Ternyata Pak Harto Lancar Berbahasa Inggris

2547
Pak Harto Atau Soeharto
Soeharto dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat William Cohen pada tahun 1998. – Source Foto: Id.Wikipedia

LEBAHMASTER.COM, TOKOH – Saat masih jumeneng sebagai Presiden RI, Soeharto atau biasa dipanggil akrab Pak Harto, selalu memakai bahasa Indonesia dalam setiap pidatonya. Bahkan, saat berpidato di sidang PBB pun, Pak Harto menggunakan bahasa Indonesia.

Karena selalu menggunakan bahasa Indonesia, banyak yang kemudian menduga Pak Harto itu tak bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris yang jadi bahasa internasional. Bahasa resmi diplomasi dunia. Ternyata dugaan itu salah.

Tentang ini, saya dapat cerita dari ulasan Majalah Tempo edisi 1 Februari 2016. Dalam salah satu beritanya di rubrik Teater, Majalah Tempo edisi 1 Februari 2016 itu, memuat kisah Amoroso Katamsi. Siapa Amoroso Katamsi?

Bagi yang pernah nonton film Penghianatan G30S/PKI yang dulu rutin diputar setiap tanggal 30 September, pasti hapal dengan pemeran Soeharto atau Pak Harto. Ya, dialah Amoroso Katamsi, seorang tentara yang juga seorang seniman dan aktor.

Sebelum aktif di tentara, Amoroso saat masih jadi mahasiswa di Fakultas Kedokteran, sudah terbiasa dengan dunia teater. Dia pernah aktif di kelompok teater pimpinan WS Rendra. Sampai kemudian ia lulus jadi dokter, dan jadi tentara di TNI-AL, dengan pangkat pertama Letnan.

Dalam film ‘Pengkhianatan G30S/PKI Amoroso begitu menjiwai perannya sebagai Soeharto. Di majalah Tempo, Amoroso pun mengungkapkan kisahnya sebelum ia kemudian memerankan sosok Soeharto dalam film tersebut. Di kisahkannya, suatu waktu ia harus ke Tapos, Jawa Barat. Tapos sendiri, adalah tempat peternakan sapi yang dibangun Soeharto.

Oleh Arifin C Noer yang akan menyutradai film G30S/PKI, ia diperintahkan untuk melakukan observasi dulu tentang Pak Harto. Sehingga bisa benar-benar menjiwai. Maka, ia berangkatlah ke Tapos, Bogor. Saat tiba di peternakan itu, ternyata Pak Harto sedang berbincang dengan tamunya, pengusaha peternakan dari Australia. Amoroso pun kemudian ikut menyimak perbincangan Pak Soeharto dengan tamunya. Dari perbincangan itulah, Amoroso akhirnya tahu, Pak Soeharto ternyata pintar berbahasa Inggris. Pak Harto berbincang dengan tamunya, bukan lagi menggunakan bahasa Indonesia seperti yang dilakukan dalam setiap acara resmi. Tapi Pak Harto berbincang memakai bahasa Inggris. Bahkan bahasa Inggris Pak Soeharto cukup fasih. beliau Sangat lancar saja berbincang dengan tamu bulenya menggunakan bahasa Inggris.

Saya baru tahu ternyata Bahasa Inggris Pak Harto lancar,” kata Amoroso seperti dikutip Majalah Tempo, 1 Februari 2015. (By. Agus.S).

Baca Juga: 3 Pesan Soeharto yang Diungkap Prabowo Di Acara PKS