4 Tips Agar Tidak Gila Belanja Saat Pergi Ke Mall

136

Tips Agar Tidak Gila Belanja Saat Pergi Ke Mall

Belanja – Sering terjadi disaat pergi ke mall yang tujuan awalnya hanya untuk main-main, tapi akhirnya pulang dengan banyak kantong belanjaan. Godaan belanja memang merupakan suatu masalah yang sebaiknya harus bisa diatasi dan dikendalikan dengan baik oleh kita apabila ingin menjadi hemat dan bisa menabung.

Terkadang belanja barang bukan karena kita butuh, bahkan biasanya sudah pernah beli namun karena tergoda akhirnya beli lagi yang pada akhirnya banyak barang menumpuk di kamar dan tidak terpakai, dan Anda malas untuk membereskannya. Sehingga, barang – barang tersebut hanya tergeletak di lantai, dan tidak pernah di sentuh. Lama kelamaan, rumah Anda akan sempit karena banyak barang. Wajar jika Anda akan tergoda saat pergi berbelanja. Berbagai penawaran dan bentuk barang yang menarik, mampu memikat hati Anda.

Nah, Anda ingin terbebas dari godaan – godaan maut tersebut? Atau Anda sudah berusaha melakukannya, namun tetap tidak berhasil? Berikut ini, tips jitu bagi Anda yang ingin terhindar dari godaan – godaan maut di mall.

  1. Waspada dengan lingkungan sekitar toko

Mungkin Anda sering menduga, bahwa tata letak barang – barang yang ada di toko hanya dibuat asal – asalan, yang penting terlihat rapi. Jangan pernah mengira seperti itu! Rupanya penempatan barang di toko mampu memicu Anda untuk ingin belanja terus menerus. Jika diperhatikan, kamar pas pada sebuah butik atau toko fashion selalu diletakkan di paling belakang. Hal ini tidak bermaksud bahwa toko akan terlihat lebih abgus ketika kamar pas diletakkan di belakang. Namun, mereka sengaja berbuat demikian, agar Anda bisa melihat berbagai baju saat akan menuju kamar pas. Untuk menghindari godaan, Anda bisa membuat skala prioritas.

  1. Tanya pada diri sendiri, “perlukah Aku membeli barang ini?”

Bertanya pada diri sendiri, adalah salah satu cara yang digunakan untuk membuat Anda mengerem pengeluaran Anda. Tanyakan pada hati Anda, apakah Anda benar – benar membutuhkan barang ini? Berikan pula berbagai pertanyaan lain, agar Anda memiliki banyak pertimbangan. Namun jika jawabannya tidak, cepat pergi dari toko itu, sebelum Anda berubah pikiran. Jujurlah pada diri Anda sendiri ketika menjawab pertanyaan. Sehingga, Anda benar – benar bisa mengerem pengeluaran Anda untuk barang yang tidak penting.

  1. Berpikir, “apakah aku akan menyesal ketika tidak membeli barang tersebut?”

Beberapa dari Anda mungkin akan menyesal karena tidak membeli barang tersebut. Namun, cobalah untuk berkeliling mall. Berkelilinglah jauh dari toko tadi. Jika Anda sudah tidak memikirkannya, maka Anda tidak usah kembali lagi kesana untuk membeli barang tadi. Namun jika Anda masih memikirkannya, maka belilah barang tersebut.

  1. Mengklasifikasi kebutuhan

Anda tentu memiliki klasifikasi untuk barang – barang Anda. Mulai dari barang yang tidak dibutuhkan, jarang dibutuhkan, sering dibutuhkan, dan yang paling dibutuhkan. Ketika berbelanja, Anda perlu memasukkan barang – barang tersebut kedalam kategori diatas. Sehingga, Anda bisa memprioritaskan barang yang mana yang diperlukan.

Baca Juga: 5 Keuntungan Belanja Online Yang Bikin Belanja Makin Hemat

Itulah empat tips agar tidak mudah tergoda belanja saat pergi ke mall, Memang bukanlah hal yang mudah untuk melakukan hal diatas. Apalagi jika Anda memiliki banyak uang. Namun, jika Anda benar – benar berniat untuk menekan pengeluaran, maka semuanya akan bisa terlaksana. Semoga bisa ya sobat semua.