengenai target pasar, penempatan produk, bauran pemasaran, serta tingkat biaya pemasaran yang diperlukan”.

Dari pengertian diatas tentunya nanti akan terbagi lagi menjadi beberapa bagian strategi pemasaran, tidak dalam pembahasan kali ini ya.

Next..pengertian konsep pemasaran berdasarkan pembagiannya :

Pertama : Konsep produksi

artinya konsep bagaimana supaya konsumen akan menyukai produk yang tersedia dimana-mana dan harganya murah. Konsep ini berorientasi pada produksi dengan mengerahkan segenap upaya untuk mencapai efesiensi produk tinggi dan distribusi yang luas. Disini tugas manajemen adalah memproduksi barang sebanyak mungkin, karena konsumen dianggap akan menerima produk yang tersedia secara luas dengan daya beli mereka.

Kedua : Konsep produk

konsep dimana konsumen akan menyukai produk yang menawarkan mutu, performansi dan ciri-ciri yang terbaik. Tugas manajemen disini adalah membuat produk berkualitas, karena konsumen dianggap menyukai produk berkualitas tinggi dalam penampilan dengan ciri – ciri terbaik

Ketiga : Konsep penjualan

konsep yang menjadikan konsumen, dengan dibiarkan begitu saja, organisasi harus melaksanakan upaya penjualan dan promosi yang agresif. diusahakan agar konsumen tertarik dengan produk yang di tawarkan.

Keempat : Konsep pemasaran

konsep ini dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan secara lebih efektif dan efisien dibandingkan para pesaing.

Kelima : Konsep pemasaran sosial

merupakan bentuk dari tugas suatu organisasi yang menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan pasar sasaran serta memberikan kepuasan yang diharapkan dengan cara yang lebih efektif dan efisien dari pada para pesaing dengan tetap melestarikan atau meningkatkan kesejahteraan konsumen dan masyarakat.

KeEnam : Konsep Pemasaran Global

konsep pemasaran Global dimaksudkan supaya seorang manajer eksekutif berupaya memahami semua faktor- faktor lingkungan yang mempengaruhi pemasaran melalui manajemen strategis yang mantap. tujuan akhirnya adalah berupaya untuk memenuhi keinginan semua pihak yang terlibat dalam perusahaan.

Dalam penerapan ke enam Unsur dari falsafah bisnis atau konsep pemasaran diatas hendaklah mengandung 3 elemen penting : Orientasi pada Konsumen, Penyusunan kegiatan pemasaran secara integral, Kepuasan Konsumen. Hal ini demi mencapai penyusunan konsep pemasaran yang efektif berjalan baik.

Baca Juga: 7 Strategi Jitu Pemasaran Yang Efektif

Demikian pembahasan mengenai pengertian konsep pemasaran dan penjelasan tentang 6 unsur konsep pemasaran, semoga bermanfaat.