Tips Memulai Bisnis Rumahan

1880

Langkah Mudah Dan Tips Memulai Bisnis Rumahan

Cara Memulai bisnis,langkah memulai bisnis
Tips Memulai Bisnis

Tips Memulai bisnis rumahan kali ini hadir untuk anda yang barang kali sudah merasa lelah bekerja untuk orang lain, dan berpikir mengapa tidak memanfaatkan kemampuan diri sendiri untuk memulai bisnis dari rumah sendiri. Jika demikian adanya yang anda alami mengapa tidak segera memikirkan cara memulai bisnis untuk diri anda sendiri dari sekarang.

Langkah memulai bisnis sendiri memang untuk yang masih belum terbiasa sepertinya agak begitu sulit tapi it’s oke anda hanya perlu melatih diri sedikit demi sedikit agar bisa terbentuk pola piker yang sesuai untuk menjalankan bisnis anda sendiri dengan sungguh – sungguh. Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan berkaitan dengan cara memulai bisnis sendiri dan itu harus di pikirkan secara matang sebelum anda benar – benar memutuskan untuk berhenti berkerja dari perkerjaan lama anda saat ini agar ketika memulai bisnis nantinya tidak seperti laying – laying putus talinya tanpa tentu arah tujuan.

Berikut di bawah ini beberapa pertanyaan mendasar yang harus anda tanyakan kepada diri sendiri ketika ingin memulai bisnis rumahan atau bisnis sendiri dalam bentuk lainnya, pastikan anda menjawabnya dengan tepat dan meyakinkan diri anda agar ketika bisnis sudah di mulai anda tidak ragu untuk melangkah lebih jauh lagi.
Bertanyalah kepada diri anda tentang beberapa hal berikut saat ingin memulai bisnis sendiri :

Mengapa Anda ingin memulai bisnis Anda sendiri dan produk apa yang Anda berpikir untuk memulai?

Apa yang akan menjadi sumber dana atau biaya startup bisnis anda?

Apakah mungkin bagi Anda untuk menjual diri?
Menjual diri disini bukan yang negative tentunya, melainkan anda harus bisa marketing diri sendiri, memperkenalkan diri anda bahwa anda seorang pemilik produk atau jasa dan kemahiran komunikasi dalam negosias atau menawarkan produk diri sendiri dll.

Baca : 5 Konsep Dasar Menjadi Pengusaha

Selanjutnya Setelah Anda mendapatkan balasan positif untuk semua pertanyaan diatas, anda hraus bisa mendapatkan keyakinan bahwa anda bisa melangkah lebih jauh lagi ke steps berikutnya.

Periksa kelayakan bisnis atau yang di kenal dengan SKB ( study kelayakan bisnis )
Sangat penting untuk memeriksa apakah bisnis yang anda pilih akan layak untuk memulai bisnis yang Anda pikirkan. Periksa apakah orang akan bersedia untuk membeli produk atau jasa yang akan anda tawarkan, apakah memungkinkan bagi anda dapat menghasilkan keuntungan dari bisnis tersebut dan apa jenis kompetisi yang akan Anda hadapi saat memulai dan mendirikan bisnis?

Melakukan riset pasar Bagi bisnis anda.
Sebelum berhasil melakukan apa yang Anda lakukan, penting bahwa Anda harus mengetahui potensi pasar. Ketahui apakah ada banyak pembeli, apakah lokasi bisnis menjanjikan untuk bisa mendatangkan banyak pelanggan dan semua hal yang berkaitan dengan target pasar anda seperti , usia,jenis kelamin, ofline ataukah online, kadar ekonomi pasar dll.

Baca : 8 Strategi Penentuan Lokasi Bisnis

Melakukan analisa SWOT
Hal yang sangat penting, bahwa apakah bisnis Anda besar atau kecil, Anda melakukan analisis SWOT untuk ruang lingkup bisnis Anda. Setelah Anda melakukan itu Anda dapat memahami apa kekuatan Anda dan apa kelemahan Anda. Ini akan mudah bagi Anda untuk mengambil keputusan setelah Anda tahu bahwa dari mana Anda bisa mendapatkan ancaman dan di mana peluang. Dengan demikian, mengetahui hal ini Anda dapat melangkah lebih lanjut dengan bisnis Anda.

Mempersiapkan rencana bisnis rumahan jenis apa.
Untuk jenis usaha, perlu menyususn dan mempersiapkan rencana strategi yang akan anda gunakan untuk melangkah memasarkan produk bisnis atau jasa. Sebuah rencana bisnis adalah rute Anda di mana Anda akan mencapai apa yang Anda inginkan dalam bisnis Anda. apakah Anda punya rencana besar atau kecil, Anda merencanakan sesuatu dan kemudian menaatinya selama eksekusi. Jika Anda tidak berencana maka Anda tidak bisa melanjutkan dengan bisnis Anda sendiri kemudian berisaplah berada pada rencana bisnis orang lain.

Mengatur keuangan
Setelah Anda merencanakan, Anda tahu persis apa langkah Anda selanjutnya perlu untuk menyelesaikan rencana dan segera memulai berkerja. Hal ini akan membantu anda lebih mudah untuk mempersiapkan seberapa besar anggaran yang anda butuhkan agar sesuai. Mungkin ada sumber yang berbeda dari mana Anda akan mengatur dana dan mulai menjalankan bisnis Anda.

Membangun identitas bisnis Anda dan daftarkan diri anda
Dalam step ini berkenaan dengan brand, merk atau logo bisnis anda, jika semua itu sudah anda bentuk maka usaha selanjutnya anda memperkenalkan bahwa itulah merek atau brand anda sendiri kemudian daftarkan kebadan hokum lalu mengikuti serta mentaati peraturan hokum bisnis yang ada. Dengan begitu anda akan memiliki hak paten terhadap brand atau merk produk bisnis anda.

Melebarkan sayap kemudian terbang tinggi
Sampai pada tahapan ini, jika bisnis anda sudah berjalan dengan baik mulailah berpikir untuk melebarkan sayap dengan membuka cabang dimana – mana dan kemudian terbanglah lebih tinggi bersama bisnis anda mencapai keberhasilan dalam bisnis milik anda sendiri dimana anda yang menjadi bos dalam bisnis anda sendiri dan memberikan manfaat bagi orang lain dengan memberikan peluang kerja bagi yang membutuhkan bantuan anda.

Demikian Langkah Memulai Bisnis Rumahan atau mendirikan bisnis sendiri yang perlu menjadi pertimbangan anda ketika ingin menjadi seorang entrepreneur yang bisa menjadi bos bagi bisnis diri anda sendiri.

You May Also Like :
Pertanyaan Pokok Untuk Menjalankan Planing Manajemen