Tempat Wisata Di Kalimantan Timur

2501

Mari Mengetahui Tempat Wisata Di Kalimantan Timur

Tempat wisata di Kalimantan timur merupakan tempat liburan yang sangat menyenangkan dan masih sangat terbentuk secara alami, sehingga menghabiskan waktu liburan sampai beberapa haripun di sana pasti tidak akan membosankan karena tidak akan terasa di sebabkan setiap perjalanan dari satu tempat objek wisata ke tempat wisata di berau lainnya sangat membuat berkesan sekali.

Tempat Wiasata Kalimantan TimurSalah satu objek wisata di kalimantan timur adalah Berau, merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Sedangkan Ibu kota kabupaten ini terletak di Tanjung Redeb. luas wilayah kabupaten berau sekitar 34.127,47 km² dan dengan jumlah penduduk kurang lebih 179.079 jiwa hal ini berdasarkan hasil laporan sensus penduduk 2010 lalu.

Diantara objek wisata di berau Kalimantan timur adalah sebagai berikut :

Pulau Panjang

Tempat wisata pulau panjang ini tidak berpenghuni, memiliki hamparan padang lamun/sea grass yang merupakan tempat daerah pemakaman penyu Hijau yang terbesar di Asia Tenggara.

Tanjung Batu

Objek wisata ini merupakan sebuah kampong nelayan dan juga merupakan ibu kota kecamatan yang merupakan tempat terletaknya pintu masuk kecamatan dan juga merupakan gerbang utama untuk masuk menuju ke pulau – pulau yang ada disekitaran sana. Di tempat wisata kampong ini anda akan menjumpai peraian dengan ratusan dinamika dan bagan kehidupan penghuni kampung nelayan.

Pulau Semama

Objek wisata pulau semama merupakan kawasan margasatwa. Selama di perjalanan menuju ke kampong ini anda akan menyaksikan banyak penyu hijua sedang menikmati santapannya di padang lamun.

Pulau ini wisata ini sangat cocok bagi anda yang suka dengan melakukan wisata bird watching, akan merupakan pilihan yang tepat bagi anda karena disana anda juga akan menjumpai adanya burung Linggisan yang merupakan hewan langka di hutan Mangrove.

Objek Wisata Derawan

Pulau Derawan

Berwisata kepulau ini sangat menyenangkan kerana pulau ini cukup lengkap untuk menikmati berbagai fasilitas, muali dari warung jajanan khas bajau sampai banyak terdapat juga menu makanan laut / Seafood , ada juga penginapan murah meriah hingga resortoran mewah anda juga akan banyak menyaksikan penyu hiaju bermain disekitaran pantai.

Objek Wisata Kalimantan

Pulau Sangalaki penangkapan Penyu

Objek wisata di berau satu ini merupakan surge dunianya bagi anda yang suka menyelam karena anda disana akan menjumpai keindahan berbagai jenis ikan berwarna warni di hamparan terumbu karan, di kawasan pari raksasa / Manta ray sehingga pulau ini telah ditetapkan menjadi pulai dan objek taman wisata laut.

Keindahan di malam harinya anda akan melihat banyak penyu melakukan keajaiban proses bertelurnya mereka dengan di pandu oleh petugas statsiun monitoring dasana. Pulau ini juga merupakan salah satu dari pulau tempat peneluran penyu hujau terbesar yang ada di Asia Tenggara.

Pulau Kakaban

Wisata di pulau kakaban memiliki keunikan dan keajaiban tersendiri dengan danau yang di sebut air payau yang di huni oleh 4 jenis ubur – ubur tidak menyengat, dan hanya bisa kita jumpai di paluai kakaban dan pulau di samudra pasifik. Pulau ini juga merupan impian bagi para penyelam yang memiliki nyali tinggi dengan arus yang kuat dan dasar laut tebing yang sangat curam anda bisa sambil menanti datangnya Schooling Barracuda, di pulau ini juga sering di jumpai terdapat kawanan ikan Hiu.

Pulau Maratua

Objek wisata pulau maratua dan sekitaranya terdapat 4 kampung dengan pemandangan teluk juga terhampar luas pulau2 kecil didalamnya sana. Dalam perjalanan selama menuju maratua anda akan menyaksikan banyak kawanan lumba – lumba , migrasi ikan paus. Di wisata ini bukan hanya lokasi tempat penyelaman yang menawarkan keindahan alamnya namun juga terdapat terumbu karang dan terdapat kawasan penyu. Dasana anda juga bisa melakukan pertualangan ( Caving ) ketempat lain seperti gua – gua yang terdapat sarang burung wallet, juga bisa melakukan trekking menyusuri hutan2 yg di tumbuhi oleh pohon2 diatas batu karang.

Anda juga bisa melakukan pendakian di guung putih untuk bisa menyaksikan sunrise serta melihat teluk maratua dari ketinggian tebing disana. Disana setelah melakukan berbagai pertualangan anda akan bisa menyaksikan dan menikmati keindahan sunset di sekitaran dermaga kampong payung – payung sambil melihat kawanan penyu menikmati lamun.

Objek Wisata Derawan

Terakhir Akomodasi di berau

Di kawasan wisata tanjung batu, sangalaki, derawan dan maratua anda tidak akan kesulitan untuk mendapatkan fasilitas dengan berbagai pilihan seperti homestay, penginapan restoran anda bisa dengan bebas meilih dimana akan menginap dengan santai dan nyaman.

Berikut saya Infokan juga Rute Menuju Tempat wisata Di Kalimantan Timur, Berau :

Dari Jakarta -> Balikpapan -> Berau

Dari Singapore -> Balikpapan -> Berau

Dari Bali -> Balikpapan -> Berau

Dari urabaya -> Balikpapan -> Berau

Untuk penerbangan dari Balikpapan menuju Berau dalam sehari ada 9 penerbangan. Demikian info tempat wisata di Kalimantan timur ini , semoga bermanfaat.

Other Post : Biografi Mario Teguh Golden ways