Sederhananya Jenderal M Jusuf, Rumahnya Pun Tanpa AC

1979

Lebahmaster.com, Tokoh : Jendral M Jusuf – Jangan pernah membayangkan rumah-rumah pejabat atau politisi, seperti rumah sederhana tipe 36. Rumah para pejabat dan politisi sekarang ini, mewah-mewah dan mentereng.

Jendral M Jusuf

Halamannya luas. Pagarnya tinggi-tinggi. Garasinya lebar, memuat beberapa unit mobil. Lokasinya di tempat elit, atau komplek perumahan terkenal. Fasilitasnya pun jangan ditanya. Apalagi kualitas bangunannya. Semuanya nomor satu. Tentunya mahal-mahal.

Bagaimana dengan rumah pejabat atau politisi zaman baheula? Memang tak tepat juga membandingkan zaman sekarang dengan era dulu. Tapi, sebagai bahan pelajaran, tak ada salahnya diperbandingkan.

Ternyata banyak pejabat dan tokoh penting zaman baheula yang hidupnya sederhana. Rumahnya biasa saja. Tidak mewah. Bahkan ada beberapa yang minim fasilitas. Padahal, jika dilihat dari jabatan yang disandangnya, bisa saja dia hidup mewah, dengan rumah bak istana.

Salah satunya adalah Jenderal M Jusuf. Jenderal asal tanah Bugis ini, pernah jadi orang penting di republik ini. Pernah jadi menteri, pernah jadi Panglima ABRI (TNI sekarang-red), pernah jadi Menteri Pertahanan dan pernah jadi Ketua BPK. Namun Jenderal Jusuf, hidupnya sederhana. Tentang kesederhanaan Jenderal Jusuf, TB Silalahi mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Menpan) punya cerita tersendiri.

Dalam buku berjudul, ” TB Silalahi Bercerita tentang Pengalamannya“, yang ditulis oleh, Atmadji Sumarkidjo, Letnan Jenderal Purnawirawan TB Silalahi, mantan Menpan bercerita, suatu waktu ia dapat telepon dari Jenderal Jusuf. Sebagai mantan anak buahnya di tentara, menerima telepon dari mantan atasan tentu sesuatu yang istimewa. Apalagi mantan atasannya itu pernah punya ‘jasa besar’ dalam karirnya. Kala itu, TB sedang dikaryakan jadi Sekjen di Departemen Pertambangan dan Energi.

Ketika itu Jenderal Jusuf menelponnya. Mantan Pangab yang juga eks Menhankam itu mengabarkan sedang kesulitan. Aliran listrik di rumahnya mati atau sedang rusak. Mendengar itu, hati TB Silalahi teriris. Seorang mantan Pangab, bahkan seorang yang pernah jadi Menteri Pertahanan, listri di rumahnya tak ada yang ngurus.

Ia pun langsung menelpon PLN, meminta agar aliran listrik di rumah Jenderal Jusuf di perbaiki. Bahkan sekaligus, agar dipasangkan AC atau pendingin udara, karena dia mendengar rumah Jenderal Jusuf tanpa AC. Kata TB, biaya akan ditanggung dia, dan dikirim setelah semua selesai.

Beberapa hari kemudian Jenderal Jusuf menelponnya. Sang Jenderal berterima kasih karena sekarang aliran listrik di rumahnya sudah pulih kembali. Tapi mengenai AC, Jenderal Jusuf menolaknya. Dan ini jawaban Jenderal Jusuf yang membuat TB Silalahi terharu.

Tapi tidak usah kau pasangi AC, kami sudah terbiasa hidup tanpa AC,” kata Jenderal Jusuf seperti ditulis TB Silalahi dalam bukunya.

Baca Juga: Anak Yatim Itu Kini Sudah Jadi ‘Orang Penting’ di Indonesia