PENGERTIAN VIRAL MARKETING DAN CONTOHNYA

12157

Apakah Pengertian Viral Marketing?…

Pengertian Viral Marketing
Pengertian Viral Marketing – ilustrasi

Pengertian Viral Marketing adalah teknik pemasaran yang menggunakan jaringan sosial (baik online dan offline) untuk menyampaikan pesan atau iklan kepada target konsumen. Proses dari viral marketing ini menurut para pakar marketing di barat sana sangat mirip dengan menyebarkan virus komputer atau virus biologis.

Pengertian viral marketing lebih simple bisa kita pahami sebagai bentuk dari proses pemasaran yang bisa di lakukan melalui online maupun ofline secara langsung untuk menyampaikan pesan adanya produk atau jasa yang kita punya kepada konsumen.

Viral marketing juga bisa di pahami sebagai strategi pemasaran yang di lakukan oleh pihak penyedia produk atau jasa untuk menyampaikan informasi baik melalui sebuah website,Koran,video,ebook dan lain sebagainya. Viral Marketing juga merupakan bagian dari strategi pemasaran portofolio

Lebih simple lagi pengertian viral marketing kalau di ofline adalah penyampaian pesan dari mulut ke mulut, kalau di online dari akun media sosial kita ke akun media social lain.

Baca : Pengertian Pemasaran Online

Contoh dan Metode Praktek Viral Marketing :

Contoh simplenya dari proses praktek viral marketing seperti yang kita sering lihat baik di media social maupun ofline berupa :

Tersampaikannya informasi dengan proses berantai, atau dari mulut satu ke mulut – mulut lain yang semakin kesananya semakin tersebar luas, kalau anda tahu proses promosi dari member MLM maka kurang lebih seperti itu jugalah contoh dari proses viral Marketing tersebut.

Contoh sederhana Viral marketing akalu anda membuat status facebook lalu kemudian teman anda membagikannya lagi dan teman dari teman kembali membagikan status tadi maka itulah viral marketing.

Saat ini sampai nanti kedepannya Strategi yang lebih baik untuk menjalankan viral marketing ini adalah via online, dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Myspace, twitter, yahoo, google mail, website dll.

Baca: Pengertian Manajemen Pemasaran

Mengapa Diunggulkan di online untuk viral marketing?

Pertama kita tahu bahwa jumlah orang yang menggunakan layanan ini adalah luar biasa selalu mengalami peningkatan. Kedua, anggota lingkungan media sosial ini terhubung dengan sangat baik, karena setiap pengguna memiliki banyak kontak. Akhirnya, metode berbagi ide atau pesan sangat sederhana, melalui teknik yang berbeda misalnya berbagi berbagi di Facebook. Mengingat fakta bahwa dua pertiga dari pengguna internet mengunjungi jaringan sosial atau blog setiap mingguitulah sebabnya mengapa metode ini sangat berpotensi sekali di jalankan via online.

Apa Keuntungan Menggunakan Strategi Viral Marketing Untuk Promosi ?

Keuntungan dari viral marketing adalah anda akan lebih bisa menghemat biaya investasi untuk promosi. Sistem pemasaran viral ini didukung oleh kehendak pemancar atau media social untuk menyampaikan pesan lebih lanjut dengan membagikannya kembali dalam waktu singkat. Kekuatan pertumbuhan eksponensial sangat besar. Jika setiap orang membagikan informasi kepada 5 orang dan selanjutnya, ini memberikan jumlah sekitar 3,125 orang penerima informasi tersebut setelah 5 level dari transfer pesan asli di akun media social anda. Para ahli pemasaran viral sangat paham sekali betapa metode ini sangat baik dan menguntungkan.

Meskipun sedemikian mudahnya menyampaikan informasi dengan Viral Marekting untuk hasil dari pesan yang tersampaikan tersebut tetap masih menjadi pertanyaan seberapa besar kita bisa melakukan closing atau penjualan. Karena itu mash terletak dalam minat serta strategi pendukung internal lainnya.

Kelemahan dari Metode Viral Marketing

Kelemahan dari viral marketing terletak pada penerima informasi yang kita sampaikan tersebut, karena tidak semua orang yang mendapatkan atau melihat informasi yang kita sampaikan memiliki tingkat pemahaman yang sama, minat yang sama dan ambisi untuk membeli yang sama.

Kita disini tidak bisa menduga seberapa besar kerjanya viral marketing untuk mendatangkan hasil, namun keberhasilan dari viral marketing bisa di ukur dari seberapa besar parameter jangkauan yang bisa kita peroleh untuk disampaikan informasi. Jika pesan atau produk / jasa tidak cukup berguna, menarik, berinovasi dll, sangat mungkin bahwa hal itu tidak akan tersampaikan lebih jauh.

Jadi solusinya ketika anda akan menggunakan metode Viral Marketing untuk meningkatkan penjualan atau brand sebuah bisnis anda harus benar – benar bisa memberikan invormasi yang bermanfaat, menarik dan punya inovasi tersendiri agar bisa menjangkau lebih banyak konsumen dan setidaknya juga bisa mendatangkan hasil yang lumayan besar.

Baca: Pengertian Sistem Informasi Pemasaran

Para pakar pemasaran tidak ada yang memberikan garansi untuk proses viral marketing bisa benar – benar efektif untuk sebuah promosi, tapi kita bisa melakukan inovasi dengan minyisipkan beberapa humur,ide,tips dan trik disela promosi kita agar bisa menyentuh otak bawah sadar para target market kita di luaran sana. Semakin kita bisa menancapkan brand produk kita di otak bawah sadar mereka maka akan lebih memiliki peluang untuk menarik mereka agar mau membeli produk yang kita tawarkan dengan viral marketing dan strategi lainnya.

Baca: Pengertian Promosi Mix

Demikianlah Ulasan mengenai Pembahasan pengertian Virang Marketing ini. Semoga artikel pemasaran sederhana tentang pengertian viral merketing ini bermanfaat.