Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil Penyebab dan Cara Pencegahannya

1064

Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil Penyebab dan Solusi Mengatasinya

Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil
Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil

Sakit Pinggang Pada Ibu Hamil adalah keluhan yang sangat umum sekali dialami oleh para bumil muda dan tua, bisa dibilang sakit panggang saat hamil adalah keluhan yang akan dialami para ibu hamil baik hamil muda maupun hamil tua, karena disamping menahan beban berat janin dan juga akibat aktivitas yang berlebihan.

Keluhan sakit pinggang pada ibu hamil mencapai angka 50% hingga 70% yang mengalaminya, itu artinya ketika kamu mengalami sakit painggal saat hamil jangan sampai membuat bunda panik karena hal itu sudah lumrah terjadi.

Sakit Pinggal pada Ibu hamil bisa dirasakan oleh semua angkatan usia wanita yang sedang dalam kondisi masa hamil. Penyebab yang paling sering membuat sakit pinggal pada ibu hamil adalah karena terlalu banyak beraktivitas yang membuatnya letih serta karena postur tubuh yang tidak benar baik saat tidur maupun ketika mengangkat benda berat.

Baca: JAWABAN DOKTER : IBU HAMIL MANDI MALAM APAKAH BOLEH?

Secara medis keluhan Sakit Pinggal Pada ibu hamil bisa juga disebabkan oleh beberapa hal berikut:

  • Berubahnya Arah Gravitasi Perut: Pada masa hamil bunda akan mengalami perubahan arah perut yang makin besar kedepan dan secara otomatis akan membuat postur tubuh menjadi berubah ke arah belakang demi menahan Perut agar tetap lurus.
  • Adanya peningkatan Hormon: saat dalam masa hamil maka bunda akan melepaskan hormon yang bisa membuat Ligamen ( Penunjang rahim bagian pinggul akan menjadi lembut dan sendi – sendi menjadi longgar dari biasanya untuk mempersipakan jalur kelahiran sang calon bayi). Adanya perubahan pada pinggul inilah yang memicu sakit pinggang pada ibu hamil.
  • Bertambahnya berat badan yang harus bunda topang juga menjadi pemicu adanya sakit pinggal saat hamil. Karena selain berat badan bunda juga tambahan dari berat badan janin di dalam perut.
  • Strees meningkat: Saat hamil terutama bagi ibu hamil muda yang baru akan mengalami strees mungkin karena takut, atau lainnya juga menjadi penyebab timbulnya sakit pada pinggal ibu hamil.
  • Postur tubuh yang tidak tepat saat berdiri dan membukuk ketika melakukan aktivitas juga menyebabkan sakit pinggul saat hamil, bahkan tidak hanya saat hamil sekalipun. Posisi tubuh yang terlalu membukuk kedepan atau kebelakang juga membuat orang sakit pinggang.

Adapun penyebab keluhan sakit pinggang pada ibu hamil diatas bisa dilakukan pencegahan secara aman dengan beberapa Tips mengurangi sakit pinggang saat hamil berikut Ini:

  • Jangan Menggunakan Sandal Atau sepatu Berhak Tinggi, Pilihlah sepatu atau sandal yang tidak membuat anda berdiri menjingjing atau merubah postur tubuh bunda menjadi miring.
  • Jangan terlalu beraktivitas yang berlebihan, karena aktivitas berlebihan akan membuat bunda menjadi lelah dan letih, hingga menimbulkan sakit pinggang yang terasa nyeri.
  • Menjaga posisi tidur, Bunda sebaiknya tidur dalam posisi miring agar tidak menjadikan beban perut menimbulkan sakit pinggang. tidur dengan posisi miring dengan lutut terlekuk dan menaruh bantal dilekukan lutut bunda serta di bagian perut. Sekarang juga sudah ada lho bunda bantal khusus ibu hamil yang bisa membanu kenyaman tidur saat hamil.
  • Melakukan terapi komplementer, hasil penelitian menunjukan dengan melakukan terapi sakit pinggal berupa terapi akupuntur bisa membantu mengatasi sakit pinggal pada ibu hamil.
  • Terapi bernama Chiropractic bisa menjadi alternatif lain yang bisa membantu meringankan keluhan sakit pinggang semasa hamil.
  • Kompres pinggang dengan air hangat bisa menjadi alternatif meringankan nyeri pinggang. Biasanya dilakukan dengan es pack yang bergantian dengan kopres hangat pada bagian punggung, bahkan juga bisa melakukan pijat refleksi pada ahli pijat bumil.
  • tetaplah juga menjaga pola makan dengan memakanan makanan sehat yang cocok untuk ibu hami, Bisa baca disini: 10 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Itulah Bunda Penyebab adanya keluhan sakit pinggang pada ibu hamil yang sering menjadi gejala awal timbulnya rasa sakit. Tetap cerdas ya bunda menjaga kesehatan janin, jangan sampai salah langkah mengatasi rasa sakit pinggang saat hamil agar kesehatan bunda tetap terjaga begitu pun dengan si calon buah hatinya.

Lihat Juga: Belajar Kebaikan Dari Kehidupan Lebah