Pengertian Sistem Informasi Pemasaran

Pengertian sistem informasi pemasaran perlu kita ketahui agar bisa menjalankan strategi pemasaran yang efektif, serta bisa juga dalam menerapkan system komunikasi pemasaran dalam memahami pengertian riset pemasaran.

pengertian sistem informasi pemasaran adalah proses ataupun kegiatan yang di lakukan oleh peseorangan dan organisasi atau perusahaan yang bertujuan untuk mendapat memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis melalui penciptaan pendistribusian promosi dan penentuan harga barang dan jasa.

Dalam hal system informasi pemasaran ini sering juga di kaitkan dengan pengertian bauran pemasaran atau Istilah kerennya di kenal dengan Marketing Mix, marketing mix yang mencakup strategi bauran pemasaran 4p atau juga 7P : Product, Price, Place, Promotion. anda bisa baca tulisan saya tentang Pengertian Marketing Mix

sistem informasi pemasaran mencakup beberapa kompunen berikut :

  • Komponen-komponen input
  • Model
  • Output
  • Basis data
  • teknologi dan kontrol

Penjelasan dari 5 Kompunen diatas adalah sebagai berikut :

Komponen Input Pemasaran :
proses pengumpulan data transaksi perusahaan, baik yang berkaitan dengan operasi pemasaran, dan hasil penelitian riset pasar.

Komponen Output Pemasaran :
proses sistem informasi pemasaran yang berkaian dengan operasi pemasaran seperti Periklanan, penjualan langsung, dan juga untuk mengumpulkan data harga penjualan yang paling banyak. hal ini akan membantu seorang manajer dalam membuat keputusan harga suatu barang atau jasa.

Komponen Model Pemasaran :
Model digunakan untuk menghasilkan informasi yang relevan yang sesuai dengan kebutuhan pemakai sistemnya. Model merupakan cetakan yang merubah bentuk input menjadi output. Model di sistem informasi pemasaran banyak digunakan untuk menghasilkan laporan keperluan anggaran operasi, strategi penentuan harga produk, evaluasi produk baru, pemilihan lokasi fasilitas, evaluasi penghapusan produk lama,penunjukan salesman, penentuan rute pengiriman yang paling optimal, pemilihan media iklan yang paling efektif dan untuk persetujuan kredit.

Komponen Basis Data Pemasaran :
Data yang digunakan oleh Subsistem out put berasal dari data base. Beberapa data dalam data base adalah unik bagi fungsi pemasaran, tapi banyak yang berbagi dengan area fungsional lain dalam hal melakukan strategi pemsaran.

Komponen Tekhnologi dan kontrol :
Upaya pemaksimalan sumber daya tekhnologi dalam menerapkan proses pemasaran dan upaya untuk melakukan kontro terhadap berbagai proses operasi dan transaksi pada sebuah perusahaan.

Itulah sekilas gambaran umum mengenai pengertian sistem informasi pemasaran, dalam penerapan hal – hal diatas juga akan masuk nantinya kedalam sistem komunikasi pemasaran ( Marketing communication ) namun nantinya akan lebih mencakup dalam proses pemasaran yang lebih luas di luar perusahaan.

Sekian tulisan Pengetian Sistem Informasi Pemasaran ini bisa saya bagikan kepada sobat semua, semoga bermanfaat, apabila terdapat kesalahan atau kejanggalan silahkan di perbaiki dan ditanyakan langsung baik via komentar ataupun Contact admin. Salam sukses

Other Post : Pengertian Konsep Pemasaran