PENGERTIAN PROMOSI MIX

26808

Pengertian Promosi Mix Manajemen Pemasaran

Pengertian Promotion Mix

Pengertian promosi mix dalam ilmu manajemen pemasaran adalah: Integrated Marketing Communication to make relationship – Money atau dalam bahasa indonesianya di buat pengertian yang lebih simple ialah :

” bauran atau paduan strategi pemasaran / promosi untuk membangun relasi yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan atau mendapatkan uang dari produk yang kita tawarkan.”

Sedangkan Pengertian Promosi itu sendiri di artikan sebagai : system komunikasi yang di terapkan untuk membujuk ( persuade ), mengingatkan ( reminder ) bertujuan agar bisa mendapatkan pembeli yang berpotensial sehingga dengan begitu kita akan mendapatkan tanggapan dari target pasar berupa : membeli, menyiarkan kembali, atau menjadi customer kita.

Setelah kita melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan kegiatan promosi maka kita akan mendapatkan respon atau tanggapan dari konsumen yang telah kita target melalui promosi, ada beberapa tanggapan yang bisa kita dapatkan dari konsumen diantaranya :

Awareness : mereka menyadari adanya produk atau jasa yang sebelumnya mereka tidak memperhatikan sama sekali.

Knowladge : konsumen jadi bertambah wawasannya atau paham akan produk atau jasa yang kita punya.

Liking : konsumen bisa jadi menyukai produk kita setelah melihat iklan atau promosi yang kita lakukan.

Preferen : Konsumen akan menjadikan promosi kita sebagai bahan referensi atau pilihan untuk membelinya.

Conviction : konsumen akan mendapatkan keyakinan terhadap produk kita dari berbagai aspek manfaat dan kebutuhan mereka akan produk tersebut.

Purchasing : konsumen akan melakukan pembelian atau berusaha untuk memiliki dan lain sebagainya setelah melihat tayangan promosi yang kita lakukan.

Dalam promotional Mix ada 5 hal yang bisa kita tempuh untuk melakukan strategi promosi produk :

Advertising : beriklan di layanan jasa iklan seperti televise ,radio dan lainnya.

Public Relation : system promosi yang di lakukan untuk membangun komunikasi yang baik antara sebuah perusahaan dengan pelanggan atau public.

Sales Promotion : startegi penjualan yang bersifat memikat pelanggan dengan menghadirkan berbagai penawaran menarik misalnya : memberikan diskon, kupon, sample produk gratis dll.

Personal selling : penjualan yang biasanya di lakukan oleh perorangan, contohnya yang di lakukan oleh para SPG, atau marketing lain yang biasanya menjual atau menawarkan produknya bersifat personal atau perorangan.

Direct marketing : strategy promosi secara langsung tanpa embel – embel pengantar dan lain sebagainya, dalam hal ini orang jerman menjadikan system direct marketing sebagai andalan mereka tanpa bertele – tele.

Baca : Pengertian Direct Marketing

Dalam strategi promosi mix juga ada istilah yang di namakan dengan Competitive Advantage yang berfungsi untuk memenangkan persaingan dalam dunia promosi, karena begitu banyak berbagai perusahaan yang juga melakukan strategi promosi dengan kelebihannya masing – masing maka di perlukanlah kita mengetahui Competitive Adventage untuk mengambil celah agar bisa mendapatkan pelanggan lebih banyak. Untuk pembahasan Competitive advantage tidak pada artikel ini, akan kita bahas dalam artikel mendatang In Syaa Alloh ya…

Demikian sekilas ulasan tenang pengertian Promotion Mix dan beberapa hal yang terkait di dalamnya. Semoga bermanfaat. Kritik dan saran silahkan via komentar ya.

You May Also Like :

Pengertian Konsep Pemasaran