Internet Banking Permudah Transaksi Online

Internet Banking
Internet Banking bagi sebagian orang mungkin sudah bukan lagi menjadi hal asing, terutama bagi yang sudah sangat akrab dengan dunia internet, karena internet Banking dari namanya saja kita sudah bisa menebak kalau sistem kerjanya sangat erat kaitannya dengan dunia internet.
Internet Banking merupakan istilah lain dari proses transaksi bersama bank dari nasabah ke bank atau bank ke nasabah. Dalam dunia internet banking ada banyak lagi istilah transaksi lainnya yang termasuk dalam fasilitas yang membantu permudah proses transaksi bersama bank, seperti istilah Virtual Account Bank, Virtual Banking, Cyberbanking, home banking dan juga Online banking, dimana semua istilah tersebut mengarah ke titik yang sama yaitu transaksi bank yang dilakukan secara online tanpa harus pergi ke kantor bank terlebih dahulu. Karena dengan aplikasi bernama internet banking kita bisa melakukan transaksi bank dimanapun, kapanpun dalam situasi apapun selama bisa terkoneksi dengan jaringan internet, Internet Banking punya nama lain yaitu E-Banking atau Perbankan Elektronik.

 

Pengertian dari Internet Banking Itu sendiri sangat simple yaitu proses melakukan transaksi, pembayaran serta transaksi lainnya melalui internet dengan website atau aplikasi dari Bank yang dilengkapi dengan keamanan yang kuat.
Tersedianya layanan internet banking bukanlah ada begitu saja melainkan telah diatur sedemikian rupa dengan adanya undang-undang tentang layanan jasa internet banking pada UU No.0/15/PBI/2007 Tahun 2007 tentang penerapan manajemen resiko dalam penggunaan teknologi Informasi Oleh bank umum.

 

Adanya fasilitas internet banking sangat memberikan manfaat dan kemudahan bagi para nasabah bank, karena dengan adanya sistem internet Banking kita tak perlu lagi harus lama ngantri panjang di bank secara langsung, kita tak harus jauh-jauh pergi mencari kantor bank pusat.
Diantara Manfaat dan Layanan yang tersedia pada Internet Banking adalah :

  • Pengecekan saldo
  • Transfer uang
  • Pembayaran tagihan
  • Pemindahbukuan
  • Pembelian pulsa dan pembelian lain
  • Serta transaksi lainnya yang berhubungan dengan bank

Untuk bisa mengakses dan menggunakan layanan internet banking kita harus terlebih dahulu memiliki kartu ATM lalu kemudian mengaktifnnya terlebih dahulu dimesin ATM atau langsung di bank bersangkutan. Setelah terdaftar di Online Banking barulah kita bisa melakukan berbagai transaksi sesuai layanan yang disediakan oleh bank yang menyediakan Layanan Internet Banking.
Selain Bisa mendaftar layanan internet Banking Kita juga bisa mendaftar SMS Banking, fungsinya tak jauh tak jauh beda, kita juga bisa transfer dana, bisa melakukan pembayaran dan lain sebagainya.

 

Mungkin anda masih ragu akan keamanan akun bank di Internet Banking, perlu diketahui bahwa sistem keamanan akun sangat ketat yang digunakan oleh pihak bank, hanya saja memang seiring berkembangnya kecanggihan teknologi serta banyaknya bermunculan para Hacker kita harus lebih wasapada saat melakukan Login di akun Online Banking yang kita punya agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

 

Itu sebabnya masing – masing bank penyedia layanan E-Banking selalu memberikan himbauan agar nasabah lebih berhati-hati dalam melakukan transaksi via internet banking, jangan sampai asal melakukan login dari aplikasi yang tidak terpercaya dan belum mendaptkan ijin digunakan.

 

Saat ini masing-masing bank semuanya sudah menyediakan layanan Internet Banking, seperti Bank BCA, Bank BNI, Bank MANDIRI, BANK BRI dan Bank lainnya.

 

E-Banking juga memiliki aplikasi Mobile banking tersendiri jika ingin menginstal di Ponsel Smartphone kita, masing-masing bank penyedia layanan E-Banking telah menyediakan aplikasi sendiri-sendiri, dan yang perlu diwasapadai adalah saat memilih aplkasi Internet banking dari APP Play Store jangan sampai asal instal dan login dengan aplikasi yang belum jelas sumbernya. Untuk itu jika ingin menggunakan aplikasi internet banking yang paling aman adalah langsung menggunakan Aplikasi dari Pihak bank dimana kita punya Akun Bank disana. Selain aplikasi setiap bank juga punya situs resmi yang bisa kita gunakan untuk mengakses dan login ke akun bank kita langsung dari situs resmi masing-masing yang kita ada kaitannya kesana.

 

Setelah mendaftar internet Banking ataupun Mobile Banking kita juga sebaiknya minta fasilitas pendukung Internet Banking Yaitu Token Banking yang berfungsi untuk melakukan transaksi diluar pengecekan Saldo dan pengecekan lainnya. Karena untuk bisa melakukan transaksi seperti transfer dan pembayaran harus menggunakan Token Banking.

 

Intinya adalah dengan memiliki akun layanan Internet Banking kita akan lebih mudah dan terbantu sekali dalam melakukan transaksi keuangan Bank tanpa harus pergi ke kantor bank lagi.