Kanker Pankreas
Kanker Pankreas

Penyakit Mematikan Dan Bahaya Kanker Pankreas Serta gejala – gejalanya

Kanker Pankreas menjadi salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan, kanker pancreas sering juga di sebut dengan istilah “ Diam “ kenapa ?.. karena jenis penyakit ini termasuk dari gejala terkenanya tidak jelas dan tidak terlihat ketika awal – awal seseorang terkenal penyakit kanker pancreas ini sampai dia menyebar keseluruh tubuh penderita.

Berkaitan dengan kanker pankreas ini, Mayo Clinic menyampaikan , Senin 18/2/2013, bahwasanya “ penyakit kanker pankreas menyebar keseluruh tubuh sangat cepat dan memiliki prognosis yang buruk jika dibandingkan dengan kanker lainnya. Gejala yang tidak muncul sampai kanker pankreas itu berkembang membuat operasi pengangkatan sulit dilakukan”.

Berdasarkan analisis dari National Cancer Institute, menunjukkan terdapat 29.000 orang Amerika didiagnosis dengan kanker pankreas setiap tahunnya. American Cancer Society memperkirakan, tingkat kelangsungan hidup satu tahun menjadi 20%, sedangkan tingkat lima tahun adalah 4%.

Dalam tubuh manusia Pankreas sendiri merupakan organ yang berada di dalam perut letaknya membentuk horizontal di belakang bagian bawah perut. Fungsi dari Pankreas mengeluarkan enzim yang membantu pencernaan dan hormon yang mengatur metabolisme gula di dalam tubuh kita manusia.

Tahukah Anda Apa Kanker Pankreas itu ?
Timbulnya penyakit kanker pankreas terjadi ketika sel-sel di pankreas di dalam tubuh melakukan mengembangkan mutasi pada DNA. Pengembangan Mutasi ini menyebabkan sel tumbuh tidak terkendali dan terus hidup setelah sel normal mati. Sel-sel ini dapat mengumpul membentuk tumor ganas yang mematikan penderita.

Yang sering terjadi kanker pankreas munculnya di awali pada sel-sel yang melapisi saluran pankreas. Kanker jenis ini disebut adenokarsinoma pankreas atau kanker pankreas eksokrin. Kanker dapat terbentuk dalam produksi hormon-sel pankreas. Kanker jenis ini disebut kanker sel islet atau kanker pankreas endokrin.

Faktor Penyebab kanker Pankreas :
Walaupun sejauh ini penyebab timbulnya kanker pancreas belum di ketahui secara pasti tapi kebiasaan merokok adalah faktor risiko utama, merokok lebih dari 2-3 kali, lebih mungkin untuk memiliki penyakit dibanding bukan perokok. Usia juga ada kaitannya dengan penyakit kanker pancreas ini yang biasanya timbul setelah usia 45. Diabetes juga memiliki hubungan dengan kanker pankreas, dengan sekitar 10% -20% orang yang didiagnosis kanker memiliki diabetes.

Risiko lainnya termasuk pankreatitis kronis dan sirosis hati. Dan riwayat keluarga kanker pankreas, diet lemak tinggi, obesitas, dan kurang olahraga juga bisa berperan. Kanker pankreas paling sering terjadi di Afrika-Amerika dan orang-orang di atas usia 60.

Gejala – Gejala Kanker Pankreas pada seseorang :
Gejala kanker pancreas memang tidak kelihatan pada awal mula kanker ini menyerang. Tapi setelah tumbuh dan menyebar, nyeri sering berkembang di perut bagian bawah dan kadang-kadang menyebar ke punggung. Rasa sakit bisa menjadi lebih buruk setelah orang makan atau berbaring. Dan gejala lain yang mungkin muncul antara lain:

1. Nyeri.
Adanya tumor yang tumbuh bisa menekan saraf di perut Anda, yang menyebabkan rasa sakit yang bisa menjadi parah. Obat nyeri bisa membantu Anda merasa nyaman.

2. Penyakit kuning.
Munculnya penyakit Kanker pankreas yang menghalangi saluran empedu hati dapat menyebabkan penyakit kuning. Tanda-tanda bisa terlihat termasuk kulit dan mata kuning, urine berwarna gelap, dan tinja berwarna pucat.

3. Berat Badan Menurun.
Gejala kanker pancreas juga menunjukan berat badan anda yang berkurang. Mual dan muntah yang disebabkan pengobatan kanker atau tumor menekan perut Anda yang bisa membuat Anda sulit untuk makan. Atau tubuh Anda mungkin mengalami kesulitan dalam memproses nutrisi dari makanan karena pankreas tidak membuat cukup cairan pencernaan di dalam tubuh anda.

Mengkonsumsi sejensis Suplemen enzim pankreas bisa anda terapkan untuk membantu pencernaan. Sementara itu menjaga berat badan Anda dengan menambahkan kalori ekstra di mana Anda bisa dan menjadikan waktu makan menyenangkan dan santai.

4. Obstruksi usus.
Penyakit dan gejala Kanker mematikan ini yang tumbuh ke dalam atau menekan pada usus kecil (duodenum) dapat memblokir aliran makanan yang dicerna dari lambung ke dalam usus Anda.

5. Adanya anda sering merasa Depresi

6. Terjadi pembekuan darah di dalam tubuh.
Penyakit ini memang membuat tantangan para dokter agar bisa menemukan gejalanya sedini mungkin. Seorang dokter tidak dapat melihat atau merasakan tumor selama pemeriksaan rutin. Untuk membantu membuat diagnosis (dan menentukan pengobatan yang paling tepat), tes pencitraan yang dilakukan (seperti USG atau CT scan) untuk melihat gambar perut dan menentukan sejauh mana masalah yang ada di akibatkan oleh gejala munculnya kanker pancreas tersebut.

Daerah hijau yang ditampilkan dalam berwarna CT scan menunjukkan kanker di pankreas dan hati. Diagnosis berasal dari biopsi – mengambil sampel jaringan dari tumor yang dilakukan baik dengan jarum melalui kulit atau selama operasi.

Pengobatan Yang di sarankan untuk penderika Kanker Pankreas :
Untuk melakukan pengobatan terhadap kanker pancreas ini, biasanya di lakukan proses radiasi dan kemotrapi, pengobatan semacam ini memang bersifat umum untuk mencegah berkembangnya penyakit kanker satu ini di dalam tubuh seseorang. Jika Memang memungkinka maka proses melakukan Pembedahan dapat digunakan dalam beberapa kasus, tetapi biasanya untuk pembedahan hanya sebuah pilihan jika kanker belum menyebar keseluruh bagian tubuh penderita.

Demikian Informasi kesehatan Mengenai Penyakit mematikan Sejenis Kanker Pankreas ini yang sebaiknya anda perhatikan gejala – gejalanya agar bisa menghindari terkena serangan penyakit berbahaya ini.

Baca juga: 7 Makanan sehat Untuk Jantung