Pengertian Manajemen Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Manajemen Pemasaran
Pengertian Manajemen Pemasaran

Pengertian manajemen pemasaran mau tidak mau harus kita ketahui dan perlu kita kuasai, karena dalam kehidupan kita sehari – hari akan selalu berhadapan dengan proses marketing ataupun pemasaran, oleh sebab itulah penting bagi kita semua untuk mengetahui pengertian manajemen pemasaran.

Sebelum ke pengertian manajemen pemasaran kita kenali terlebih dahulu apa itu pengertian pemasaran?

Pengertian pemasaran secara umum adalah proses memasarkan produk barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan kepada konsumen serta bisa mendatangkan keuntungan atau laba bagi sebuah perusahaan.

Pengertian manajemen pemasaran secara umum adalah “sebuah proses yang di gunakan oleh suatu lembaga ataupun Organissi dalam sebuah perusahaan untuk mempertahankan kelangsungan berjalannya perusahaan tersebut dan bisa mendapatkan keuntungan atau laba, dalam hal ini Manajemen Pemasaran mencakup hal – hal berikut : Processes, Creating, Relanships, communicating, Delivering Value”.

sedangkan Pengertian Manajemen Pemasaran berdasarkan Definisinya : sebagaimana yang di sampaikan Oleh Ahli dalam bidang pemasaran “Kotler tahun 1980. Manajemen pemasaran ialah “ penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan”.

Philip Kotler juga mengungkapkan Pengertian Manajemen Pemasaran hampir senada dengan diatas : “Pengertian manajemen pemasaran adalah proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran anatar barang dan jasa yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.

-Kotler, P.(1980), Marketing Management: Analysis, Planning, and Control. 4th Ed. London: Prentice-Hall, Inc.

Pengertian Manajemen Pemasaran Dharmmesta dan Handoko : manajemen pemasaran adalah berbagai kegiatan pokok yang dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk terus mempertahankan kelangsungan hidup perusahaannya, untuk kemudian berkembang, dan untuk mendapatkan laba atau keuntungan.

Pengertian Manajemen Pemasaran juga di sebutkan dalam buku Stanton, William J. 2001. Prinsip Pemasaran. Erlangga. Jakarta.: “ adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan – kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial”.

Kesimpulan pengertian manajemen pemasaran dari pernyataan para ahli di atas ialah : Merupakan gabungan atau bauran strategi, yang pencakup proses, kreasi, hubungan, komunikasi, dan menciptakan nilai yang di tujukan kepada konsumen untuk memberikan pemenuhan kebutuhan dan kepuasan mereka dan bisa mendatangkan keuntungan bagi sebuah perusahaan yang menjalankan manajemen pemasaran tersebut.

Dalam manajemen pemasaran itu sendiri mengandung beberapa konsep pemasaran yang di sebut dengan falsafah Bisnis, tujuan falsafah bisnis adalah untuk memberikan kepuasan terhadap keinginan konsumen dan juga berorientasi kepada kebutuhan konsumen pada jaman sekarang, sedangkan konsep pemasaran pada jaman dahulu falsafah bisnis lebih mementingkan keadaan produk dan proses penjualannya.

Konsep manajemen Pemasaran mencakup 6 unsur :

  • konsep produksi
  • konsep produk
  • konsep penjualan
  • konsep pemasaran
  • konsep pemasaran social
  • konsep pemasaran global

Dalam Kegiatan penyusunan konsep pemasaran di atas selaku pembuat konsep manajemen pemasaran pada sebuah peusahaan harus memasukan 3 elemen pemasaran yang professional berikut :

  • Orientasi konsumen / pasar / pembeli
  • Volume penjualan yang menguntungkan dan memberikan kepuasan kepada konsumen
  • Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan.

Demikian ulasan mengenai pengertian manajemen pemasaran berdasarkan pendapat para Ahli, semoga bisa menjadi jawaban dan rujukan sobat dalam melakukan manajemen pemasaran yang efektif.

Baca Juga: Pengertian Marketing Mix