Software Untuk Mempermudah Belajar Matematika

Penjelasan Software Animasi Matematika

Lebahmaster.com – Gabungan teknologi komunikasi dan pendidikan kali ini melahirkan terobosan dalam bentuk software “Animasi Matematika”. Software ini bertujuan untuk mendorong semangat, meningkatkan minat serta menghasilkan prestasi siswa dalam mata pelajaran matematika pada setiap jenjang pendidikan.

 

Menurut Suwato Komala seorang dosen yang membuat “Animasi Matematika”, software animasi matematika mengkombinasikan pendekatan model pembelajaran yang berfokus kepada siswa dalam lingkungan pembelajaran interaktif (interactive learning environment) yang memanfaatkan kemajuan teknologi informasi (computer assisted information). Animasi Matematika kini telah menampung lebih dari ribuan contoh soal berikut pembahasannya sebagai referensi siswa. Sehingga dapat mendorong kemampuan belajar mandiri dan menciptakan efisiensi waktu penguasaan materi. Tidak hanya itu, software ini juga mampu melakukan penilaian (scoring) atas hasil kerja siswa. Dengan begitu guru dan orang tua dapat melihat langsung perkembangan siswa secara berkesinambungan.

 

 “Selama lebih dari 30 tahun mengajar dan 15 tahun terakhir menyusun program ini, saya telah banyak menyaksikan tantangan dalam proses belajar-mengajar matematika, baik terhadap siswa, guru bahkan orang tua,” kata Suwato dalam sebuah wawancara, di Jakarta.

 

Kata Suwato lagi seringkali permasalahan yang dihadapi adalah pada semangat dan minat belajar siswa dan pendekatan yang diambil guru dan orang tua. Oleh karena itu, Animasi Matematika mensinergikan media dalam bentuk teks, gambar, animasi, grafik, narasi yang membangun interaktivitas dalam membantu siswa memahami konsep-konsep matematika dengan cara yang seru dan menyenangkan.

 
Animasi Matematika ini lanjut Suwato telah tersedia bagi semua jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, sampai SMK (Akuntansi/Pariwisata/Teknologi). Dan software ini mengacu pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006. Layaknya software yang banyak tersedia, software ini akan diupdate secara berkala, terutama memberikan free update soal-soal UN atau Ujian Nasional beberapa tahun terakhir dan yang terbaru serta menyajikan pembahasan dalam menyelesaikan soal-soal tersebut.  

 

Suwato menambahkan, sebagai hasil karya anak bangsa untuk meningkatkan pendidikan siswa Indonesia secara nasional, maka Animasi Matematika akan didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia. Busman, Manajer Distribusi PT. Sentral Tekno Selaras ikut menambahkan, Sebelum ini Animasi Matematika hanya tersedia bagi kalangan terbatas melalui sekolah-sekolah tertentu.

 

Kami percaya bahwa program ini patut didistribusikan secara nasional karena memiliki manfaat yang sangat besar bagi generasi muda Indonesia, khususnya di daerah yang kekurangan guru,” tuturnya.

 

Kini kata Busman, software ini telah digunakan di ratusan sekolah unggulan, antara lain SMA Labschool, SMAK Penabur, SMAN 8, MAN 4 Model Jakarta, SMA Gonzaga, SMA St. Theresia, SMA Al-Azhar 1, SMA Muhammadiyah 3, SMPN 1, SMP Labschool, SMP Marsudirini, SMP Al-Azhar Rawamangun, SMP Muhammadiyah 22 dan masih banyak lagi. Animasi Matematika kini akan didistribusikan secara menggunakan jaringan rekanan PT. Sentral Tekno Selaras (Sentral Komputer) ke seluruh provinsi di Indonesia.

Kalau kamu tertarik juga pada software untuk mempermudah belajar matematika ini saran kami buruan aja deh beli mumpung masih ada promonya 🙂

 

Baca Juga : Canggih, Aplikasi Photomath Untuk Mengerjakan Soal Matematika