Inilah 7 Tokoh Berpengaruh Dalam Ilmu Sosiologi Di Dunia

56
Tokoh Berpengaruh Dalam Ilmu Sosiologi
Tokoh Berpengaruh Dalam Ilmu Sosiologi Di Dunia

Sosiologi adalah salah satu ilmu yang berpengaruh dalam hubungan antar manusia. Dalam ilmu ini, manusia didefinisikan sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Perkembangan ilmu sosiologi tidak lepas dari pengaruh tokoh-tokoh penting. Para tokoh inilah yang mencoba membaca kehidupan masyarakat dan segala gelaja sosialnya. Mereka pula yang berupaya untuk memahami sifat dan kegiatan manusia.

Baca Juga:

Siapakah sajakah para tokoh berpengaruh dalam ilmu Sosiologi? Berikut adalah tujuh di antaranya.

  1. Florian Witold Znaniecki

Florian Witold Znaniecki adalah seorang kelahiran Prussia (sekarang Polandia) yang wafat di Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai sosiolog Amerika-Polish. Teori dan metodologi kerjanya berhasil menjadikan sosiologi sebagai sebuah disiplin ilmu.

Ia pun dikenal sebagai pelopor dalam bidang penyelidikan empiris. Selain itu, ia juga berprofesi sebagai penulis Kebudayaan Polish.

  1. Peter Ludwig Berger

Peter Ludwig Berger adalah salah satu tokoh yang memengaruhi ilmu Sosiologi. Ia dilahirkan pada 17 Maret 1929 dan dikenal sebagai seorang sosiolog sekaligus teolog Amerika.

Peter L. Berger mengkaji masalah hubungan masyarakat dan individu. Ia pun menulis sebuah buku yang berisi tentang bagaimana konsep-konsep baru manusia dapat menjadi bagian dari realitas. Ia menamakan proses ini dengan reifikasi.

  1. Karl Marx

Karl Marx adalah sosiolog kelahiran Jerman pada 5 mei 1818. Selain sosiolog, ia dikenal sebagai filsuf, pakar ekonomi politik, dan teori kemasyarakatan.

Karl Marx telah menulis banyak buku mengenai banyak hal. Namun, ia dikenal setelah menganalisis sejarah, terutama mengenai pertentangan kelas.

  1. Aguste Comte

Aguste Comte adalah salah satu tokoh yang memengaruhi ilmu sosiologi. Ia dilahirkan di Montpellier yang berada di bagian barat daya Prancis. Comte melanjutkan sekolah di Politeknik Ecole di Paris yang dikenal setia pada idealis republikanisme dan filosofi proses.

Namun, Politeknik ini ditutup untuk re-organisasi pada tahun 1818. Comte kemudian melanjutkan pndidikan di sekolah kedokteran. Comte kemudian dikenal sebagai Bapak Sosiologi Dunia. Ia menjelaskan mengenai gejala sosial.

  1. Ibnu Kaldun

Ibnu Kaldun layak masuk dalam jajaran tokoh yang memengaruhi ilmu Sosiologi. Dilahirkan pada 27 Mei 1332 di Tunisia, Ibnu Khaldun getol mempelajari Matematika dan Sejarah. Ia pernah membantu berbagai sultan di Tunisia, Maroko, Spanyol, dan Aljazair. Namun, ia juga pernah dipenjara selama dua tahuh karena berkeyakinan bahwa penguasa negara bukan pemimpin yang mendapat kekuasaan dari Tuhan.

Ibnu Kaldun fokus pada studi mengenai masyarakat, riset empiris, dan menelisik sebab fenomena sosial. Ia berfokus pada berbagai lembaga sosial dan mencari hubungan antara lembaga sosial tersebut. Ibnu Kaldun juga dikenal sebagai sosiolog yang memusatkan studi pada perbandingan masyarakat modern dan masyarakat primitif.

  1. Selo Soemardjan

Jika berbicara mengenai tokoh yang memengaruhi ilmu Sosiologi di tanah air, tak lengkap jika tidak menyebut nama Selo Soemardjan. Ia adalah salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam perkembangan ilmu yang memelajari masyarakat ini.

Ia dikenal sebagai pendiri sekaligus dekan pertama dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Kemasyarakat (sekarang FISIP UI). Hingga akhir hayatnya, ia tetap setia sebagai dosen sosiologi. Ia meninggalkan banyak bekal ilmu pengetahuan terkait Sosiologi.

Selo Soemardjan dikenal sebagai orang yang sangat bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN). Dengan ilmu yang dimiliki, ia menunjukkan bahwa praktik KKN merusak tatanan sosial.

Selain sebagai sosiologi, ia pernah bekerja sebagai pegawai Kesultanan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ia juga pernah menjadi Kepala Sekretariat Staf Keamanan Kabinet Perdana Menteri.

Pada tanggal 17 Agustus 1994, ia menerima Bintang Mahaputra Utama dari pemerintah. Pada tanggal 30 Agustus di tahun yang sama, ia menerima gelar ilmuwan utama sosiologi. Pada 19 Januari 2002, ia menerima Anugerah Hamengku Buwono (HB) IX dari Universitas Gadjah Mada (UGM).

  1. Pierre Guillaume Frederic Le Play

Le Play adalah orang Prancis yang ahli dalam ilmu pengetahuan kemasyarakatan. Dia adalah pencetus metode tertentu dalam meneliti dan menganalisis gejala sosial melalyi observasi terhadap fakta sosial dan analisis induktif. Ia juga mengenalkan metode case study  dalam penelitian-penelitian sosialnya.

Penelitiannya terhadap masyarakat menghasilkan simpulan bahwa lingkungan geografis berpengaruh pada jenis pekerjaan. Hal tersebut juga berpengaruh pada organisasi ekonomi, keluarga, dan lembaga sosial lain.

Itulah diantara nama-nama tokoh paling berpengaruh dalam ilmu sosiologi tingkat dunia yang mana hasil dari penemuan dan karya mereka senantiasa dipelajari dan banyak dijadikan rujukan pembelajaran hingga sekarang.