Tips Belanja Online Aman

Tips Belanja Online Aman
Belanja online saat ini sudah sangat mudah sekali dilakukan oleh sipapun, namun demikian mudah tidak semuanya memberikan jaminan keamanan uang pembeli,sehingga tak jarang sering kita dengar bahkan mungkin kita alami sendiri terjadi hal-hal yang sangat merugikan konsumen atau pembeli dikarenakan saat melakukan transaksi belanja online kita tidak terlebih dahulu memperlajai cara belanja online yang aman.

Kita juga tidak bisa menyalahkan para penjual online serratus persen, karena kejadian hilangnya uang konsumen tidaklah semata-mata disebabkan oleh penjual yang beriat menipu melain ada hal lain yang menjadikan barang pesanan tidak sampai pada pembeli, seperti kesalahan dari jasa pengiriman yang tidak menemukan alamat pembeli, barang hilang diperjalanan dikarenakan kecelakaan dan lain sebagainya, kami pribadi juga sering mengalami kerugian saat melayani pembeli di toko online yang kami punya, bsaat barang sudah dikirim tapi nyatanya barang tak kunjung sampai pada tangan pemesan dikarenakan macet diperjalanan atau masih tertunda dikantor pengiriman, bahkan juga ada kesalahan lain seperti hilang sebagian dan lain sebagainya.

Untuk itu terlepas dari kesalahan proses pengiriman barang yang kita pesan, agar lebih meyakinkan kalau uang kita aman saat belanja online perhatikan hal-hal berikut ini :

1. Sebelum belanja online pada toko online atau penjual tertentu pastikan anda telah membaca dengan baik profil penjual dan juga proses pemesanan pada toko online yang bersangkutan.

2. Pastikan rekening tempat transfer pembayaran sama dengan tertera nama pemilik sama dengan yang ada di toko online, kecuali sudah ada komfirmasi kuat dari penjual online jika ada perubahan nomer rekening transfer pembayaran.

3. Pastikan anda menerima Nomer Resi pengiriman dari penjual online, biasanya penjual memberikan nomer resi 1 hari setelah barang dirikirim atau lebih cepat.

4. Pastikan anda sudah menanyakan kualitas produk apakah sama dengan gambar dan detail yang dijelaskan pada toko online tersebut, agar tidak mengalami kekecewaan saat barang pesanan anda tiba.

5. Saat belanja online, bertanyalah yang sopan dan sabar menunggu respon dari penjual agar penjual memberikan jawaban dengan senang hati dan iklas berkomunikasi dengan anda sebagai pembeli, hal ini mengantisipasi kejengkelan dari penjual dan mereka mau memberikan informasi terbaik kepada anda.

6. Bacalah dengan baik deskripsi barang tersebut, waspadalah terhadap produk bermerk yang dijual dengan harga murah.

7. Perhatikan bagian testimony pada situs online tersebut, atau perhatkan juga apakah ada verifikasi dari situs police online ( namun ini juga masih belum menjamin aman 100%).

8. Kamu juga perlu tahu jumlah ongkir dengan mengecek sendiri di situs jasa pengiriaman dengan begitu kamu akan tahu apakah harga dan biaya ongkir masih standar atau tidak dinaikan terlalu tinggi oleh penjual.

9. Simpanlah bukti transaksi baik bukti transfer dan bukti resi yang diberikan sampai anda benar – benar telah menerima pesanan anda dengan kemasan terbaik.

10. Setelah menerima nomer resi anda bisa melakukan pengecekan pesanan anda apakah benar sudah dikirim melalui situs tracking kiriman dari situs jasa yang digunakan untuk mengirim barang pesanan anda.

11. bersabarlah menunggu barang anda sampai agar hati anda tetap bahagia dan tidak cemas, karena terkadang walau dijanjikan bisa datang cepat sering juga terjadi keterlambatan diakibatkan beberapa kejadian dijalanan, mungkin macet dan sebagainya.

Demikianlah beberapa tips belanja online aman dan menyenangkan, beberapa hal diatas memang masih belum bisa menjamin 100% kemanan belanja online kita hanya saja bisa menjadi rujukan agar meminimalisir adanya kerugian saat belanja online, karena sekarang jika penjual berniat menipu sepintar apapun kita akan tetap terkena rayuan mereka jika tidak lebih waspada.

Baca : Cara Daftar Paket Internet Telkomsel Murah 4GB Cuma 50ribu