Jakarta – Menteri Dalam Negeri ( Mendagri ) Tjahjo Kumolo Menegaskan Bahwa e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik berlaku Seumur Hidup walaupun pada e-KTP yang anda miliki sekarang di dalammnya tertera tanggal sudah kadaluarsa atau habis masa berlakunya.

Keputusan terkait e-KTP yang berlaku seumur hidup ini ditegaskan juga oleh pihak Mendagri dengan memberikan Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 470/296/SJ, tertanggal 29 Januari 2016. Surat edaran tersebut ditujukan kepada seluruh kepala Daerah yang menyebutkan bahwa keputusan ini dibuat sebagai amanat dari Undang-undang Nomor 24 Tahun 2013 pasal 64 ayat (7) huruf a. Pasal ini menyebutkan, KTP el untuk warga negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup.

E-KTP Berlaku Seumur Hidup

Dalam undang-undang yang sama pasal 101 hruf c juga menyebut KTP-el yang diterbitkan sejak 2011 berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walaupun masa berlakunya habis.

Jadi bagi Anda yang masa berlaku e-KTP-nya habis, tidak perlu mengurus perpanjangan karena e-KTP tersebut masih tetap bisa digunakan,” kata Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo seperti dilansir situs Setkab.go.id, Sabtu (30/1/2016).

Lebih Lanjut Mendagri Tjahjo Kumolo menyarankan kepada seluruh masyarakat jangan mau memberi uang kepada calo ataupun oknum petugas untuk membuat atau memperpanjang e-KTP. Sebab, e-KTP yang sudah kedaluwarsa pun masih sah dan tetap berlaku.

“Anda tak perlu takut dan khawatir ditolak saat menunjukkan e-KTP sewaktu ada razia kepolisian ataupun pada saat mengurus surat-surat penting di kantor atau lembaga mana pun,” ujar politisi PDI-P ini.

Tjahjo mengaku sudah mengirimkan surat edaran kepada semua kementerian dan lembaga serta semua kepala daerah untuk mengingatkan lagi soal e-KTP yang berlaku seumur hidup ini.

Ketentuan ini sudah diatur dalam UU 24/2013 yang tertuang dalam Pasal 64 ayat 7a yang mengamanatkan e-KTP masa berlakunya seumur hidup.

Tjahjo merasa perlu menyampaikan hal ini karena dalam beberapa kasus, ada yang masih belum tahu soal aturan tersebut. Akibatnya, banyak warga yang melakukan perpanjangan e-KTP dan dipungut biaya oleh calo atau pun petugas.

Warga yang KTP elektronik-nya masa berlakunya habis, selama itu tidak rusak, tidak usah melakukan perpanjangan. Itu berlaku seumur hidup,” kata Tjahjo.

Selain Keputusan dan Surat Edran dari Mendagri Tjahjo Kumolo, Informasi di Berlakukannya e-KTP atau Kartu Tanda Penduduk Elektronik seumur Hidup juga di pertegas oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri Zudan Fakrulloh, Belaiu menambahkan surat edaran itu diperlukan karena banyak masyarakat yang sampai saat belum mengetahui kebijakan ini.

“Penyedia layanan seperti bank dan notaris serta kepolisian belum tahu KTP elektronik yang ada masa berlakunya tidak perlu diperpanjang,” ujarnya seperti dilansir Beritasatu.com.

Alasan tak perlu perpanjangan e-KTP ini adalah penghematan anggaran. “Setelah dihitung tim perumus ada penghematan Rp4 triliun per tahun,” kata staf Ahli Bidang Politik, Hukum, dan Hubungan Antar Lembaga Kemendagri, Reydonnyzar Moenek seperti dilansir Kemendagri.go.id.

Berikut Surat Edaran dari Mendagri terkait e-KTP Berlaku Seumur Hidup

Suarat Edaran Menteri Dalam Negeri
Surat edaran Mendari tentang KTP seumur hidup. © http://www.dukcapil.kemendagri.go.id

Hal lain yang berkenaan dengan e-KTP atau KTP-E untuk kedepannya ialah Anda hanya perlu mengganti KTP, jika KTP Anda rusak, hilang, atau ada perubahan alamat, dan status. Jadi, Tidak ada istilah Perpanjangan lagi, bila ada yang meminta anda untuk melakukan perpanjangan terkain e-KTP maka hal tersebut dipastikan ulah dari para Oknum yang ingin meminta uang kepada anda semata.

Demikian informasi terkait surat edaran dari Menteri Dalam negeri Tjahjo Kumolo terkait telah di putuskan berlakunya E-KTP untuk Seumur hidup. Silahkan diSebar Luaskan Agar Semua Segera tahu.