Wujudkan Janji Kampanye, Rumah DP 0 Rupiah Resmi Di Bangun dan Harganya Segini

172

Rumah DP 0 Rupiah Resmi Di Bangun

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Resmikan Rumah DP 0 Rupiah

Rumah DP 0 Rupiah yang pernah menjadi salah satu janji kampanye Gubernur DKI jakarta dan Wakilnya Sandiaga Uno sudah diresmikan pembangunannya. Peresmian pembangunan apartemen program rumah DP Rp 0 pertama di Jakarta oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terjadi pada hari Kamis (18/1/2018) di lokasi pembangunan berada di Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Rumah DP 0 Rupiah ini dibangun dengan konsep apartemen yang bernama ‘Klapa Village’ terletak di Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Pada acara peresmian pembangunan pertamarumah DP 0 Rupiah turut hadir pula dalam peresmian Wakil Ketua DPRD DKI M. Taufik, Asisten Sekda DKI Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup Gamal Sinurat. Rumah Rp0 ini ditargetkan akan ada sebanyak 700 unit apartemen yang akan segera bisa dipasarkan ke masyarakat.

Lamanya proses pembangunan rumah Dp 0 Rupiah ini diperkirakan akan selesai dalam kurun waktu 1,5 tahun kedepan, hal tersebut seperti dikatakan oleh Dirut Pembangunan Sarana Jaya Yoory C Pinontoan. Pembangunan Rumah Rp 0 pertama ini akan dibagi menjadi dua apartemen diatas tanah seluas 1,4 Hektar.

Proyek ini dibangun di atas 1,4 hektar. Terdiri dari tower, rencana pembangunan akan selesai pada 1,5 tahun,” kata Jaya Yoory C Pinontoan.

Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno, sebelumnya juga pernah mengatakan bahwa nantinya proyek pembangunan rumah Dp 0 rupiah ini menjadi percontohan untuk hunian DP Rp 0 lainnya. Untuk proyek yang pertama itu Pemprov DKI Jakarta menggandeng BUMD PD Pembangunan Sarana Jaya.

BUMD boleh sebagai agen development, tapi kami ingin libatkan swasta bukan hanya untuk program rumah tapi juga kebutuhan lainnya,” kata Sandiaga, Rabu (20/12/2017).

Lokasi Pembangunan Rumah DP 0 Rupiah Klapa Village Jakarta Timur
Anies tiba di lokasi pembangunan apartemen yang bernama ‘Klapa Village’ di Jalan Haji Naman, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Kamis (18/1/2018). (Foto: Muhammad Fida ul Haq/detikcom)

Harga Rumah DP 0 Rupiah “Klapa Village” Jakarta Timur

Harga rumah Rp 0 ini menurut Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tidaklah mahal, karena warga yang memiliki penghasilan Rp 7 juta nanti bisa mampu membeli rumah DP 0 rupiah ini.

Kita berharap dalam jangka pendek BLUD akan bisa selesai. Tadi saya dengan pak kepala dinas insya Allah April BLUD yang urusi ini akan tuntas dan skema FLPP yg akan kita gunakan akan dilaksanakan dan rumah-rumah ini dapat dijangkau warga yang berpenghasilan di bawah Rp 7 juta,” kata Anies saat pidato di acara Groundbreaking Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa Village, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Proyek pembangunan rumah DP 0 rupiah ini dikerjakan oleh PT Pembangunan Sarana Jaya dan PT Totalindo Eka Persada, Jumlah rumah Dp 0 rumah yang di konsep apartemen sederhana mirip rumah susun ini akan tersedia sebanyak 703 unit dengan dua tipe.

513 unit ukuran 36 m2 dan 190 unit ukuran 21 m2,” katanya.

Rumah DP 0 Rupiah ini dihargai mulai Rp 185 juta hingga Rp 320 juta per unit. Sedangkan untuk tipe rumah Dp 0 rupiah ini ada beberapa di antaranya tipe 36 meter persegi dan tipe 21 meter persegi.

Harga yang ditawarkan untuk rumah dp 0 rupiah yang baru saja diresmikan pembangunannya ini yaitu Rp 320 juta untuk tipe 36 m2 dan Rp 185 juta untuk tipe 21 m2.

Kami percaya harga ini terjangkau untuk warga Jakarta,” tutur Anies di acara Groundbreaking Rumah DP Rp 0 di Pondok Kelapa Village, Jakarta, Kamis (18/1/2018).

Semoga proses penyelesaian pembangunan rumah dp0 persen ini dimudahkan dan membawa banyak manfaat bagi warga DKI Jakarta secara khusus yang masih kesulitan untuk memiliki rumah hunian.