Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya Serta Ciri – Cirinya

Pengertian Pasar Persaingan Sempurna dan Contohnya
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna Dan Contohnya – melihat permintaan pasar dan penawaran yang saling berkaitan diantara keduanya terdapat kekuatan yang akan membentuk perbedaan manakah diantara permintaan dan penawaran yang lebih kuat dalam memenuhi kebutuhan pasar. Penting bagi kita untuk lebih memahami apa pengertian pasar persaingan sempurna dan contohnya dengan begitu kita akan lebih mudah menganalisa apa saja yang menjadi ciri – ciri dari pasar persaingan sempurna.

 

Dalam pasar Persaingan sempurna yang lebih menonjol ialah dimana disana terdapat pembeli dan penjual dengan jumlah yang sangat banyak sekali, sering juga pasar persaingan sempurna disebut dengan istilah keren yaitu “Perfect Competition Market “ . pada kondisi pasar persaingan sempurna bagi penjual yang bersifat individual dikatakan tidak mampu membawa pengaruh terhadap harga pasar, sehingga munculah disana pasar persaingan sempurna dimana sekelompok penjual bergabung dalam sebuah kompetisi untuk memberikan penawaran harga secara bersama – sama.
Pengertian Pasar
Sebelum mengetahui lebih jauh apa pengertian pasar persaingan sempurna akan lebih baik bila terlebih dahulu mengetahui apa yang dimaksud pasar, Pasar adalah tempat bertemunya antara penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi baik barang maupun jasa. akan tetapi disana ada juga pasar yang bersifat tidak mempertemukan antara penjual dan pembei, seperti pasar saham, pasar online dan lainnya.pasar juga dapat diartikan secara umum atau lebih luas, yaitu suatu proses dimana penjual dan pembeli saling berinteraksi untuk menetapkan harga keseimbangan hingga terjadi transaksi yang sah atau saling setuju dengan keputusan akhir.
Pengertian Pasar Persaingan Sempurna ( Perfect Competition Market ).
Ada banyak pendapat mengenai pengertian pasar persaingan sempurna yang dikemukakan oleh para pakar, kendai terdapat banyak pendapat tetap semuanya menjurus pada defines pasar persaingan sempurna yang sama hanya saja disampaikan dengan bahasa yang berbeda – beda, berikut bebrapa pengertian pasar persaingan Sempurna :

 

  • Pengertian pasar persaingan sempurna adalah suatu bentuk interaksi antara permintaan dengan penawaran yang ditandai oleh jumlah konsumen dan produsen yang sangat banyak dan tidak terbatas.
  • Pendapat lain tentang definisi pasar persaingan sempurna adalah Salah satu bentuk pasar yang terdiri dari banyak pembeli dan penjual, namun demikian pembeli dan penjual secara individual atau perseorangan tidak dapat memengaruhi harga pasar. Pada pasar ini harga yang terbentuk merupakan cerminan dari keinginan penjual dan pembeli secara keseluruhan atau bersama-sama.
  • pasar dimana pada kosndisi pasar persaingan sempurna ini terdapat banyak penjual dan pembeli dan mereka sudah sama-sama mengetahui keadaan pasar.atau pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak, sehingga tidak ada satu pun penjual atau pembeli yang bisa mempengaruhi harga.

Itulah tiga pengertian pasar persaingan sempurna yang sebenarnya bermakna sama namun dikemukakan dengan tata bahasa kalimat yang berbeda.
Contoh Pasar Persaingan Sempurna :
Sangat mudah menemukan contoh pasar persaingan sempurna, yaitu dengan melihat kondisi produk yang dijual pada pasar ini, dalam kategori pasar persaingan sempurna disana banyak menjual produk – produk dari hasil pertanian atau sering disebut dengan barang yang bersifat makanan pokok, seperti beras, gandum, sayuran, buah – buahan, kentang dan lain sebagainya.
Dalam pasar ini, masing – masing petani secara individual tidak mampu mempengaruhi harga dalam pasar bila menentukan harga sendiri, karena jika mereka menjual murah akan mengalami kerugian dan jika terlalu mahal maka akan tidak laku, sehingga mau tidak mau harus mengikuti harga pasar yang telah ditentukan secara bersama.

 

Ciri – Ciri Pasar Persaingan Sempurna :
1. Barang atau produk yang dijual pada pasar persaingan sempurna bersifat Homogen ( terdapat kesamaan jenis ).
2. Penjual dan pembeli berjumlah banyak.
3. Penjual bersifat pengambil harga yangtelah ditentukan ( Price taker )
4. Kondisi pasar bersifat sensitive terhadap perubahan pasar yang dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran.
5. Harga ditentukan oleh pasar.
6. Antara penjual dan pembeli sama – sama meiliki informasi lengkap tentang pasar ( perfect Knowlage ).
7. Semua perusahaan bebas dan Mudah untuk keluar masuk pasar karena pengaruh mobiltas tidak terbatas dan tak ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memindahkan faktor produksi..
8. Output sebuah perusahaan relative kecil dibandingkan dengan output pasar. Jumlah output setiap perusahaan secara inividu dianggap relative kecil dibandingkan dengan jumlah output seluruh perusahaan dalam industri.

 

Demikianlah penjelasan panjang seputar pengertian pasar persaingan sempurna ( Perfect Compatition Market ) dan contoh serta ciri –ciri khusus tentang pasar persaingan sempurna ini, semoga bisa membantu teman- teman atau para pelajar lebih mudah dalam memahami define pasar persaingan sempurna. Pembahasan ini merujuk pada berbagai referensi terpercaya dan bila terdapat kesalahan penulisan dan penjelasan makna silahkan memberikan masukan atau kritikan secara bijak lewat komentar.

 

Baca Juga :

Pengertian Pemasaran Online

Pengertian HAM Dan Contohnya