Strategi Pemasaran Agar Pelanggan Setia

3952

Strategi Pemasaran Agar Tidak Kehilangan Pelanggan

Strategi Pemasaran
Strategi pemasaran Untuk Memikat Pelanggan

Strategi pemasaran bukanlah ilmu roket yang bisa dengan sendirinya bisa melejit dan mendatangkan banyak pelanggan yang setia terhadap bisnis anda, menjaga konsumen jauh lebih sulit ketimbang anda mencari pelanggan baru, oleh sebab itu penting dan sangat perlu sekali anda untuk mengenali strategi pemasaran yang baik terhadap pelanggan.

Ada banyak strategi pemasaran produk yang bisa anda terapkan dalam menjalin hubungan dengan konsumen agar tetap setia kepada anda, mereka yang bisnisnya tidak akan pernah mati karena bisa menjaga hubungan baik dengan pelanggan tentunya itu semua bisa di dapatkan caranya dengan mempelajari strategi pemasaran bisnis yang tepat terhadap pelanggan.

Ada beberapa hal terkait dengan strategi pemasaran yang perlu anda perhatikan dalam hal memberikan pelayanan kepada pelanggan anda, apa saja?.. berikut strategi pemasaran yang bisa anda praktekan langsung terhadap bisnis yang sedang berjalan:

Membuatkan Nota Catatan bagi Palanggan
Nota penjualan penting untuk anda perhatikan, jangan melihat apakah toko atau bisnis anda kecil atau besar, personalisasi surat penjualan yang di berikan kepada pelanggan akan lebih membuat mereka merasa di hargai dan mampu membuat opini di pikiran bawah sadar mereka bahwa toko anda benar – benar professional berjalan dengan terus terang.

Baca : Istilah – Istilah Dalam Dunia Marketing Dan Contohnya

Promosi terus menerus
Setiap kali anda melakukan promosi atau beriklan jangan hanya sekali tindakan saja, anda harus paham bahwa ada jutaan pesaing di luaran sana yang terus berusaha berada di atas anda. Kalau anda melihat iklan di tv yang selalu di lakukan terus menerus hal itu berfungsi untuk mengingatkan konsumen agar mereka tidak lupa bahwa ada anda dan produk yang di tawarkan.. perhatikan juga produk yang hanya di iklankan sekali saja lama kelamaan akan hilang dan bahkan hilang juga dari ingatan pelanggan mereka sampai benar – benar hilang dari peredaran.

Jangan Abaikan ATM
Anda mungkin sering mendangat istilah ATM baik dalam membangun bisnis ataupun melakukan strategi pemasaran, ATM ( Amati, Tiru, Modifikasi ). Jangan malau untuk meniru strategi pemasaran yang di lakukan oleh pembisnis besar diatas anda, jika tidak boleh meniru anda bisa melakukan modifikasi tentunya yang lebih baik dari yang mereka lakukan. Anda juga bisa mengambil pelajaran dimana anda berkerja untuk bisnis anda, perhatikan cara mereka melakukan strategi pemasaran ketika anda sedang bekerja disana lalu terapkan dalam bisnis anda.

Berikan Reward
Mengirim pelanggan Anda hadiah tak terduga, bahkan jika itu hanya uang dari kupon untuk layanan atau biaya selain produk waktu berikutnya yang akan mereka beli. Banyak sekali para pembisnis yang sering melakukan hal ini, misalkan mengirimkan bunga, kado kue dll. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengikat pelanggan mereka, terkadang meskipun hanya memberikan ucapan selamat atas keberhasilan pelanggan mereka atau menanyakan keadaan itu sudah merupakan bentuk dari penghargaan atau reawadr bagi pelanggan.

Jangan Menjatuhkan Harga Produk Anda – Meningkatkan layanan Anda
Strategi Pemasaran dengan memberikan Penambahan sederhana dengan produk atau jasa seperti bungkus kado, layanan rehabilitasi atau jaminan diperpanjang dapat meningkatkan nilai produk Anda, dengan biaya sedikit. Sementara pesaing Anda mungkin menghabiskan waktu mencoba untuk menjatuhkan harga produk mereka ini kesempatan bagi anda akan terus naik lebih tinggi dari mereka dengan terus meningkatkan pelayanan terbaik anda terhadap pelanggan.

Baca : 6 Jurus Cara Memikat Hati Pelanggan Bisnis Anda

Luangkan lebih banyak waktu dengan pelanggan Anda.
Meluangkan waktu disini bukan berarti anda harus berjalan – jalan dengan mereka, tapi sebagaimana telah disinggung sedikit diatas bahwa anda harus punya waktu untuk mendengarkan keluhan dan masukan dari mereka, luangkan waktu untuk menanyakan apa yang pelanggan inginkan dari produk anda bisa di lakukan via email, telpon, media social atau aplikasi chating lainnya, dengan begitu anda akan lebih tahu apa yang di inginkan pelanggan bisnis anda. Jika anda rajin meluangkan waktu untuk mendengarkan pendapat pelanggan maka anda juga akan tahu dimana letak kekurangan dan kelebihan bisnis anda. Namun demikian anda juga tetap harus menyaring apa yang disampaikan oleh mereka, jangan di telan mentah – mentah anda bisa menyaring dan mempertimbangkannya atau menjadikannya referensi untuk menjai evaluasi lebih baik bagi perkembangan bisnis anda kedepannya.

Ingatlah bahwa dalam strategi Pemasaran, pelanggan yang bisa terus bersama anda juah lebih berharga di bandingkan pelanggan yang banyak namun hanya sesaat saja membeli produk bisnis anda. So.. selalu tingkatkan strategi pemasaran produk anda.

You May Also Like :
Pengertian Manajemen Pemasaran