Sarapan untuk Ibu Hamil, Sudahkah Memenuhi Kriteria Berikut?

431

Sarapan Untuk Ibu Hamil

Kehamilan tentunya jadi hal yang ditunggu-tunggu bagi Anda dan pasangan. Segala perhatian akan tercurahkan demi kesehatan ibu hamil dan si calon bayi. Salah satunya, mengenai asupan makanan. Sarapan menjadi hal yang penting bagi hamil untuk energi menjalani aktivitas sehari-harinya. Sebelum memutuskan menu apa yang akan Anda konsumsi waktu sarapan. Tentunya, Anda akan mencari informasi mengenai makanan yang baik untuk ibu hamil demi terpenuhinya asupan gizi ibu hamil dan janin. Lalu, seperti apa kriteria sarapan yang baik bagi ibu hamil? Cek daftar berikut ini, yuk!

1. Serat

Sepertinya semua sepakat ya kalau serat sangat berguna bagi sistem pencernaan kita. Selain melancarkan pencernaan, serat juga memastikan nutrisi dari apa yang kita makan terserap dengan baik, lho.

Cara mendapatkan nutrisi ini juga mudah kok. Anda bisa mendapatkan serat yang cukup dari buah-buahan yang Anda suka, seperti beri-berian, pisang, jeruk, melon, dan apel sebagai sumber serat. Jangan lupa, buah-buahan ini juga kaya akan vitamin yang membantu fungsi-fungsi tubuh berjalan lancar, lho.

2. Lemak sehat

Sabar dulu, saat membaca kata lemak di atas. Jenis lemak yang satu ini baik, kok. Lemak sehat atau lemak tidak jenuh dijamin tidak akan membuat Anda kelebihan berat badan, justru penelitian membuktikan bahwa lemak jenis ini cenderung menghilangkan tumpukan lemak yang ada di bawah kulit

Lemak sehat merupakan salah satu kriteria sarapan yang baik untuk ibu hamil mengingat nutrisi ini sangat baik untuk perkembangan sel otak calon bayi. Sesuai dengan temuan para peneliti, bayi Anda akan terhindar dari risiko cacat.

Selain itu, lemak sehat ini bisa didapat dengan mudah di sekitar Anda, lho. Anda bisa mendapatakannya dengan mengonsumsi makanan seperti ikan salmon, ikan sarden, kacang-kacangan, beri-berian, alpukat, dan minyak zaitun untuk mencukupi kebutuhan si ibu hamil beserta calon bayinya.

3. Kalsium

Yup, Anda pasti sudah mengetahui bahwa manfaat kalsium bagi tulang sangatlah besar. Begitu juga bagi kesehatan ibu hamil. Kalsium ini harus menjadi menu wajib bagi ibu hamil. Pasalnya, janin sangat membutuhkan nutrisi tersebut untuk pertumbuhan tulang, gigi, jantung, saraf dan otot sang calon bayi.

Selain didapatkan dari susu, menu-menu seperti keju dan yogurt terbukti kaya akan kandungan kalsium. Jadi, jangan lupa memasukkannya dalam menu sarapan harian Anda, ya.

3. Zat besi

Tahukah Anda, penelitian dari Academy of Nutrition and Dietetics mengungkapkan kalau salah satu masalah nutrisi yang sering ditemui ibu hamil adalah kekurangan zat besi. Padahal, zat besi ini sangat penting untuk sistem peredaran darah, termasuk untuk pembentukan hemoglobin. Sistem imun tubuh juga turut meningkat seiring dengan suplai zat besi yang cukup sehingga membuat Anda lebih jarang terserang penyakit.

Padahal, zat besi bisa Anda dapatkan dengan mudah dari daging dan makanan laut, lho. Nah, jika Anda merasa sulit untuk memasukkan menu tersebut sebagai sarapan, Anda tidak harus mengonsumsinya setiap hari. Cukup dua hingga tiga kali saja dalam satu minggu. Nah, untuk kebutuhan zat besi harian, Anda bisa mendapatkannya dengan mengonsumsi kacang-kacangan atau sayuran hijau, seperti bayam.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Pastikan kandungan-kandungan tersebut tidak sampai luput dimasukkan ke dalam menu makan pagi Anda setiap hari,ya! Pastinya menjadi keinginan setiap ibu hamil, kan, agar selalu berkondisi prima selama mengandung sang buah hati?