Pentingnya Berinvestasi Sejak Dini

350

Pentingnya Berinvestasi Sejak Dini

Banyak generasi millenial yang masih belum memprioritaskan rencana keuangan mereka termasuk berinvestasi padahal sejak kecil, kita selalu diajarkan oleh kedua orang tua kita untuk menabung dengan tujuan memiliki harta di masa yang akan datang. Akan tetapi, pada zaman now ini mulai muncul istilah ‘menabung’ dengan cara yang sedikit berbeda yang dinamakan investasi. Apa itu investasi?

Menurut KBBI arti dari investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan,sedangkan menabung dari KBBI menyimpan uang (di celengan, pos, bank, dan sebagainya). Dapat di garis bawahi bahwa investasi adalah ‘Pohon Uang’ di mana kita yang menjadi seorang investor pada suatu perusahaan atau proyek dapat menikmati hasil tanpa harus terlibat secara langsung pada proyek itu,  hal ini dimakan dengan passive income. Dengan investasi tersebut uang yang kita investasikan jumlahnya akan terus bertambah sedangkan saat kita menabung uang yang kita simpan tidak menambah.

Lalu bagaimana jika kita tidak memulai investasi sejak dini?

Tentunya, kita akan kesulitan dalam menempuh hidup kita karena kita tidak memiliki harta untuk saat ini ataupun untuk masa depan. Untuk waktu singkat, kita akan susah payah untuk memiliki barang yang kita inginkan dan tentunya untuk waktu jangka panjang, kita akan menjadikan anak kita menjadi sandwich generation (Generasi Sandwich adalah generasi orang yang merawat orang tua mereka yang menua sambil mendukung anak-anak mereka sendiri). Tentunya, ‘buah’ dari investasi itu tidak dapat kita rasakan dalam waktu singkat tetapi dengan kesabaran itu kita dapat memanenkan hasil dari investasi kita.

Di zaman yang serba mudah ini, tentunya kita juga tidak kesulitan dalam memulai investasi. Banyaknya  marketplace pada saat ini membantu kita dalam memulai investasi, seperti investasi emas, reksa dana, saham dll.

Bagi kita genasi millenial hendaknya kita mulai berinvestasi sejak dini karena dengan uang yang kita investasikan itu kita dapat menggunakan hasil tersebut untuk berbagai macam kebaikan seperti membangun sekolah bagi orang kurang mampu, memberangkatkan orang tua kita untuk berhaji hingga menjadi tabungan untuk anak kita kelak.

Penulis dan Pengirim: Ismail Abdurrahman, Mahasiswa STIE SEBI.

Baca Juga: Investasi Modal Ventura Syariah sebagai Expertise Bisnis Start-up