Penjelasan Marketing Mix Produk

4104

Marketing Mix Produk

Marketing Mix Produk

Marketing Mix Produk adalah salah satu dari 4 pembagian dari Strategi Marketing Mix ( bauran Pemasan) yang sangat penting untuk dipelajari dalam dunia pemasan bisnis yang kita jalankan. Pada tulisan sebelumnya kami telah memberikan penjelasan mengenai pengertian Marketing Mix.

Produk adalah item yang dibangun atau diproduksi maupun dihasilkan sebuah perusahaan untuk memenuhi kebutuhan konsumen atau kelompok orang tertentu. Produk terbagi menjadi dua bagian atau kelompok yaitu produk berwujud seperti barang dan Produk tidak berwujud seperti jasa.

Pada tahap Marketing Mix Produk kita harus memastikan jenis atau kategori yang tepat dalam menghasilkan produk yang diminati pasar. Jadi, sebelum melakukan produksi dan pengembangan produk, pemasar riset yang ekstensive pada siklus hidup produk atau Produk Life Cycle yang di ciptakan.

Note: Produk Life Cycle ialah suatu grafik yang menggambarkan riwayat produk sejak diperkenalkan ke pasar.

Produk Life Cycle

Produk memiliki siklus kehidupan tertentu yang termasuk fase pertumbuhan, kedewasaan fase dan fase penurunan penjualan (maturity phase, sales decline phase). Sangat penting bagi pemasar untuk menemukan kembali produk mereka untuk merangsang kembali permintaan lain dari pasar setelah mencapai fase penurunan penjualan.

Para Marketer hendaknya memperhatikan betul bagaimana agar bisa membuat produk yang tepat, Ini bisa saja menjadi langkah bijaksana untuk memperluas produk dengan diversifikasi dan meningkatkan kedalaman lini produk bisnis perusahaan atau bisnis yang anda jalankan.

All In All Marketing Mix Product, Seorang pemasar harus bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan “Apa yang dapat saya lakukan untuk menawarkan produk yang lebih baik untuk konsumen bisnis saya agar bisa lebih baik dari pesaing bisnis”.

Baca Juga: Pengertian Viral Marketing Dan Contohnya

Sebelum mulai menciptkan produk untuk bisnis anda, pada Marketing Mix Produk ada beberapa pertanyaan yang perlu anda jawab agar bisa menghasilkan produk yang tepat untuk pasar bisnis dengan pertanyaan berikut:

  • Apa yang klien atau pasar anda inginkan dari layanan jasa atau produk ?
  • Bagaimana pelanggan akan menggunakan produk anda ( ini lebih kepanduan penggunaan atau tips dan tutorial)?
  • Siapa dan dimana Klien atau konsumen menggunakan produk anda?
  • Apa fitur produk harus memenuhi kebutuhan Konsumen?
  • Apakah ada setiap fitur yang Anda lewatkan atau belum terpenuhi?
  • Apakah anda menciptakan fitur yang tidak diperlukan oleh klien?
  • Apa nama produk anda?
  • Apakah produk anda mudah diingat oleh konsumen?
  • Apakah ukuran atau warna yang tersedia dengan baik pada produk anda?
  • Bagaimana dan apa yang membedakan produk anda dengan pesaing?
  • Seperti Apa produk anda dilihat atau menarik minat konsumen?

Demikianlah sekilas pengenalan dan penjelasan dari strategi Bauran pemasan Produk atau Marketing Mix Produk yang bisa kami share untuk sahabat semua, semoga mudah dipahami dan memberikan manfaat untuk bisnis anda.

Baca Juga: Pengertian Promosi Mix