Penyebab Kenapa Anak Susah Makan

Penyebab Kenapa Anak Susah Makan
Penyebab Kenapa Anak Susah Makan – Ilustrasi Image

Kenapa anak susah makan? Mungkin ini menjadi pertanyaan yang juga sekaligus menjadikan para orang tua menjadi was-was dan bingung, padahal sebelumnya ketika si kecil masih berusia dalam rentang 1 – hingga 10 bulan sangat lahap sekali mengkonsumsi ASI maupun olahan makanan lunak untuk anak lainnya. Ketika mendapati Anak susah makan memang perlu bagi para ibu untuk mencari tahu penyebabnya kenapa anak susah makan, biasanya keadaan anak susah makan ini terjadi setelah si anak mulai menginjak usia 11 – 12 Bulan keatas.

Bagi anda yang masih bingung kenapa anak susah makan secara tiba-tiba dan mulai menolak segala bentuk makanan yang ditawarkan kepada mereka, sebelumnya yang perlu diperhatikan oleh anda sebagai orang tua ketika mendapati perubahan nafsu makan pada anak adalah mengenali gejala penyebab anak  susah makan, setelah diketahui baru kemudian mulai mencari cara mengatasi anak susah makan dengan cara yang sesuai dan sehat tentunya.

Ketahuilah bahwa ada dua faktor utama yang menjadi penyebab kenapa anak susah makan yaitu karena faktor fisik dan faktor psikis si anak.

Faktor Fisik yang menyebabkan anak susah makan dikarenakan si anak sedang dalam gangguan kesehatan fisik mereka seperti ada organ – organ tertentu yang membuat mereka menjadi tidak bisa makan dan menolak diberikan makanan. Seperti gangguan gigi dan pencernaan serta ada ifeksi pada tubuh anak

Faktor Psikis yang menjadikan kenapa anak susah makan adalah karena suasana nafsu makan mereka memang sedang tidak ada, kurang selera dengan menu yang diberikan atau sudah bosan dengan menu yang selalu sama dari bayi hingga menjelang usia dewasa mereka.

Selain dari kedua faktor umum yang menjadi penyebab kenapa anak susah makan diatas, ada beberapa hal serius yang perlu dikenali oleh orang tua saat mendapati si anak susah makan, diantaranya sebagai berikut:

1. Anak sedang mengalami perubahan (Picky Eater)

Ketika anak dalam masa perubahan ini atau disebut dengan istilah Picky eater, maka si anak akan susah makan dikarenakan mereka sedang dalam masa perubahan memilih menu makanan favorite mereka.

Anak susah makan karena sebab dalam pemilihan makanan ini biasanya terjdi dalam rentang usia 2 – 6 tahun, maka perhatikanlah bentuk makanan dan rasa makanan yang akan diberikan kepada mereka, tidak ada salahnya si bunda untuk melakukan berbagai percobaan dalam mengolah makanan sehat untuk menemukan makanan yang menjadi kesukaan sianak.

2. Anak Merasa Selalu Kenyang

Penyebab kenapa anak susah makan dalam kasus ini si anak selalu merasa kenyang padahal belum pernah terlihat makan makanan yang berkualitas menambah gizi si anak, ketika anak selalu merasa dalam kondisi kenyang, maka orang tua perlu mencari tahu apakah anak sebelumnya pernah ngemil camilan manis atau es krim dan biskuit.

Saat anak telah banyak memakan camilan manis maka ini menjadi penyebab kenapa anak menjadi susah makan karena selalu merasa kenyang, untuk itu sebaiknya orang tua memperhatikan jadwal makan dan bentuk camilan si anak agar menghindari kasus pada anak yang selalu merasa kenyang padahal belum memakan makanan yang seharunya mereka makan secara wajib untuk pertubuhan.

