PT KAI Telah Luncurkan Kereta Kesehatan Pertama Di Indonesia

1111

Rail Clinic, Kereta kesehatan Pertama di Indonesia telah diluncurkan

Rail Clinic Kereta Kesehatan
Kereta kesehatan balum lama ini telah resmi diluncurkan oleh KAI, acara peresmian pada 12/12/2015 lalu di langsung dipimpin oleh Direktur utama PT KAI, Edi Sukmoro. Kereta kesehatan ini dinamakan dengan “ Rail Clinic “. Kereta kesehatan ini selain menjadi yang pertama di Indonesia juga telah mendapatkan piagam penghargaan dari MURI ( Museum Rekor Indonesia ) yang langsung diserahkan oleh Pendiri MURI, Jaya Supratna. Kehadiran Rail Clinic merupakan salah satu program CSR KAI untuk membantu masyarakat Indonesia khususnya bagi mereka yang berada di daerah – daerah terpencil yang mengalami kesulitan untuk menggunakan kendaraan bermotor.

 

 

Menurut Edi Sukmoro, hadirnya kereta kesehatan juga merupakan bentuk dari membantu program pemerintah dalam mewujudkan layanan kesehatan yang mudah bagi masyarakat Indonesia.

Kereta Kesehatan

Dengan adanya Rail Clinic ini, kami berharap dapat membantu pemerintah untuk memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat di daerah bencana atau daerah-daerah yang tak terjangkau oleh kendaraan bermotor. Ini adalah salah satu bentuk komitmen PT KAI sebagai organisasi perusahaan yang dapat memberikan nilai tambah yang tinggi bagi masyarakat,” ujar Edi Sukmoro sebagaimana dilansir pada laman 108jakartadotcom.

 

 

Selain memang diperuntukan untuk memudahkan layanan kesehatan masyarakat kereta kesehatan ini juga sebagai layanan bagi para pegawai yang nantinya bisa digunakan untuk kepentingan bersama seperti membantu dalam memberikan pertolongan cepat tanggap pada situasi yang gawat darurat. Pada kesempatan yang sama Edi juga memberikan himbauan kepada seluruh rakyat Indonesia untuk ikut serta dalam menjaga dan merawat Rail Clinic, agar senantiasa bisa terus beroprasi memberikan pelayanan kepada masyarakat karena kereta ini juga merupakan fasilitas publik yang harus dijaga dan dilestarikan.

 
Rail Clinic dalam memudahkan untuk beroperasi memberikan layanan kepada masyarakat dengan menggunakan lokomotif, namun kereta ini tetap mengandalkan tenaga Rel Diesel (KRD). Rail clinic juga telah dilengkapi dengan fasilitas seperti Toilet yang dihadirkan dalam nuansa yang sangat ramah lingkungan.

 

 

Kereta kesehatan ini juga hadir dengan fasilitas ruang Monitoring dokter, Ruang Emergency, Pemulihan, Laboratorium, pemeriksaan gigi,ibu hamil dan bersalin. Serta pemeriksaan umum tidak terkecuali juga Edukasi dan pelayanan Farmasi. Sehingga kehadiran kereta api layanan kesehatan ini akan bisa memberikan layanan yang maksimal bagi masyarakat indoneisa. Semoga Kareta ini akan terus terjaga dan kita semua bisa saling mambantu dalam merawat fasilitas publik ini sebagai bentuk kepedulian akan kemajuan bangsa Indonesia.

 

Baca Juga : Ini Lho Keistimewaan Naik Kereta Api Di Belanda