PUBLIC RELATION

24081

Pengertian Public Relation

Public Relation
Public Relation

Public relation adalah salah satu dari elemen penting dalam kegiatan marketing mix dan lebih spesifik masuk dalam komponen promosi mix, bagi seorang pembisnis atau pemilik perusahaan menggunakan strategi promosi mix pada bagian public relation sangatlah penting dalam membangun citra positif atau pandangan baik dari masyarakat secara luat terhadap perusahaan yang bersangkuan. Istilah untuk membangun citra baik dengan masyarakat inilah yang di sebut dengan public relation.

Pengertian Public relation secara garis besar adalah srategi perusahaan untuk membangun hubungan baik dengan public agar bisa mendapatkan opini yang positif dari kalangan masyarakat di sekitarnya.

Baca : Pengertian Marketing Mix

Sedangkan pengertian public relation menurut para ahli berikut akan kami hadirkan beberapa pendapat para pakar manajemen pemasaran terkait dengan pengertian public relation:

Bettrand R Canfield, 1964, hal 4 : Public Relations adalah fungsi manajemen dimana manajemen mengevaluasi perilaku masyarakat, mengidentifikasi dan mencari tahu minat masyarakat kemudian menyusun program dan melaksanakannya untuk menciptakan pengertian di masyarakat.

Teguh Meinanda, 1989 : 36 (The British Institute Of Public Relations) : “Public Relations adalah “Keseluruhan upaya yang dilangsungkan secara terencana dan berkesinambungan dalam rangka menciptakan dan memelihara niat baik dan saling pengertian antara suatu organisasi dengan segenap khalayaknya”.

Lembaga Public Relations di Amerika Serikat mendefinisikan : Public Relations adalah “Usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja guna membangun dan pengertian timbal – balik antara organisasi dan masyarakatnya”.

Kita juga bisa membuat definisi Public relation atau Hubungan masyarakat merupakan salah satu elemen promosi perusahaan dalam kegiatan marketing mix. Hubungan masyarakat merupakan komunikasi perusahaan dan pembentukan hubungan dengan kelompok-kelompok yang memangku kepentingan berbeda diantaranya: konsumen, karyawan, pemegang saham, pemerintah dan kelompok-kelompok sosial yang berbeda.

Tren pasar kontemporer mengharuskan perusahaan untuk berpindah dari komunikasi berkala untuk terus menerus komunikasi menjalin hubungan dengan masyarakat melalui cara yang terorganisir dan terencana. Tujuan utama dari hubungan publik adalah membangun prestise dan citra melalui komunikasi formal.

Baca : Pengertian Iklan

Ada beberapa sarana atau media public relation yang bisa di manfaatkan oleh perusahaan atau kalangan pembisnis yang ingin membangun public relation secara baik diantaranya :

  • Koran & Majalah
  • konferensi pers
  • Acara yang disponsori
  • Siaran pers
  • Bantuan Ahli untuk tujuan Public Relation
  • Mengadakan acara social
  • Memanfaatkan media tv,radio agar bisa menceritakan citra baik perusahaan.

Dalam public relation ada istilah yang di kenal dengan Publisitas untuk membangun sebuah citra terkadang perusahaan tidak harus memintanya dalam pulisitas ini, karena biasanya mereka bersifat spontanitas. Namun kita sebagai pemilik atau pengelola perusahaan harus berhati – hati terhadap publisitas ini.

publisitas adalah manifestasi spontan penerbitan informasi positif, tidak diprakarsai oleh perusahaan. Publisitas dianggap sebagai bagian dari hubungan masyarakat, karena berfungsi untuk tujuan bersama. Publisitas ditunjukkan melalui berita, cerita, kolom surat kabar, komentar editor dan lain sebagainya. Sayangnya, ada publikasi negatif juga. Pemberitaan yang bersifat negatif, artikel atau komentar yang publikasikan secara spontan oleh media jika kita tidak jeli mengontrol perusahaan kita maka bisa jadi yang tersiarkan kepada masyarakat atau public adalah hal – hal negative.

System public raltion yang mendapatkan publisitas negative akan berdampak pada penurunan penjualan atau nama baik sebuah prusahaan, hal ini bisa saja karena hal yang sepele, seperti keasan produk yang rusak, gambar yang tidak menarik dan tidak sesuai, atau juga ada mengandung hal – hal yang menyebabkan kerugian bagi konsumen.

Untuk menyikapi publisitas negative ataupun positif pihak perusahaan harus bisa membangun komunikasi yang baik dengan para penggerak media seperti Koran, majalah, televise berita dll. Agar mereka tidak sembarangan menyebarkan informasi terkait perusahaan kita sehingga akan mempengaruhi opini public secara luas dan cepat. Jika anda bisa menggait pihal media secara baik maka mereka akan berada di bawah kendali anda ketika ingin meng ekspose berita tentang citra perusahaan milik anda.

Sangat penting sekali untuk memperhatikan system marketing public relation bagi perusahaan kita, karena kita tidak akan bisa bergerak dengan mulus untuk memajukan perusahaan apabila hubungan dengan masyarakat luas tidak terjalin dengan baik, baik untuk mendapatkan citra, opini positif dan juga untuk menjaga keamanan perusahaan kita berada di tengah – tengah masyarakat. Perusahaan yang bisa membangun hubungan baik atau public relation secara professional akan mampu mendapatkan dukungan penuh dari kalangan public baik di dalam maupun dari luar.

Baca Juga :
Pengertian Manajemen Pemasaran
Pengertian Sistem Informasi Pemasaran