Harga Sebungkus Rokok Di Australia

Lebahmaster.com – Merokok sebabkan kanker tenggorokan, demikian peringatan yang tertera dalam bungkus rokok. Gambar orang dengan tenggorokan yang kena kanker pun ikut tertera di bungkus rokok.

Semua itu, adalah cara agar orang ‘ngeri’ beli rokok, lantas berikhtiar untuk berhenti. Tulisan berisi peringatan lainnya yang tertera di bungkus rokok adalah : dilarang menjual/memberi pada anak usia dibawah 18 tahun dan perempuan hamil. Ya, rokok memang tak baik bagi kesehatan. Akan banyak timbul macam penyakit akibat rokok, salah satunya kanker tenggorokan, seperti yang tertera dalam bungkus rokok.

Namun faktanya, masih banyak orang yang merokok. Bahkan kabarnya kian meningkatkan saja jumlah perokok di Indonesia. Kenapa begitu? Boleh jadi karena harga rokok di Indonesia, bisa dikatakan terbilang murah. Dan, di Indonesia, rokok bisa dijual ketengan alias bisa dijual per batang.

Harga rokok di Indonesia, berkisah 15 sampai 20 ribuan satu bungkus. Dengan duit 15 ribu, orang bisa beli satu bungkus rokok berisi 12 batang. Di hotel atau bandara, harga rokok lebih mahal lagi, ada yang menjual dengan harga Rp 25.000 per bungkus, bahkan ada yang menjual 35.000 per bungkus.

Tapi, meski agak mahal, tetap saja banyak pembelinya. Tak hanya itu aturan rokok juga kian diperketat. Tak boleh lagi ada iklan yang terang-terangan memperlihatkan wujud rokok. Pun di jalan, iklan rokok banyak yang dilarang. Event olahraga juga banyak yang melarang masuknya sponsor dari industri rokok. Tidak hanya itu, kampanye anti rokok kian gencar.

Tempat-tempat merokok pun makin dibatasi. Di terminal, di stasiun, tidak lagi di sembarang tempat bisa merokok. Jika ingin merokok, harus di tempat sempit yang telah disediakan. Maskapai pesawat juga sudah memberlakukan larangan merokok. Begitu juga dengan kereta api, semua bebas rokok.

Di Australia, harga sebungkus rokok tak seperti di Indonesia. Di sebuah situs berita, saya baca, harga sebungkus rokok di negeri Kanguru mencapai Rp 290. 000 jika dirupiahkan. Satu bungkus rokok di negeri Kanguru, berisi 25 batang. Harga satu bungkusnya 15 poundsterling atau jika dikonversikan pada rupiah sekitar Rp 290 ribu, demikian berita yang saya baca di portal berita Tempo.co. Harga yang sangat mahal untuk ukuran orang Indonesia. Boleh jadi, bila di Indonesia harga sebungkus rokok sama dengan Australia, banyak orang yang tadinya perokok berpikir seribu kali untuk membelinya. Mungkin saja kan….

Sudah Bosan Merokok?

Baca : 8 Cara Agar Berhenti Merokok Dengan Mudah