Trik Cermat Membersihkan Helm Full Face

Helm adalah aksesori yang wajib dikenakan saat berkendara sepeda motor. Seperti yang kita tahu bahwa sepeda motor dirancang kurang maksimal sehingga memerlukan perlindungan tambahan. Nah, pelindungnya adalah helm.

Helm sekarang beredar dipasaran dengan bermacam bentuk dan jenis. Ada yang dirancang memenuhi standar dan ada yang dibuat tanpa memperhatikan kaidah keselamatan. Maka kini pemerintah semakin menggalakkan penggunaan helm yang memenuhi SNI (Standar Nasional Indonesia), karena untuk keselamatan para pengendaranya.

Pelindung kepala yang satu ini banyak, lho, jenisnya. Misalnya, helm full face, helm ¾ modular, helm half face, helm flip up, dan helm shorty. Helm yang akan dibahas kali ini adalah helm full face.

Helm full face tingkat keselamatannya paling tinggi karena menutupi sebagian besar daerah kepala Anda. Umumnya, yang menggunakan helm full face adalah pria. Namun, salah satu kekurangan helm full face adalah pengendara jadi sulit mendengar karena menutupi telinga juga.

Helm full face ini terbilang lebih mahal dibanding helm lain. Namun dari segi keselamatan, helm ini jauh lebih unggul. Nah, dikarenakan harganya yang lumayan mahal ini, kita juga harus tahu kalau helm full face harus dirawat agar awet. Merawatnya juga jangan asal-asalan supaya helm Anda tidak rusak.

Nah, ingin tahu bagaimana cara merawatnya? Yuk kita baca.

  1. Simpan dengan baik

Pastikan Anda menyimpan helm di tempat yang aman dan bersih. Biasanya saat membeli helm, Anda akan mendapatkan tas pembungkusnya. Nah, Anda bisa menggunakan tas tersebut untuk menaruh helm. Tujuannya adalah agar helm tidak terkena gesekan benda lain yang dapat menimbulkan kerusakan.

2. Buka kaca helm

Setelah Anda pakai helm, buka lah kaca helm Anda agar bau tak sedap dan keringat bisa dinetralisir oleh sirkulasi udara.

3. Pastikan helm memiliki removable padding

Removable padding adalah lapisan busa yang ada di dalam helm. Removable padding berfungsi untuk membuat nyaman saat berkendara. Nah, removable padding ini juga dapat dilepas agar memudahkan proses mencuci helm.

4. Jangan terkena sinar matahari langsung

Jika ingin menaruh helm, pilihlah ruangan yang tidak terkena matahari langsung. Hal ini akan membuat warna di helm terkelupas atau bahkan pudar.

5. Jangan terkena air hujan

Helm juga tidak boleh terkena air hujan. Maksudnya adalah bagian dalam helm jangan sampai basah. Lembabnya helm akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

6. Bersihkan 1 bulan sekali

Anda harus rutin membersihkan helm minimal 1 bulan sekali. Bersihkan seluruh bagian helm. Kalau tidak dicuci, selain kesannya jorok, helm juga akan menimbulkan gatal di kepala.

7. Sering-sering di poles

Setelah mencuci helm dan dikeringkan, gunakan kain halus dan wax pemoles motor. Tujuannya adalah untuk membuat bagian luar helm kinclong dan mulus. Pemolesan juga dilakukan untuk kaca helm agar tetap bening dan aman untuk berkendara.

8. Semprotkan desinfektan

Desinfektan yang dimaksud adalah semprotan wangi-wangian. Semprotkan barang tersebut ke helm. Ini berfungsi untuk menghilangkan kuman dan jamur yang ada di helm Anda.

Nah, itu dia cara merawat helm full face. Intinya adalah rutin merawat helm agar tidak mudah rusak. Merawat helm juga dibutuhkan agar nyaman saat dipakai pengendara.

Sekarang sudah tahu, kan, cara merawat helm yang baik dan benar? Tapi sudah tau belum tempat membeli helm full face yang terpercaya?

Ya, betul. Kamu bisa membeli helm full face di MatahariMall.com. selain terpercaya karena helm full face yang ditawarkan 100% original, harga helm full face di MatahariMall juga terjangkau loh!

Semoga tips ini bermanfaat ya, sampai jumpa di tips berikutnya.