Tempat Wisata Favorit di Jawa Tengah

40

lebahmaster.com – Jawa Tengah merupakan provinsi yang juga memiliki tempat wisata yang sangat banyak dan tentunya tidak kalah menarik dengan daerah lainnya. Ada banyak sekali tempat wisata yang wajib dikunjungi karena memang sangat bagus. Cocok untuk mengisi waktu kosong dan cocok untuk melepas rasa penat dan letih.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai beberapa tempat wisata menarik yang ada di Jawa Tengah. Tempat wisata ini juga mungkin sudah tidak perlu diperkenalkan lagi karena sudah ada banyak orang yang tahu mengenai keberadaannya. Langsung saja simak ulasan berikut ini :

Daftar Tempat Wisata Di Jawa Tengah

1. Dataran Tinggi Dieng

Dataran tinggi dieng ini seringkali dikunjungi oleh para pendaki. Wajar saja karena mereka suka dengan ketinggian. Walaupun dataran tinggi dieng ini tidak terlalu tinggi hanya sekitar 2000 mdpl namun keindahan alamnya sangat bagus dan indah. Dataran tinggi dieng ini berada di Wonosobo, Jawa Tengah. Di tempat wisata ini para pengunjung juga akan melihat sebuah candi hindu yang berada di sekitar lokasi tersebut. Tempat wisata ini seringkali digunakan untuk perkemahan para remaja.

2. Lawang Sewu

Lawang sewu merupakan salah satu tempat wisata terknal yang ada di Semarang. Di tempat wisata ini bukan berarti memiliki pintu berjumlah seribu. Tetapi itu hanya digunakan sebagai penggambaran saja bahwasannya tempat wisata tersebut memiliki pintu yang banyak. Ketika Anda berkunjung pada malam hari, pasti akan merasakan aura mistis dari bangunan tersebut. Di depan bangunan lawang sewu tersebut terdapat tugu muda yang dibangun untuk mengenang peristiwa 5 hari di Semarang.

3. Candi Borobudur

Candi borobudur merupakan salah satu tempat wisata yang sangat terkenal yang berada di Magelang. Menariknya lagi, tempat wisata ini masuk ke dalam salah satu keajaiban dunia. Candi borobudur yang merupakan peninggalan sejarah ini, memiliki mitos yang masih dipercaya hingga saat ini. Seperti saat Anda melihat sebuah stupa yang di dalamnya terdapat prasasti, konon katanya jika Anda berhasil menyentuh prasasti  tersebut segala keinginannya akan tercapai.

4. Gunung Merapi

Masih di kawasan Magelang, Jawa Tengah Gunung Merapi merupakan gunung yang masih aktif. Bahkan sampai saat ini gunung tersebut masih membuka jalur pendakian umum. Gunung Merapi yang memiliki ketinggian 2.968 mdpl belum lama ini juga pernah erupsi berungkali. Beruntung kejadian tersebut tidak sampai meletus. Dari dahulu, gunung inilah yang paling sering meletus. Walaupun sedikit membahayakan untuk pendakian namun kenyataannya gunung ini memiliki pemandangan yang indah.

5. Gunung Slamet

Jika Magelang memiliki Gunung Merapi maka Banyumas memiliki Gunung Slamet untuk didaki. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi di Jawa Tengah. Ketinggiannya mencapai 3.428 mdpl. Jika Anda merupakan para pendaki yang menyukai tantangan, jalur pendakian gunung ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Dari puncak gunung ini Anda bisa melihat keindahan Kota Purwokerto, Purbalingga dan kota lainnya yang indah pada malam hari.

6. Goa Jatijajar

Goa jatitajar ini berada di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Jawa Tengah. Meskipun di dalam goa tetapi pemandangannya cukup indah. Di dalamnya terdapat kurang lebih 4 sendang atau sungai yang memiliki fungi tersendiri. Mulai dari sendang mawar, sendang kantil dan masih ada sendang yang lainnya. Pengunjung bisa menyusuri goa dengan e-ticketing yang berlaku mulai pukul 9 pagi sampai 5 sore. Setelah puas menikmati keindahan goa, pengunjung juga bisa berbelanja apaun di sekitar goa tersebut.