Waduk Jatigede, Dikerjakan di Era Bung Karno, Baru di Isi Air Zaman Jokowi

1117
Waduk Jatigede Dibangun Era Soekarno hingga Jokowi
Penampakan Waduk Jatigede yang telah dibangun sejak Era Seokarno hingga Kini Era Jokowi

LEBAHMASTER.COM, JAWA BARAT – Di era Presiden Joko Widodo, pembangunan waduk-waduk besar digenjot. Setidaknya, merujuk pada pernyataan Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, ada 48 waduk besar yang akan digarap pemerintahan Jokowi. Pembangunan 48 waduk besar itu, sebagai bagian dari upaya percepatan pembangunan.

Tidak hanya waduk yang dibangun. Di era Jokowi juga, pembangunan embung-embung digalakan. Ini sebagai komitmen Jokowi, mewujudkan Indonesia bisa swadaya pangan. Atau mandiri dibidang pangan. Karena pertanian, perlu didukung oleh infrastruktur. Waduk, embung, irigasi, adalah pendukung utama penguatan daya saing sektor pertanian.

Nah, soal waduk, saya dapat cerita menarik dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Ceritanya tentang waduk yang mangkrak sangat lama. Waduk itu bernama Waduk Jatigede yang ada di Provinsi Jawa Barat. Seperti diketahui, waduk tersebut, sedang dalam tahap pengisian air. Fisik waduk, sudah dibangun.

Ternyata, waduk tersebut konsepnya sudah dirancang di era Presiden RI pertama, yakni Soekarno atau Bung Karno. Dan, mulai dikerjakan, di era Bung Karno juga. Tapi, kemudian Bung Karno lengser, digantikan Soeharto.

Namun di era Soeharto, pembangunan waduk Jatigede tak jelas nasibnya. 32 tahun lamanya Soeharto berkuasa, pembangunan waduk Jatigede terbengkalai. Soeharto pun turun digantikan Habibie yang memerintah dengan singkat. Lalu naik Abdurahman Wahid. Tapi, Abdurahman Wahid atau Gus Dur juga tak begitu lama duduk sebagai Presiden. Dia di jatuhkan lewat sidang istimewa MPR.

Penggantinya Megawati Soekarnoputri yang naik tampuk dari posisi Wakil Presiden. Namun saat pemilihan presiden langsung, Mega gagal jadi presiden kembali. Dia kalah oleh Susilo Bambang Yudhoyono. Nah, menurut Menteri Tjahjo, di era SBY, pembebasan lahan untuk waduk Jatigede selesai. Dan, baru di era Jokowi, waduk itu bisa diisi air.

Sungguh waduk yang punya perjalanan panjang. Mulai dikerjakan di era Bung Karno, baru selesai di era Jokowi.