Tips Sederhana Mengatasi Atap Rumah Bocor Di Musim Hujan

1636

Tips Mengatasi Atap Rumah Bocor

Tips mengatasi Atap Rumah Bocor
Lebahmaster.comAtap rumah mengalami kebocoran di musim hujan memang menjadi masalah yang terbilang menggagu ketengan rumah tangga, terlebih jika hujan pada malam hari maka akan membuat suasana tidak malam sangat terganggu karena siraman atau percikan air dari celah bocor atap rumah kita.
Saat kebocoran terjadi pada atap rumah hal tersebut tidak boleh dibiarkan sampai lama baru diperbaiki, karena kobocoran tersebut selain mengganggu jika sampai menyirami bahan rumah lainnya lambat laun akan menyebabkan bahan lain menjadi rapuh atau lapuk karena keseringan basah, pada akhirnya bukan hanya menghadapi atap rumah yang bocor melainkan bisa menjadi runtuhnya pondasi atap rumah dan itu sangatlah berbahaya sekali.
Berikut beberapa tips mengatasi atap rumah yang beocor baik musim hujan maupun musim panas cahaya masuk melalui celah kecil dari bocornya atap rumah anda:
Langkah Pertama : Memperbaiki posisi Genteng Rumah anda
Posisi genteng yang tidak pas atau bergeser bisa menjadi sebab atap rumah bocor, jika itu terjadi maka segera perbaiki posisi genteng anda keposisi yang tepat, jika tak bisa melakukannya sendiri suruhlah tenaga ahli dalam memperbaiki genteng agar kebocoran tak terjadi akibat bergesernya genteng tersebut.
Kedua : Cek dan perbaiki Saluran Air diatas rumah anda
Saluran air yang tak pernah dibersihkan, atau miring dan mampet akibat banyak sampah disana bisa menjadi sebab air tertimbun dan mengalir tidak sebagaimana mestinya dikarenakan muatan air tertampung melebihi kapasitas saluran air, bisa juga disebabkan pipa yang tersumbat dan tidak lagi berfungsi. Jika demikian perhatikan saluran air dan pipa tempat mengalihkan air dari atap rumah anda apakah sudah benar dan berfungsi normal.
Ketiga : Manfaatkan Lapisan Waterproof
Lapisan waterproof adalah solusi untuk menambal kerusakan kecil pada atap rumah seperti bocor kecil dan retak, dengan menambal bocoran atau retak kecil menggunakan waterproof maka atap rumah yang bocor akan bisa teratasi sementara selama lapisan masih berfungsi dan melekat dengan baik.
Ke Empat : Gunakan Karpet Anti Air untuk melapisi Atap Rumah Anda
Selain dengan cairan lapisan Waterproof untuk mengatasi kebocoran atap rumah, anda juga bisa mengatasi kebocoran dengan melapisi atap rumah menggunakan karpet anti air, hanya saja karpet harus dipasang dengan benar dan tetap harus dipantai jika usianya sudah lama agar bisa segera menggantinya jika tak layak lagi digunakan untuk melapisi atap rumah.

Kelima : Melakukan Perombakan Ulang Terhadap Atap Rumah
Terjadinya kebocoran pada atap bisa disebabkan karena diawal pembangunan rumah atap tidak dipasang dengan baik, mungkin disebabkan beberapa alasan karena terburu-buru agar rumah bisa ditempati, bentuk atap rumah yang tidak proposional seperti miring dan sebagainya akan sangat berpengaruh sekali terhadap kebaikan posisi atap sehingga bisa menjadi bocor ketika hujan. maka dari itu Satu-satunya cara yang harus dilakukan agar kebocoran bisa teratasi yaitu dengan memperbaiki atau menyempurnakan atap rumah Anda kembali karena setiap material memiliki daya tahan yang berbeda-beda, jika harus diganti jangan dipaksakan untuk terus digunakan sebagai atap di rumah anda demi keamanan dan kenayaman menghuni rumah.

Demikian Tips Mengatasi Atap Rumah Yang bocor ini, semoga bisa menjadi solusi membahagiakan.

Baca Juga : Mau Tahu Tren Dekorasi Rumah, Datanglah Homedec Di Serpong, Oktober Nanti