Cerpen Sebuah Semangat Untuk Kehidupan Anak – Anaknya

Sebuah Semangat Perjuangan Untuk Anak
Ilustrasi Gambar – Semangat Perjuangan Orang Tua Untuk Anak – Anaknya

Kesadaran bahwa pendidikan begitu sangat berharaga dan penting untuk anan-anak nya dan kewajiban dalam cari ilmu menjadi sebuah semangat untuk anak nya agar menjadi seorang yang sukses kelak agar tak seperti dirinya, Joni seorang lelaki paruh baya tak mengenal rasa lelah demi memperjuangkan anak nya,ia bekerja apapun yang bisa mendapatkan uang yang banyak,asalkan uang yang dapat diterima halal,joni akan melakukan nya, demi sekolah anak nya.

 

 

Anak nya yang sedang kuliah di salah satu universitas negri di padang, bermodalkan hasil dari pekerjaan ayah nya dari mengumpulkan brodolan sawit yang tidak dikumpulkan oleh pemilik kebun, karna sipemilik kebun tau bahwa dengan cara itu mungkin bapak joni bisa mengumpulkan uang untuk biaya sekolah anak nya, joni harus membayar uang kos, belanja dan uang kuliah anak nya.

 

 

Di sebuah desa yang bernama alahan duku,dimana pak joni tinggal di sebuah rumah mungil bersama 2 orang anak nya yang masih kecil,dan seorang istri yang selalu memberi semangat kepada pak joni, itulah membuat joni selalu semangat dalam mencari uang,  Setiap pagi pukul 8 joni sudah bersiap siap untuk mencari brondolan, dia harus mencari kebun siapa saja yang sudah di panen, kadang pak joni hanya mendapatkan 10 kilo dalam satu buah kebun, dalam satu hari. Kadang kurang dari itu.

 

 

Selain dari mencari brondolan, pak joni juga mencari barang barang bekas untuk dijual,seperti kardus, alat2 dapur orang sudah tidak layak guna, pak joni mengutip nya dan menjualnya ketempat penjual barang-barang bekas. Selain itu pak joni juga mencari sayuran liar yang untuk bisa dijual ke pasar-pasar seperti Pakis. Dari penjualan pakis tersebut lebih banyak mendapatkan uang dari pada barang bekas.

 

 

Meskipun dia seorang pekerja yang tak jelas,dia begitu mengerti betapa berartinya pendidikan bagi anak-anak nya,dia paham bahwa perkembangan zaman yang sekian lama bertambah maju, jika anak-anak nya tidak mengenyam pendidikan maka akan jauh tertinggal,semua ini ia lakukan memang sudah menjadi kewajiban sebagai kepala rumah tanggat dan orang tua untuk mencukupi kebutuhan keluarga dan menyekolahkan anak nya.

 

 

Dengan kehidupan nya yang seperti itu ada banyak yang perhatian dan ada juga yang pesimis kepada pak joni, mereka meremehkan dia mana mungkin seorang pekerja yang tak jelas itu mampu menyekolahkan anak nya ke perguruan tinggi,karna tak sedikit biaya yang di butuhkan untuk sekolah yang tinggi. Sedikit bercerita tentang desa nya, tak banyak anak-anak muda yang mau melanjutkan sekolahnya, walaupun dia memiliki ekonomi yang tergolong baik, karna sebagian orang tua masih belum mengerti pentingnya menuntut ilmu,begitu juga dengan anaak-anaknya, yang tersirat oleh masyarakat itu hanya bagaiman mendapatkan kerja hanya bermodalan Ijazah SMA.

 

 

Pak joni bersyukur anak-anak nya mengerti akan pendidikan, ia hanya perlu mendukung dan mendoakan serta memberi kebutuhan yang dibutuhkan oleh anaknya, pak joni yakin dimana ada kemauan pasti ada jalan, tuhan akan memberi rezeki untuk orang yang berusaha dan selalu meminta kepada tuhan. tak mau kalah dengan anak nya pak joni juga menuntut ilmu dengan cara nya sendiri dengan selalu membaca al-quran yang bisa membuat hati nya damai dan tentram serta fikiranya.

 

 

Seorang guru yang profesional,yang bisa memberikan ilmu kepada orang lain, mendidik ,memotivasa, mencerdaskan dan mencerahkan adalah sebuah pekerjaan yang sangat di impikan oleh joni kepada anaknya, selain mendapatkan dari pekerjaan yang mulia itu,juga bisa mendapatkan pahala disisi Allah. Anak pak joni yang bernama Nadya itu memang juga bercita cita sebagai guru sesuai dengan keinginan sang ayahnya. Pak joni sangat merasa senang dan bangga terhadap anak nya, karna nadya adalah salah satu siswa undangan, dya juga termasuk anak yang pintar dan kreatif maka dari itu pak joni selalu berusaha mati-matian demi anak nya itu.

 

 

Setelah lulus dari universitas anak pak joni kini telah mehonor di suatu sekolah sebagai guru dan SK nya pun sudah keluar. Selain dari menjadi guru nadya jga membuat sebuah toko untuk ayahnya agar tidak bersusah payah lagi mencari brondolan atau barang bekas lagi, pak joni sekrang sudah memiliki kehidupan yang lebih baik dan berbahagi dengan keuarga kecilnya. Ia membuktikan bahwa tak ada yang tidak mungkin diatas dunia ini asalkan mau berusaha dan selalu meminta kepada tuhan.

 

Ditulis dan dikirim oleh : FJARNI MAIZIRINA

 

Baca Cerpen Lainnya : Cita-Cita yang Tercapai By Fitriani

 

SHARE
Previous articleHuawei Akan perkenalkan Smartwatch Untuk Wanita
Next articlePonsel Keren Bisa dicuci dengan Sabun
Kirim tulisanmu ke lebahmaster.com - suarakan inspirasi dan aspirasimu yang bersifat membangun. jadikan setiap kata dalam tulisanmu penuh manfaat bagi banyak orang. Tulisan Sahabat adalah space khusus untuk memuat tulisan hasil dari aktivitas jurnalistik para sahabat pembaca yang dikirim ke lebahmaster, baik dengan mendaftar terlebih dahulu maupun dikirim ke email: redaksi@lebahmaster.com