Pemeran Soeharto Pada Film G30S PKI

LEBAHMASTER.COM – Sosok Amoroso Katamsi, sangat melekat dengan film Pengkhiatan G30 S PKI. Film ini, adalah film yang sukses menancapkan cerita di benak rakyat Indonesia. Bagaimana tidak, setiap tanggal 30 September, film tersebut diputar. Terus diputar, selama Soeharto berkuasa.

Film tersebut berisi versi tentang kisah kelam di malam menjelang 1 Oktober 1965. Malam yang kemudian dicatat sebagai tragedi, karena tujuh perwira TNI-AD, mati terbunuh oleh pasukan yang menurut versi rezim saat itu digerakan oleh PKI, salah satu partai terbesar kala itu.

Nah, di film itulah, Amoroso jadi tokoh utamanya. Ia memerankan Soeharto yang di film diceritakan masih menjabat sebagai Pangkostrad. Amoroso dianggap sukses memerankan Soeharto. Bahkan banyak yang menyebut akting Amoroso mendekati sempurna, alias benar-benar mendekati Soeharto nyata.

Tapi tak banyak yang tahu. Amoroso ternyata, bukan aktor pilihan utama sutradara film G30 S PKI. Dia, bahkan hanya aktor cadangan. Ketika itu, Arifin C Noer, sang sutradara, masih mencari-cari siapa yang paling mirip memerankan Soeharto. Namun, sekian lama mencari, Arifin tak juga menemukan aktor yang cocok.

Karena waktu pembuatan film makin mendekat, Arifin pun menyerah. Aktor cadangan pun akhirnya dipilih dia. Maka, jadilah Amoroso sebagai Soeharto. Dan, karena peran itulah, Amoroso identik dengan Soeharto. Ingat Amoroso, ingat Soeharto. Ingat Amoroso, ingat film G30S/PKI.

Tapi kini, film G30 S PKI sudah bukan lagi tontonan wajib. Stasiun TVRI, tak lagi menayangkan setiap tanggal 30 September. Bahkan, sekarang film tersebut banyak yang menggugatnya. Oleh para sejarawan, film tersebut sangat bias. Film propaganda demi kepentingan rezim yang berkuasa saat itu.

Sebagai catatan : Kisah Amoroso pemeran Soeharto aktor cadangan, saya baca di Majalah Tempo. (By. Agus.S)

Baca Juga: 7 Film Motivasi Yang Perlu Ditonton Oleh Para Entrepreneur