Rahasia Sukses Membangun Bisnis Bersama Teman ala Cera Production

962

Sukses membangun bisnis bersama teman merupakan impian banyak orang. Terlebih bagi mereka yang sudah berteman sejak kecil, tentu harapan untuk bisa sukses bersama di masa depan seringkali muncul dalam angan. Merasa cocok dan saling mengenal satu sama lain membuat kita berpikir bahwa teman tersebut adalah partner yang bisa dipercaya dan mau berjuang bersama.

Rahasia Sukses Membangun Bisnis Bersama Teman Ala Cera Production

Namun ironisnya, sebagian besar bisnis yang dibangun bersama teman selalu hancur ditengah jalan atau mundur teratur secara perlahan. Alasannya pun beragam mulai dari perbedaan pendapat, perebutan hak hingga rasa iri yang muncul seiring usaha yang berjalan. Kalau sudah seperti ini, bukan hanya bisnis yang berantakan, hubungan pertemanan pun dipertaruhkan.

Meski begitu bukan berarti membangun bisnis bersama teman adalah sesuatu hal yang mustahil. Nyatanya tak sedikit juga perusahaan yang di dunia bahkan di Indonesia yang dibangun bersama teman namun masih langgeng dan terus maju sampai sekarang. Salah satunya adalah Cera Production.

Cera Production merupakan sebuah perusahaan percetakan dan produsen souvenir perusahaan ternama di Yogyakarta. Mulai berdiri sejak tahun 2009 oleh 3 sekawan yakni Rizal Kasim, Finna, dan Kurniawan. Hingga kini Cera Production masih bertahan dan terus maju menjadi perusahaan dipercaya menjadi mitra penyedia souvenir perusahaan dan kebutuhan cetak berbagai perusahaan multinasional. Lembaga pemerintahan hingga institusi pendidikan ternama di Indonesia.

Sukses membangun bisnis bersama teman tentu bukan hal yang mudah. Ada semacam mitos yang mengatakan bahwa berbisnis bersama teman hanya akan kompak di awal dan pecah ketika bisnis sudah berjalan. Hal ini pun rupanya bukan tidak pernah terjadi di Cera Production, namun rupanya Rizal dan kawan-kawan memiliki sebuah cara rahasia bagaimana mereka bisa tetap rukun dan terus membangun Cera Production bersama.

Dan untungnya kami berhasil mengorek rahasia tersebut langsung dari salah satu founder Cera Production yakni Rizal Kasim. Berikut adalah Rahasia sukses Membangun Bisnis bersama teman ala Cera Production :

1. Hanya Ada Satu Jendral

Meskipun bisnis ini dibangun dan dimiliki bersama, namun kita hanya bisa memiliki satu jendral yang memimpin. Perlu kebesaran hati dari masing-masing pihak untuk memilih dan mengangkat satu orang pemimpin.  Biasanya orang ini akan menjadi bintang atau ikon dari perusahaan yang dijalankan sehingga kita perlu cermat dalam memilih siapa yang menjalankan amanat tersebut.

Namun bukan berarti Anda yang tidak menjadi pemimpin tidak menjadi orang yang penting. Ibarat bagian tubuh, jika peran pemimpin ialah menjadi kepala maka ia tak akan bisa hidup dan bergerak tanpa bagian tubuh lainnya. Maka jika Anda ada dalam posisi tersebut, jangan berkecil hati karena tidak menjadi pemimpin, namun banggalah karena kehadiran Andalah tubuh itu menjadi lebih utuh.

2. Bagi-bagi Kue Sesuai Porsinya

Membangun bisnis bersama teman artinya kita harus siap berbagai. Berbagi beban kerja, kesulitan dan tentunya berbagi penghasilan. Membagi job desk pekerjaan, hak  hingga wewenang masing-masing pihak perlu diperjelas dan disepakati agar tidak menimbulkan kesalahpahaman dan masalah di waktu mendatang. Siapa yang melakukan apa? Berapa dan sejauh mana kompensasi dan hak yang ia miliki? Serta lain sebagainya.

Di Cera Production sendiri, sebelum memiliki tim sebanyak sekarang. Sejak dulu mereka membagi tugas dimana Rizal sebagai Pemimpin sekaligus yang menangani pemasaran, Finna dalam urusan keuangan dan legal, dan Wawan yang mengatur segala hal yang berkaitan dengan produksi dan operasional bisnis Cera Production.

Dan hal penting lainnya setelah membagi jobdesk dengan sejelas mungkin adalah percaya dan memberikan tanggungjawab sepenuhnya kepada teman atau partner usaha Anda. Percayalah bahwa mereka akan mengerjakan pekerjaannya sebaik mungkin.

3. Buat Dinding Pemisah Urusan Bisnis dan Pribadi

Pertemanan adalah hubungan yang sangat lekat dengan emosional, sementara menjalankan bisnis harus dengan rasional. Meski bisnis dijalankan bersama teman yang sudah kita kenal, namun dalam bisnis kita harus tetap professional menjalankan pekerjaan.

Dalam semua hubungan apalagi pertemanan tentu tak jarang ada masalah yang terjadi. Nah saat hal itu terjadi, apabila memang tidak ada sangkut pautnya dengan bisnis. Maka kita harus tetap bertindak professional, jangan sampai ketika hubungan pertemanan sedang kurang baik perusahaan yang sudah dibangun susah payah menjadi korban. Begitu pula sebaliknya.

4. Komunikasi dan Mau Kompromi

Komunikasi adalah hal yang sangat penting dalam sebuah orgaanisasi. Membangun bisnis bersama teman artinya kita harus menerima bahwa teman kita juga memiliki hak atas perusahaan tersebut. Meskipun Anda menjadi pemimpin perusahaan, adalah hak dari teman Anda untuk mengusulkan pendapat, atau hanya sekedar mengetahui kondisi dan keputusan yang akan Anda ambil sekalipun.

Anda harus mau berkompromi dan mendengarkan pendapat dari teman Anda. Salah satu kunci dalam kompromi yang dilakukan Rizal di Cera Production adalah membedah setiap ide atau keputusan yang diusulkan. Setelah semuanya tahu kelebihan dan kekurangan dari tiap keputusan mereka akan mengambil Keputusan yang resikonya paling kecil untuk bisnis”.

Adapun jika ternyata keputusan yang diambil bersifat gambling atau tidak pasti. Maka mereka sudah sepakat apapun yang terjadi resikonya akan ditanggung bersama.

Sebelum mengakhiri tulisan ini saya ingin menutup artikel ini dengan sebuah quotes yang menginspirasi saya untuk membangun bisnis bersama teman, berikut Kata Motivasi Sukses yang Kami maksud.

Gambar Kata Motivasi Sukses Membangun Bisnis

Itulah Rahasia sukses Membangun Bisnis Ala Cera Production. Mulai sekarang tengok kanan kiri, siapa tahu ada teman kita yang bisa sekaligus teman seperjuangan kita dalam membangun bisnis.

SHARE
Previous articleIni Dia Penyebab Banjir Bandang di Garut
Next articleBegini Cara Mengamankan Handphone dari Hacker
Kirim tulisanmu ke lebahmaster.com - suarakan inspirasi dan aspirasimu yang bersifat membangun. jadikan setiap kata dalam tulisanmu penuh manfaat bagi banyak orang. Tulisan Sahabat adalah space khusus untuk memuat tulisan hasil dari aktivitas jurnalistik para sahabat pembaca yang dikirim ke lebahmaster, baik dengan mendaftar terlebih dahulu maupun dikirim ke email: redaksi@lebahmaster.com