PENYAKIT ANEMIA DAN PENCEGAHANNYA

2146
Penyakit ANEMIA
Penyakit Anemia dan Pencegahannya

PENYAKIT ANEMIA DAN PENCEGAHANNYA

Penyakit anemia adalah suatu kondisi dimana turunnya sel darah merah ( hemoglobin ) dalam darah yang normal pada wanita sekitar 12 mg/dl dan 14 mg/dl pada laki – laki. Berkurangnya sel darah merah sangat membahayakan tubuh oleh karena sel darah merah berfungsi sebagai sarana transportasi zat gizi dan oksigen yang diperlukan jaringan tubuh. Untuk itu antisipasilah dengan rutin melakukan pengecekan darah anda pada dokter kesehatan terdekat demi mencegah terkena penyakit anemia.

Penyakit anemia juga disebabkan Berkurangnya sel darah merah dapat terjadi akibat keadaan tertentu seperti perdarahan, gangguan pembentukan sel darah merah, berkurangnya asupan gizi, terutama zat besi dan lain – lain. Hal yang menjadi penyebab Penyakit Anemia sebaiknya di hindari dan di waspadai.

Penyakit anemia juga sering dikatakan dengan jenis anemia aplastic, hemolitik atau anemia hemolitik automum dll. Tergantung tingkat dari penyakit anemia itu sendiri.

Gejala Penyakit Anemia :

Gejala awal Penyakit anemia kurang zat besi adalah keluhan badan lemah,lelah,kurang energi,kurang nafsu makan, daya konsentrasi menurun, sakitkepala, pandangan sering berkunang – kunang terutama dari keadaan duduk kemudian berdiri. Tanda lainnya adalah kelopak mata, wajah, ujung jari dan bibir nampak pucat.

 

Baca Juga : Ternyata Sepatu High Heels Pemicu Wanita Sulit Orgasme

Pencegahannya Penyakit Anemia:

Pencegahan penyakit anemia yang terbaik adalah sebelum terjadinya anemia, yaitu dengan menjaga agar didalam tubuh tersedia cukup zat besi untuk pembentukan sel darah merah.

Zat besi banyak dikandung dalam makanan baik hewan, sayuran dan buah – buahan, seperti : hati, daging, telur, ikan, kentang, beras merah, kacang – kacangan, apel, jambu, pepaya, dan lainnya. Keseimbangan asupan gizi sangat di perlukan untuk menjaga agar tidak terkena anemia

Lakukan pencegahan penyakit anemia dengan : makan makanan yang bergizi, lakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur, terapkan erilaku hidup bersih dan sehat. Semoga dengan hal sederhana tersebut anda bisa terhindari dari gejala atau penyakit anemia.

Penyakit anemia memang menjadi penyakit yang sangat berbahaya bagi kita, apabila sudah terkena penyakit anemia akan sangat sulit untuk menyembuhkannya.

Kita seringkali menyepelekan hal – hal kecil yang berkaitan dengan kesehatan diri dan keluarga, maka ketahuilah bahwa hal yang demikian merupakan kebiasaan buruk terlebih jika hal sepele terbut dapat menyebabkan timbulnya penyakit anemia maka hendaklah di hilangkan demi kesehatan kita sendiri dan keluarga.

Baca Juga : Daftar Makanan Tidak Sehat Dikonsumsi

Penyakit anemia memang tidak bisa kita hindari dan juga tidak bisa k tebak apakah akan datang menghampiri karena semua itu adalah kehendak yang maha kuasa, tapi kita diharuskan menjadi manusia yang selalu berusaha melakukan kebaikan terutama dalam hal ini kebaikan menjaga kesehatan diri agar kehendak yang baik juga datang kepada kita. Penyesesalan selalu berada di akhir, oleh sebab itu perbaiki masa depan agar terhindar dari penyakit anemia dengan melakukan pencegahan sebelum penyakit anemia datang menyapa. Semoga kesehatan selalu menjadi kebiasaan hidup kita semua.

By.Muhammad Tohir

 

Other Post : 5 Cara Berhenti Merokok