Smartfren Menjadi Pionir Layanan 4G+ di Sulawesi Selatan

Layanan Jaringan 4G Terluas

Lama dikenal sebagai operator telekomunikasi berbasis teknologi CDMA, sejak 2015 kemarin Smartfren kian gencar menunjukkan taringnya sebagai pemain di ranah 4G LTE. Pembangunan BTS dilakukan secara besar-besaran di berbagai wilayah nusantara.  Bahkan dibandingkan tiga operator telekomunikasi seluler besar lainnya, Smartfren justru menjadi pihak yang melangkah lebih awal.

Boleh dibilang, saat itu publik memang masih awam terhadap layanan 4G LTE. Karena itu, tantangan terbesar Smartfren justru melakukan edukasi pada masyarakat Indonesia. Selagi tiga pemain lainnya masih belum berfokus pada teknologi ini, Smartfren tentu memiliki beban yang lebih berat sebagai pionir.

Namun hanya berselang dua tahun, siapa yang tak mengenal 4G LTE? Terutama di kota-kota besar, kebutuhan akses internet dengan kecepatan yang lebih cepat menjadi kebutuhan yang tidak terelakkan. Kini, tantangan Smartfren pun tidak berkurang. Alih-alih merasa santai, justru pembangunan infrastruktur dan peningkatan kualitas layanan menjadi PR besar yang harus segera dituntaskan.

Sebagai langkah nyata, semenjak 2016 kemarin Smartfren telah melakukan cukup banyak menonaktifkan layanan CDMA di beberapa tempat. Tentu saja, efisiensi ini dilakukan di daerah-daerah yang memang sudah sangat kecil memiliki pelanggan berbasis CDMA. Beberapa kawasan di Pulau Sumatra menjadi target utama lantaran memang jumlah pelanggannya yang berada di bawah standar—terutama yang sudah berada di bawah angka ratusan.

Tentu saja, pihak internal Smartfren juga telah melakukan perhitungan yang matang untuk melakukan efisiensi ini. Operator ini pun tidak memaksa pelanggannya untuk beralih ke platform 4G. Meski demikian, imbauan dan tindakan persuasi tetap dilakukan. Sebagai contoh, mereka memberikan notifikasi pada pelanggan lama yang belum bermigrasi dengan memberikan potongan harga untuk pembelian perangkat Andromax 4G.

Di tahun 2017 ini, jaringan 4G juga terus dikembangkan oleh Smartfren. Yang terbaru, Smartfren telah memfokuskan usaha mereka di Sulawesi Selatan. Tidak tanggung-tanggung, operator yang baru bekerja sama dengan Huawei untuk memberikan fasilitas MiFi lebih baik ini telah melakukan konversi infrastrukturnya besar-besaran.

Dari 516 BTS Smartfren yang ada di Sulawesi, kini sudah hampir 100 persen menyediakan layanan 4G. Sebanyak 500 BTS siap mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang menginginkan bersafari di internet dengan kecepatan tinggi. Sebagaimana yang diungkapkan Regional Head Smartfren Sulawesi Selatan dan Kalimantan, Yose Tireza Arizal, mereka ingin menjadi operator seluler yang menyediakan internet 4G sepenuhnya di Sulawesi Selatan.

Selain infrastruktur, Smartfren juga menyediakan penjualan kartu internet 4G besar-besaran di Sulawesi Selatan. Di beberapa daerah, layanan 4G+ bahkan telah marak diberikan. Hal ini tentu membuat Smartfren lagi-lagi mengungguli kompetitornya. Pasalnya, belum ada satu pun operator lainnya yang telah menyediakan layanan 4G+ di Sulawesi Selatan.

Sesungguhnya, Smartfren telah beroperasi di dunia digital sejak tahun 2011 meski kala itu gaungnya belum terlalu kencang. Barulah empat tahun kemudian, di 2015, mereka bermanuver dengan meluncurkan layanan 4G Advanced pertama di Indonesia.

Nah, untuk menunjang kecanggihan 4G LTE ini, pastikan nomor Smartfren Anda senantiasa terisi. Anda pun kini bisa mendapatkan pulsa Smartfren dengan lebih praktis.

Melalui situs web Traveloka, Smartfren memberi kemudahan bagi pelanggannya untuk melakukan top-up secara mandiri. Anda tidak perlu lagi repot-repot pergi ke ATM, gerai minimarket atau kios pulsa. Lewat satu aplikasi dalam genggaman, masalah sederhana kehabisan pulsa yang dapat memberi efek masif dapat diselesaikan dengan mudah.

Ada beberapa pilihan paket pulsa Smartfren di Traveloka yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan, mulai dari 50.000 sampai 500.000. Masa aktifnya pun berbeda-beda. Untuk pulsa 50.000, 60.000, 100.000, 150.000, 200.000, 300.000, dan 500.000 masing-masing memiliki masa aktif selama 60, 75, 120, 150, 150, 180, dan 240 hari.

Membeli pulsa Smartren di Traveloka juga sangat mudah. Agar lebih efisien, gunakan saja aplikasi untuk mobile yang sudah tersedia di Google Play Store. Anda dapat mengunduhnya dengan gratis dan tidak perlu takut akan menghabiskan memori penyimpanan.

Jika aplikasi sudah terinstal, buka dan pilih menu Top Up & Data yang berada di deretan menu utama. Setelah itu, masukkan nomor Smartfren dan pilih paket yang dibutuhkan. Anda akan diarahkan pada laman konfirmasi identitas. Masukkan nama, nomor ponsel, dan alamat e-mail pada tiap kolom yang tersedia.

Selanjutnya, Anda akan melihat perincian total yang harus dibayarkan. Tenang saja, tidak ada biaya tambahan lainnya yang dikenakan. Bahkan, jumlah yang harus dibayarkan pun lebih murah daripada pilihan paket yang Anda beli. Seperti contoh, jika Anda membeli paket pulsa Smartfren 50.000, harga yang perlu Anda bayarkan hanya sebesar Rp49.500,00. Terlebih apabila memiliki kupon khusus, Anda bisa memasukkannya dan mendapat potongan harga lebih besar. Lebih hemat, bukan?

Terakhir, Anda hanya perlu melakukan pembayaran. Anda bisa melakukannya via transfer, kartu kredit, internet banking, atau langsung ke gerai Alfamart atau Indomaret terdekat.