Tips Mengurangi Stress dan Tekanan Hidup

2468

Tips Mengurangi Stress

Tips Mengurangi Stress
Tips Mengurangi Stress – Source : google Image

Manusia itu pasti tak lepas dari masalah yang bisa membuat Stress dan hidup tertekan. Stres dan tekanan hidup bisa datang dari mana saja. Bisa karena tuntutan pekerjaan dikantor, gaya hidup maupun lingkungan tempat anda tinggal saat ini terutama bagi anda yang tinggal di kota besar seperti jakarta. Tingkat stres yang anda alami di jakarta akan lebih besar karena hidup di kota membutuhkan perjuangan yang ekstra.

Ingin mengurangi stres dan tekanan dalam hidup namun masih kesulitan. Berikut ini 9 cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stres dan tekanan hidup yang melanda anda saat ini :

1. Meditasi
Meditasi tidak harus dilakukan dengan duduk bersila, menutup mata atau berdiam diri sambil menbaca mantra ini itu. Meditasi bisa juga anda peroleh dengan melakukan hobi anda. Misal melukis, berjalan kaki, bersepeda , melihat pesawahan dan aktifitas lain yang bisa membuat anda merasa nyaman dan mengurangi stres dan tekanan dalam hdiup anda.

Luangkan waktu sekitar 5 – 10 menit untuk melakukan kegiatan diatas dan lupakan sejenak masalah – masalah yang datang dan mendera hidup anda. Buatlah diri anda merasa benar – benar nyaman dan tenang.

2. Bayangkan kondisi yang membuat anda merasa Rileks
Saat stres mendera anda, pikiran akan kalut dan sangat kompleks sehingga sulit untuk melakukan meditasi. Untuk memudahkan anda melakukan meditasi bayangkanlah dalam pikiran anda suasana yang bisa membuat anda tenang. Coba bayangkan tempat liburan favorite anda, atau kampung halaman anda dan bisa juga bayangkan orang – orang yang membuat diri anda nyaman dan merasa aman.

3. Lakukanlah relaksasi pernapasan
Tarik napas panjang-panjang secara perlahan dengan tenang sampai kedua bahu anda terangkat, kemudian turunkan bahu perlahan – lahan , sambil menghembuskan napas secara teratur dan terasa nyaman.

  • Rasakan aliran besar udara yang keluar masuk dan fokuskan pikiran ke sana.
  • Tarik napas, dan rasakan perut dan dada mengembang.
  • Buang napas, rasakan bahu menurun dan perut kembali mengecil.
  • Ulangi bernapas seperti itu 10-15 kali dan pikiran akan menjadi lebih rileks setiap waktunya.

4. Minum teh hangat
Teh hangat adalah resep tradisional favorit yang sudah sering digunakan untuk menenangkan pikiran dan menurunkan stres. Selain baik untuk kesehatan, teh mampu menurunkan level cortisol (hormon stres) dalam tubuh.

5. Memijat diri sendiri
Untuk mengurangi otot – otot yang teras menegang karena stres, anda bisa melakukan pijatan – pijtana ringan pada bagian – bagian yang terasa pegal. Mulailah pijatan dari leher dan bahu anda sampai otot teras rileks kembali. Pijta terus sampai anda meras nyaman dan rileks. Selanjutnya pijat pula bagian tubuh lain yang terasa tegang seperti tangan dan kaki anda. Lakukan sampai badan teras enteng dan ringan.

6. Time Out
Saat stres sudah mencapai puncak dan membuat diri anda merasa sangat tertekan ambillah time out ( Berhenti sejenak ) dari segala aktifitas anda. Anda bisa pergi ke suatu tempat untuk berbaring atau sekedar duduk santai menyegarkan kembali otak dan pikiran.

7. Mendengarkan musik
Musik dapat menenangkan detak jantung yang keras, juga pikiran. Jika tekanan sudah memuncak, cobalah untuk menyisihkan waktu mendengarkan musik. Dengarkan musik – musik yang bertempo pelan atau bisa juga anda dengarkan musik – musik instrumental yang menenangkan jiwa anda. Penelitian menunjukkan bahwa musik dapat memberikan ‘efek tenang’ setara dengan 10mg Valium. Itulah mengapa musik sering digunakan dalam terapi relaksasi.

8. Nonton comedy atau film
Menonton sesuatu yang lucu seperti komedi akan membuat anda merasa terhibur dan bisa membuat anda tertawa. Coba sering –sering buka youtube dan tonton stand up comedy yang bisa menghibur anda. Atau bisa juga anda menonton film yang anda suka agar stres bisa anda hilangkan sejenak.

9. Nikmati waktu libur anda
Saat anda memiliki waktu libur cobalah untuk benar – benar menikmati dan menfaatkan waktu libur anda semaksimal mungkin. Lakukan kegiatan – kegiatan yang membuat diri anda senang dan gembira.

Demikian 9 cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres dan tekanan hidup yang harus anda jalani dan lewati. Masalah memang tidak akan pernah lepas tapi berusahalah untuk bisa mengurangi beban dari masalah tersebut.

You May Also Like :

Tips Merawat Kucing Agar Tidak Menjadi Liar