Peristiwa Maut Pada Musim Haji Di arab Saudi 28 Tahun Terkahir

1412

Peristiwa Di Makkah Arab Saudi

Makkah, Arab Saudi – Peristiwa jatuhnya fasilitas berat crane di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi sampai saat ini dikabarkan telah menewaskan setidaknya 108 orang dan menyebabkan lebih dari 200 orang lainnya luka-luka. Musibah ini sebaiknya kita tanggapi dengan pikiran fositif serta menghindari adanya fitnah menyebar baik pendapat dan kabar miring lainnya terkait insiden di Makkah Al Mukarramah Jumaat kemarin.

Bukan hanya sebatas yang barusan terjadi kemarin musibah yang terjadi di Makkah, Arab Saudi karena berdasarkan dari berbagai sumber data kejadian di Masjidil Haram juga sebelumnya pernah terjadi hal – hal lainnya selama 28 Tahun terakhir di Musim haji, diantaranya ialah :

  • Tahun 1990: Tragedi paling buruk menewaskan 1.426 jamaah yang terinjak-injak di sebuah terowongan penuh sesak menuju Makkah.
  • Tahun 2006: lebih dari 360 jamaah meninggal akibat terinjak-injak saat sedang menjalani ritual lempar jumroh di Mina, yang terletak sekitar lima kilometer dari Makkah.
  • Tahun 1994: Sebanyak 270 orang meninggal akibat terinjak-injak saat ritual lempar jumroh di Mina.
  • Tahun 1987: Sebanyak 402 orang tewas dalam bentrokan antara para jamaah calon haji dari Iran dengan aparat Arab Saudi. Menurut catatan pemerintah Arab Saudi, para korban terdiri dari 275 warga Iran, 85 warga dan aparat Saudi serta 42 korban tewas lainnya merupakan jamaah calon haji dari negara-negara lain. Lebih dari 600 orang lainnya luka-luka dalam peristiwa itu.
  • Tahun 1997: Sekitar 340 jamaah tewas dalam kebakaran di tenda-tenda haji di Mina. Kebakaran diperparah oleh angin kencang yang bertiup saat itu. Lebih dari 1.500 orang lainnya luka-luka saat itu.
  • Tahun 1998: Sekitar 180 jamaah tewas terinjak-injak massa yang panik setelah beberapa dari mereka jatuh dari jembatan layang saat melakukan ritual lempar jumrah di Mina.
  • Tahun 2001: Aksi saling dorong dan desak-desakkan di Mina menyebabkan 35 jamaah haji meninggal akibat terinjak-injak massa. Insiden fatal tersebut terjadi di hari terakhir prosesi haji tahun itu.
  • Tahun 2004: sebanyak 244 jamaah meninggal ketika para jamaah berdesak-desakkan di Mina. Ratusan orang lainnya luka-luka dalam insiden di hari terakhir prosesi haji tersebut.

Dan tentunya juga yang terakhir adalah Peristiwa terpaan Angin badai Pasir dan hujan Es yang menyebabkan jatuhnya Crane di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Jumat ( 11/9/2015) pukul 17: 00 Waktu KSA.
Semoga dibalik Insiden ini kita semua bisa mengambil Hikmah dengan Bijak serta tidak menjadikannya ajang Bully dan opini negative lainnya. Karena Apapun yang terjadi semuanya telah menjadi taqdir di Sisi Allah Ta’ala. Source : detik.com & berbagai sumber lainnya.