3. Anak Alergi makanan

Karena usia dini mereka belum bisa menjelaskan apa itu alergi dan ketidak cocokan dengan makanan yang diberikan, terkadang mereka hanya diam saja saat ditawarkan makanan seperti biasanya. Padahal memang sebenarnya mereka alergi dan tidak cocok dengan menu makanan tersebut, karena beberapa kasus pada anak yang susah makan tidak cocok dengan makanan yang mengandung telur yang menyebabkan kulit mereka menjadi gatal-gatal.

Alergi makanan juga bisa berasal dari faktor genetik, jika hal ini terjadi maka orang tua anak juga perlu menghindari makanan yang dihindari oleh orang tuanya terhadap anak agar tidak alergi.

4. Anak Sensitif terhadap rasa Dan Aroma makanan

Penyebab lainnya yang terkadang membuat anak susah makan karena mereka sangat sensitif terhadap rasa dan aroma makanan yang diberikan, dalam kasus ini ketika anak menolak untuk disuruh makan mereka hanya bisa menutup mulut dan hidung mereka karena tidak suka dengan aroma dan rasa makanan tersebut.

Perhatikan masakan anda apakah memang cocok dari segi rasa dan aroma untuk anak anda, karena jika tidak sesuai justru akan membuat mereka menolak disuruh makan bahkan bisa muntah seketika.

5. Anak Mengalami Refluks gastroesofagus (GER)

Ketika anak menolak makan dikarenakan mereka mengalami refluks gastroesofagus mereka akan terlihat muntah padahal sejatinya tidaklah demikian, mereka hanya mengeluarkan cairan dari dalam perut mereka karena terlalu penuh, Anak yang mengalami gangguan seperti ini akan menjadi rewel dan suka nangis kalau diberikan makanan. Kondisi anak mengalami gangguan GER ini biasa terjadi pada usia balita mereka dan si orang tua harus konsultasi kedokter agar nanti diberikan Obat yang mengandung antasid, cimetidine, ranitidine, omeprazole atau lansoprazole.

Selain itu saat anak habis diberi asupan asi atau makanan penunjang gizi lainnya sebaiknya jangan langsung disuruh tidur setelah makan, biarkan mereka melakukan aktivitas selama 30 menit setelah makan.

6. Anak dalam kondisi kurang sehat

Beberapa kasus umum yang menjadi penyebab kenapa anak susah makan dikarenakan mereka dalam keadaan kurang sehat seperti sedang sakit gigi, sariawan dan demam.

Baca: 5 Tips Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini Agar tetap Stabil Setiap Hari

Cobalah cari tahu apakah anak anda sedang dalam sakit gigi atau sariawan dan demam atau dalam kondisi sakit lainnya.

7. Anak mulai mencari perhatian dari orang tua

Penyebab anak susah makan lainnya karena sedang membutuhkan perhatian atau lagi caper, jika anak anda menolak makan karena minta perhatian cobalah untuk memberikan apresiasi kepada mereka agar mau makan, misal memberikan hadiah khusus pada jadwal makan tertentu atau diajak jalan – jalan sambil makan.

8. Anak mulai memiliki selera makan baru

Anak bisa menjadi susah makan karena mulai memiliki selera makan baru, terkadang mereka sudah tau kalau makanan biasa selagi balita menjadikan mereka menjadi bosan dan mulai bisa menentukan sendiri makanan yang menarik bagi mereka.

Baca Juga: Inilah 8 Menu Makanan Sehat Untuk Sarapan Pagi

Jika anak anda susah makan karena hal ini cobalah untuk membuat makanan berbeda, jangan lagi samakan makanan mereka dengan ketika masih balita. Bisa Memberikan makan dengan tambahan sayuran atau buah- buahan segar.

Itulah delapan penyebab kenapa anak susah makan yang sering terjadi, perlu juga diketahui bahwasanya ketika anak susah makan tidaklah seperti mitos yang banyak berlaku dikarenakan anak sudah mulai mengijak usia tahun pertama, Padahal apabila anda lebih bisa dalam membuat kreasi makanan bagi anak anda maka bukanlah hal sulit untuk menumbuhkan nafsu makan anak dengan mudah dan normal kembali seperti biasanya.