Customer Segment Bisnis, Kenali dan Pilih Target Marketmu

Customer Segment Bisnis
Customer Segment Bisnis

Customer Segment adalah sekelompok orang atau organisasi tertentu yang akan menjadi target konsumen untuk di tawarkan bisnis yang akan atau sedang kamu jalani. Sangat penting sekali bagi seorang pengusaha untuk mengenali mereka agar bisnis yang dijalankan benar – benar ada target marketnya dan bisa mendatangkan keuntungan dalam bisnis.

Jika kamu menjalankan bisnis tanpa mengetahui siapa yang akan menjadi raget pasar / Customer segment produk yang kamu jual maka lambat laun bisnis tersebut akan redup bahkan mati dan pada akhirnya mendatangkan kerugian karena sama sekali tidak ada yang berminat untuk membeli apa yang kamu jual.

Untuk itu Jika kamu sudah benar – benar siap untuk terjun ke dunia bisnis, segera kenali siapa customer segment kamu, dalam dunia marketing target kinsmen terbagi menjadi beberapa bagian berikut ini :

1. B2B (Business to Business)
Customer segment pertama ini ialah menjadikan para pembisnis sebagai target konsumen bisnis yang kamu jalani atau singkatnya “ Transaksi antar Perusahaan ke perusahaan”, cirri – cirri mereka biasanya merupakan Supplier barang mentah atau produk setengah jadi. Namun demikian bisa juga berupa produk jadi yang mereka juga membutuhkan pembisnis lain untuk kembali menjual produk mereka. Example : lotte Mart, Penjualan Mobil antar perusahaan dan di jual lagi Ke rental Mobil.

2. B2C (Business to Customer)
Saat menerapkan Metode ini artinya Bisnis kamu lebih menyasar kepada konsumen akhir. Dan ini Biasanya langsung berhadapan dengan pelanggan.

3. Pasar Luas (Mass Market)
Model dan metode Customer segment dalam Bisnis ini tidak membedakan segmen-segmen pelanggan yang berbeda. Biasanya ditemukan dalam sektor produk elektronik.

4. Pasar Ceruk (Niche Market)
Jika kamu memilih Model Customer Segment satu ini artinya kamu menjalankan bisnis yang hanya melayani orang – orang tertentu saja atau lebih spesifik dan Spesialisasi. Dan yang banyak terjadi di luaran sana mereka yang menjalankan model bisnis ini hanya menarget dan melayani satu jenis pelanggan saja. Miasalkan hanya menarget anak muda yang suka baju Jersey saja.

Itulah 4 Customer Segment bisnis yang perlu kamu ketahui apabila sudah terjun kedunia bisnis, dengan mengetahui siapa target konsumen bisnis yang kamu jalani maka InsyaAllah Produk yang kamu jual aka nada pembelinya. Tetap semangat dan Salam Sukses!

Read More : 7 Strategi Agar Produk Laris Manis Di Pasar