Tips Mempercepat Sistem Kerja Komputer Atau Laptop

1949

Komputer Lambat Berkerja, Lakukan Hal Ini

Komputer Lambat Dan Lemot
Solusi Mengatasi Komputer atau Laptop Melambat

Lebahmaster.Com – Sering ngalami komputer begitu lambat Start Up, Lambat membuka Jendela kerja Baru, suka Not Responding, browser lambat kebuka dll, bisa dipastikan ada yang tidak beres sama laptop atau computer kamu tersebut.

Kalau kamu orang yang aktif dan harus berkerja menggunakan komputer atau laptop maka dengan adanya ganguan seperti itu tentunya akan merasa sangat tidak nyaman sekali bukan?.. terlebih jika ada kerjaan yang harus di selesaikan dengan cepat.

Nah untuk itu bila kamu mengalami masalah yang tidak biasa pada komputer atau laptop kamu lakukan beberapa tips mempercepat sistem kerja komputer berikut ini :

1. Rajin Membersihkan Chache Komputer kamu
Ini simple sebenernya hanya perlu ketelatenan saja, karena ada palikasi yang namanya CCcleaner yang sangat bagus untuk membersihkan chache atau jejak kerja sebelumnya. Selain itu kamu juga harus rajin menghapus History pada browser kamu setiap habis mengakses internet.

2. Hapus atau Offkan ADD on yang tidak penting
Seringkali saat kita mendownload file dari internet tanpa sengaja bahkan tanpa kita sadari ada aplikasi yang terpasang secara otomatis di Add On browser kita baik mozila atau chrome, sehingga sering muncul Pop Up dll, dan itu selalin memperlambat browser juga sangat berbahaya bagi kesehatan laptop atau komputer kita. Untuk itu rajinlah mengecek dan menghapus aplikasi yang terpasang pada Add on kamu.

3. Defrak hardisk
Defrak hardisk adalah cara untuk merapikan kembali file – file di data komputer kita, file yang tidak tertata dengan rapi akan berpengarus pada kinerja computer atau laptop, maka sebaiknya lakukan defrak secara berkala, caranya simple kok kamu cukup melakukannya di mulai dari : menu Properties – System Tools – Disk Defragment, setelah itu tunggu sampai proses defrak selesai,semakin banyak file maka akan semakin lama proses defrak hardisknya.

4. Uninstal Aplikasi Tidak terpakai
Terlalu banyak mengintal aplikasi pada komputer juga akan memperlambat sistem kinerja komputer dan laptop kita. Untuk itu sebaiknya cukup instal aplikasi penting dan sering digunakan saja agar tidak menambah beban computer kita. Lakukan uninstall aplikasi tidak terpakai melalui : My Komputer – Klik Uninstal Program dan pilih aplikasi yang ingin di uninstall.

5. Rajin Melakukan Scan Laptop Atau Komputer
Barangkali kamu tidak menyadari kalau ternyata setiap flashdisk atau hardis yang kamu sering tancapkan ke laptop mengandung Virus berbahaya bagi komputer, maka penting untuk sering melakukan Scan Komputer atau laptop dengan aplikasi Scaner anti virus seperti Smadav dkk. Karena virus bisa berasal darimana saja termasuk saat kamu mendownload file juga bisa di infeksi oleh virus.

Itulah 5 Tips mudah untuk mempercepat kembali kinerja komputer kamu agar berkerja bisa lancar kembali. Memang tidak akan kembali seprti baru beli tapi setidaknya ini akan sangat membantu untuk memperbaiki kkmputer kamu yang mulai lemot.